Hari Dongeng Sedunia: Sejarah dan Manfaat Mendongeng untuk Anak

Tedy Rizkha Heryansyah Mar 20, 2021 • 4 min read


sejarah hari dongeng sedunia

Artikel ini akan membahas sejarah Hari Dongeng Sedunia dan manfaat mendongeng bagi tumbuh kembang anak.

---

Masihkah Parents meluangkan waktu untuk membacakan dongeng kepada anak sebelum tidur? Kebiasaan seperti itu mungkin sudah jarang dilakukan oleh sebagian besar orang tua karena kesibukan sehari-hari. Dikutip dari laman Kompas.com, salah satu cara paling baik dalam meluangkan waktu kepada anak ialah dengan cara membacakan dongeng.

Oleh karena itu, dalam rangka memperingati Hari Dongeng Sedunia, Blog Brain Academy menghadirkan artikel tentang sejarah ditetapkan Hari Dongeng di dunia, serta manfaat mendongeng bagi anak.

Baca Juga: Maladiptive Daydreaming, Ketika Khayalan Menjadi Adiksi

Sejarah Hari Dongeng Sedunia

Hari Dongeng Sedunia (World Storytelling Day) yang diperingati setiap tanggal 20 Maret ini berawal dari Swedia di tahun 1991. Pada saat itu, Swedia mengadakan Hari Semua Pendongeng yang jika diterjemahkan dalam bahasa Swedia menjadi “Alla berattares dag”.

Selang beberapa tahun kemudian, masyarakat di negara Australia juga melakukan perayaan dongeng yang serupa. Perayaan di negeri Kanguru itu dilangsungkan selama lima minggu, dan itu disebut dengan International Day of Oral Narrators atau Hari Narator Lisan Internasional.

orang tua yang membacakan dongeng untuk anak

Kegiatan membacakan dongeng yang dilakukan orang tua kepada anak

(sumber foto: daysoftheyear.com)

Di tahun yang sama dengan Australia, di Meksiko dan negara Amerika Latin yang lain juga merayakan Hari Pendongeng Nasional sendiri. Nah Parents, untuk di Indonesia sendiri, Hari Dongeng Nasional ditetapkan pada 28 November ya, jangan sampai tertukar tanggalnya.

Manfaat Mendongeng untuk Anak

Setelah secara ringkas kita bersama-sama telah mengetahui sejarah Hari Dongeng Sedunia, kini mari kita ketahui bersama-sama tentang manfaat mendongeng untuk anak.

Mengembangkan Imajinasi Anak

Seperti yang sudah kita pahami bahwa dunia anak itu sangat penuh dengan imajinasi. Ketika Anda membacakan dongeng, anak tidak sebatas mendengarkan saja, ia berusaha membangun alam pikirannya dan berfantasi terhadap cerita Oleh karenanya, orang tua bertugas melakukan kontrol terhadap imajinasi anak supaya tetap mengarah kepada hal positif, salah satunya dengan cara membacakan dongeng. 

Meningkatkan Minat Baca

Salah satu media dongeng yang bisa diterapkan pada anak dengan menggunakan buku cerita. Penggunaan buku ini bisa meningkatkan rasa ingin tahu anak supaya bisa cepat membaca. Pada akhirnya nanti, jika anak sudah terbiasa dengan bacaan yang ada di buku, minat bacanya juga akan bertambah dengan sendirinya.

menumbuhkan minat baca anak

Visualisasi membacakan dongeng pada anak

(sumber foto: timeanddate.com)

Mendidik Karakter

Dongeng sama halnya dengan jenis cerita pada umumnya, memiliki pesan dan amanat yang ingin disampaikan kepada pembaca. Setiap dongeng tentu memiliki ajaran budi pekerti luhur seperti nilai agama, budaya, bahkan kearifan lokal. Ketika dongeng diperdengarkan, seiring waktu akan membentuk kepribadian dan karakter yang luhur pula dari dalam diri anak.

Nah Parents, dalam momen Hari Dongeng Sedunia ini, tidak ada salahnya memberikan manfaat mendongeng di atas tadi kepada anak. Sejenak luangkan waktu untuk anak dan bacakan dongeng secara rutin. 

Sebagai orang tua yang baik, tidak hanya memberikan waktu kepada anak meski hanya sekadar membacakan dongeng. Memberikan akses belajar yang baik pun sudah menjadi  kewajiban orang tua kepada anak. Daftarkan anak Anda di Brain Academy Online sekarang. Belajar online interaktif dengan kelas soft skill tambahan untuk menunjang minat dan bakat anak.

BA online

Referensi:

Ramadhani, Yulaika. 2021. Kapan Hari Dongeng Sedunia, 20 Maret atau 28 November?. tirto.id (daring). Tautan: https://tirto.id/kapan-hari-dongeng-sedunia-20-maret-atau-28-november-gbay (diakses 17 Maret 2021)

Harususilo, Yohannes Enggar. 2019. Selamat Hari Dongeng Internasional, Ini 6 Manfaat Dongeng untuk Anak. kompas.com (daring). Tautan: https://edukasi.kompas.com/read/2019/03/20/22273131/selamat-hari-dongeng-internasional-ini-6-manfaat-dongeng-untuk-anak (diakses 17 Maret 2021)

BP-PAUD dan Dikmas Kalimantan Timur. 2019. Manfaat Dongeng dan Cerita untuk Anak Bagian II. pauddikmaskaltim.kemdikbud.go.id (daring). Tautan: https://pauddikmaskaltim.kemdikbud.go.id/manfaat-dongeng-dan-cerita-untuk-anak-bagian-ii/ (diakses 17 Maret 2021)

Sumber Foto:

Foto kegiatan membacakan dongen yang dilakukan orang tua. Sumber: https://www.daysoftheyear.com/days/world-storytelling-day/ (diakses 19 Maret 2021)

Foto membacakan dongeng pada anak. Sumber: Stockphoto.com/Solovyova via https://www.timeanddate.com/holidays/fun/world-storytelling-day (diakses 19 Maret 2021) 

Beri Komentar