6 Langkah Praktis Membaca Hasil Try Out UTBK

Elisabeth Garnistia Feb 19, 2021 • 7 min read


19022021_CARA_MEMBACA_HASIL_UTBK_Content_Blog_820x410_Draft1

Artikel ini membahas 6 langkah praktis membaca hasil try out UTBK

---

Siapa di sini yang masih bingung ketika menerima hasil try out, lalu gak tau harus diapain lagi. Kalau nilainya bagus, kamu akan senang dan puas, sedangkan kalau nilainya jelek malah kamu merasa tidak percaya diri lagi mengikuti try out.

Eits, tunggu dulu! Hasil try out bukanlah hasil untuk ajang pamer siapa yang pantas mendapatkan jurusan impian atau tidak. Hasil try out, dapat kamu gunakan untuk mengukur kesiapan diri mendapatkan jurusan impianmu nanti! Maka dari itu, kamu harus membaca hasil try out mu dengan benar.

Terus gimana caranya membaca hasil try out yang benar? 

Tenang aja! Brain Academy akan memberitahu 6 langkah praktis membaca hasil try out, agar kamu dapat menilai sejauh mana persiapan kamu menghadapi UTBK nanti.

Yuk simak!

Baca Juga: 6 Perbedaan di antara SNMPTN dan UTBK SBMPTN

1. Lihat Data Keseluruhan Peserta UTBK

Setelah menerima hasil try out, langkah pertama yang kamu lakukan adalah melihat data rekapitulasi dan persebaran dari keseluruhan skor peserta UTBK.

Kamu bisa melihat data rekapitulasi dan persebaran skor melalui laman ltmpt.ac.id untuk mengetahui informasi data terbaru dan lebih lengkap. Bila kamu masih bingung seperti apa data rekapitulasi skor, kamu bisa melihat data di bawah ini sebagai panduan membaca data. 

Data Rekapitulasi Skor Kelompok Ujian Saintek dan Soshum UTBK 2019

Data Rekapitulasi Skor dari Kelompok Ujian Saintek dan Soshum UTBK 2019. (Sumber: kabar24.bisnis.com)

Dalam data tersebut, terdapat beberapa kolom minimum (min) sampai maximal (max). Maksudnya apa sih

Jadi pada setiap kolom menunjukan data skor terkecil hingga terbesar peserta ujian dari setiap mata pelajaran yang diujikan. Minimum (min) merupakan skor terkecil di antara seluruh peserta ujian. Lalu, kuartil 1 (Q1) menunjukan skor peringkat posisi 1⁄4 terbawah terhadap keseluruhan (termasuk skor yang rendah).

Selanjutnya, median (Q2) merupakan skor peringkat posisi tengah. Kemudian, kuartil 3 (Q3) merupakan skor peringkat pada  3⁄4 terhadap keseluruhan (termasuk skor yang tinggi). Dan terakhir, maksimum (max) merupakan skor paling tinggi di antara seluruh peserta ujian 

Baca Juga: 5 Strategi dan Cara Tepat Memilih Jurusan Kuliah di SBMPTN

2. Komparasi Nilai 

Setelah mengetahui cara membaca data rekapitulasi, langkah selanjutnya adalah komparasi nilai per mata pelajaran yang kamu dapatkan dengan nilai dari kuartil 3 dan nilai maksimum. 

Lihat posisi nilai kamu. Apakah nilai kamu sudah melampaui median atau sudah berada di atas kuartil 3? 

Jika nilai kamu sudah melampaui nilai median, berarti nilai kamu sudah berada di 50% teratas dari keseluruhan nilai peserta. Namun, jika posisi nilai kamu sudah di atas kuartil 3, berarti posisi nilai kamu berada pada 30% teratas dari keseluruhan nilai peserta tes. 

Kalau posisi nilai kamu masih di bawah median, artinya kamu harus berusaha belajar lebih giat lagi! Ingat, kamu masih mempunyai banyak kesempatan untuk memperbaiki diri hingga UTBK sesungguhnya. Jangan putus asa melihat nilai try out yang kurang memuaskan, hal tersebut malah dapat membantumu lebih mengerti di mana letak kekuranganmu, sehingga kamu dapat memperbaikinya!

3. Cek Peserta

Setelah mengetahui posisi nilai try out, langkah selanjutnya adalah periksa berapa peserta yang mendapatkan nilai seperti kamu dan berapa peserta lainnya yang mendapatkan nilai di atas kamu. 

Hal ini akan memberikan gambaran lebih jelas mengenai posisi kamu dengan  pesaing-pesaing kamu. Jika kamu melihat lebih banyak peserta lain yang mendapat nilai di bawah kamu, pertahankan! Tetap usahakan mengejar nilai lebih baik dari try out kemarin. 

Sedangkan, jika banyak peserta lain di atas kamu, yuk jangan menyerah! Belajar lebih giat lagi agar kamu dapat memperbaiki kekuranganmu di try out selanjutnya!

Baca Juga: Latihan Soal Tryout UTBK 1 Tahun 2021: Fisika

4. Cek Performa di Setiap Mata Pelajaran

Karena banyak sekali mata pelajaran yang diujikan, pasti kamu akan mendapatkan nilai dan posisi yang beragam pada setiap mata pelajaran. Mungkin, ada satu mata pelajaran yang kamu sangat unggul, ada juga mata pelajaran yang kamu kurang unggul.

Tidak apa-apa, pemeriksaan performa dari setiap mata pelajaran akan memberikan kamu evaluasi diri. Kira-kira di mata pelajaran apa saja yang harus kamu pelajari lagi untuk mengejar ketertinggalan dan di mata pelajaran apa yang kamu sudah unggul. 

Dengan itu, diharapkan kamu dapat mempersiapkan dengan baik bukan hanya di satu atau dua pelajaran, namun di setiap mata pelajaran yang diujikan.

5. Bandingkan dengan Hasil Try Out Selanjutnya

Kalau kamu sudah berhasil unggul di beberapa mata pelajaran pada try out kemarin, jangan cepat puas dulu! 

Ingat, kamu harus melihat performa pesaing kamu di try out selanjutnya. Bisa saja, pada try out ini kamu unggul pada mata pelajaran TPS, namun pada try out selanjutnya pesaing kamu yang mungkin bisa lebih unggul daripada kamu. 

Kuncinya, tetap fokus untuk memperbaiki diri pada try out selanjutnya, agar kamu dapat menjaga atau menaikan performa kamu sampai UTBK nanti. 

6. Evaluasi Nilai 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, hasil try out UTBK bukanlah ajang untuk memamerkan keunggulungan nilai. Hasil try out merupakan bentuk evaluasi masing-masing peserta dengan kesiapan mereka. 

Ingat ya, pertarungan sebenarnya ada pada saat UTBK nanti, bukan pada try out. Jadi, kalau kamu merasa hasil try out kamu rendah, coba evaluasi proses belajarmu selama ini. 

Apakah ada cara belajar yang harus kamu perbaiki atau ada beberapa materi yang belum kamu pahami secara benar? Semua itu bisa kamu ketahui jika kamu rajin mengikuti try out pada setiap minggunya. 

Nah, setelah melihat 6 tips cara membaca hasil try out, jangan bersedih lagi ya karena sesungguhnya try out hanya latihan agar kamu benar-benar siap saat ujian UTBK. 

Yuk mulai rajin untuk belajar UTBK, mumpung masih ada waktu 2 bulan lagi. Jangan lupa juga untuk rajin mengikuti try out, agar kamu dapat mengetahui posisi kamu dengan para pesaing kamu. 

Proses mendapatkan PTN atau jurusan impian memang sangat melelahkan, namun percaya deh, hasil tidak akan mengkhianati proses belajar kamu yang telah kamu tempuh. 

Kalau kamu masih bingung memilih bimbingan belajar yang pas untuk persiapan UTBK, daftarkan dirimu sekarang ke Brain Academy Online, agar kamu bisa mendapatkan persiapan UTBK secara intensif dan try out gratis pada setiap minggunya!

BA online

Sumber Gambar: 

Data Rekapitulasi Skor dari Kelompok Ujian Saintek dan Soshum UTBK 2019. Tautan: https://kabar24.bisnis.com/read/20190424/79/914923/ini-hasil-utbk-sbmptn-2019-sesi-pertama (daring). (Diakses: 16 Februari 2021). 

Profile

Elisabeth Garnistia

Beri Komentar