20 Contoh Teks Persuasi beserta Pengertian dan Jenisnya

Pojok Sekolah - Contoh Teks Persuasi

Artikel ini berisi informasi mengenai jenis-jenis teks persuasif dan contohnya. Simak sampai akhir, ya!

Setelah kemarin kita membahas pengertian, ciri dan struktur teks persuasif. Nah, kali ini ada yang bisa nebak nggak kita mau bahas apa? Yup. Materi kali ini berisi jenis-jenis teks persuasif beserta penjelasan dan contohnya. Sebelumnya, kita ingat-ingat dulu yuk, apa sih teks persuasif itu?

 

Pengertian Teks Persuasi

Teks persuasif atau teks persuasi adalah teks yang bertujuan untuk mengajak, menyuruh, atau membujuk pembacanya melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang disampaikan oleh penulis.

Sama dengan jenis teks lainnya, teks persuasif juga terbagi menjadi beberapa jenis. Kebanyakan jenis teks persuasif akan dikelompokkan berdasarkan pada tujuan teks tersebut dibuat. Ada sekitar empat jenis teks persuasi yang perlu kamu ketahui. Apa saja ya?

 

Jenis-Jenis Teks Persuasif

Teks persuasi dapat digolongkan dalam beberapa jenis sebagai berikut:

1. Persuasi Politik

Persuasi politik biasanya dipakai dalam bidang politik oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang politik dan kenegaraan. Para ahli politik dan kenegaraan sering menggunakan persuasi jenis ini untuk keperluan politik dan negara.

 

2. Persuasi Pendidikan

Persuasi pendidikan dipakai oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang pendidikan dan digunakan untuk mencapai tujuan-tujuan pendidikan.

Seorang guru, misalnya, bisa  menggunakan persuasi ini untuk memengaruhi peserta didik supaya giat belajar dan senang membaca. Seorang motivator atau inovator pendidikan bisa memanfaatkan persuasi pendidikan dengan menampilkan konsep-konsep baru pendidikan untuk bisa dilaksanakan oleh pelaksana pendidikan. Kutipan artikel berita juga dapat dijadikan bahan menelaah karangan persuasi pendidikan. 

 

3. Persuasi Iklan

Persuasi iklan bermanfaat terutama dalam dunia usaha untuk memperkenalkan barang atau jasa tertentu. Melalui persuasi iklan diharapkan pembaca atau pendengar menjadi kenal, senang, ingin memiliki, dan berusaha untuk memiliki barang atau memakai jasa yang ditawarkan.

Oleh karena itu, iklan diberi predikat jalur komunikasi antara pabrik dan penyalur, pemilik barang dan publik sebagai konsumen. Iklan itu beraneka ragam, ada yang sangat pendek, ada pula yang panjang. Persuasi iklan baik adalah persuasi yang mampu dan berhasil merangsang konsumen membeli barang yang ditawarkan. Sebaliknya, persuasi iklan itu tergolong sebagai persuasi kurang baik apabila tidak berhasil merangsang konsumen untuk membeli barang yang diiklankan.

 

4. Persuasi Propaganda

Objek yang disampaikan dalam persuasi propaganda adalah informasi. Tujuan persuasi tidak hanya berhenti pada penyebaran informasi. Lebih dari itu, dengan informasi diharapkan pembaca atau pendengar sadar untuk berbuat sesuatu.

Persuasi propaganda sering dipakai dalam kegiatan kampanye. lsi kampanye biasanya berupa informasi dan ajakan. Tujuan akhir dari kampanye agar pembaca atau pendengar menuruti isi ajakan kampanye.

 

Contoh-Contoh Teks Persuasif

Nah, setelah mengetahui jenis-jenis teks persuasif, yuk simak contoh teks persuasif di bawah ini!

 

1. Contoh Teks Persuasi tentang Vitamin dan Mineral

Pentingnya Vitamin dan Mineral bagi Tubuh

Tahukah kamu bahwa tubuh membutuhkan berbagai vitamin dan mineral? Ya, vitamin dan mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh agar tetap sehat. Banyak sekali makanan yang mengandung gizi, mulai dari buah, daging, susu, kacang-kacangan, dan sayuran. Menerapkan pola hidup sehat bukan hal yang sulit karena semua makanan yang bergizi dapat dijumpai dengan mudah di sekitar kita.

Ketika kebutuhan vitamin dan mineral tubuh tercukupi, maka tubuh akan menjadi sehat dan tidak mudah terkena penyakit. Hal itu berlaku sebaliknya, apabila enggan mengkonsumsi makanan dengan kandungan vitamin dan mineral, maka tubuh akan lebih mudah terserang penyakit.

Oleh karena itu, yuk mulai dari sekarang mari terapkan pola hidup sehat dengan makan makanan yang mengandung vitamin dan mineral, serta nutrisi lainya. Selain makanan, kita juga harus mengimbanginya dengan olahraga rutin.

 

2. Contoh Teks Persuasif tentang Investasi

Berinvestasilah Sekarang, Beristirahatlah Kemudian

Banyaknya penawaran untuk investasi karena memang keuntungan melimpah yang bisa diperoleh, menggunakan kemajuan teknologi dan kecepatan internet. Bentuk investasi pun beragam, salah satunya melalui media online. Banyak investasi muncul dengan menawarkan keuntungan menggiurkan, harus berhati-hati karena hal tersebut bisa sebagai kedok.

 

3. Contoh Teks Persuasi tentang Masa Depan Indonesia

Masa Depan Indonesia Ada di Tangan Kita

Indonesia adalah negara yang berlandaskan demokrasi dalam memilih pemimpinnya. Satu di antara mekanisme pemilihannya adalah melalui pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah. Siapa yang memilih? Tentunya kita sebagai rakyat Indonesia yang menentukan siapa pimpinan kita sendiri. Sudah menjadi kewajiban bagi kita semua untuk mengetahui siapa saja calon pemimpin yang akan menampung dan mewujudkan aspirasi masyarakat demi kemajuan bangsa.

Bagaimana tidak, baik presiden maupun kepala daerah yang terpilih setidaknya akan menentukan nasib bangsa selama empat tahun ke depan. Jika kita tidak memilih dengan tepat, maka dampaknya kita pula yang merasakan. Lalu bagaimana cara memilih pemimpin yang tepat? Memilih dengan cerdas. Hal ini berarti kita harus memilih calon pemimpin yang memiliki latar belakang baik, riwayat pengalaman yang teruji, hingga visi dan misi yang terarah dan objektif bagi kebaikan negara.

Mari kita memilih pemimpin dengan cerdas dan mengabaikan perasaan subjektif seperti hanya menyukainya saja, apalagi karena dorongan orang lain. Evaluasi objektif adalah cara yang jauh lebih baik daripada hanya mengandalkan omongan manis atau ajakan orang lain.

Selalu hindari berbagai pemberitaan tidak bertanggung jawab, yang menyatakan suatu hal yang mengherankan mengenai berita politik. Jangan hanya baca judulnya saja dan selalu bandingkan dengan sumber lain. Hoaks dapat dengan mudah menepiskan pilihan objektif kita sebagai pemilih yang cerdas. Sebagai pemilih yang cerdas, kita akan selalu melakukan evaluasi objektif terhadap bakal calon pemimpin dan partai yang mengusungnya. Mulai saat ini, mari kita cerdas memilih.

 

4. Contoh Teks Persuasif tentang Sampah

Sedikit Demi Sedikit Lama-lama Menjadi Bukit (Sampah)

Sampah merupakan isu yang cukup meresahkan di Indonesia. Rasanya masih terlalu banyak sampah kecil berserakan di sekitar kita. Terkadang banyak orang menyepelekan bahwa sampah kecil tersebut tanpa mengetahui dampak yang akan ditimbulkannya. Sekecil apapun, sampah tetaplah sampah.

Sampah yang kita buang di mana saja tidak akan hilang sendiri. Apalagi jika sampah tersebut merupakan sampah anorganik atau sampah yang tidak dapat diuraikan oleh tanah. Namun, bukan berarti kita dapat membuang sampah organik ke mana saja. Sampah terurai tetap tidak akan menghilang secara instan. Membuang sampah di mana saja tetap berisiko mengundang penyakit yang tidak diinginkan.

Oleh karena itu, buanglah sampah pada tempatnya. Sesederhana itu, maka berbagai dampak negatifnya akan terhindarkan. Hargailah orang-orang yang selama ini berjasa menjaga kebersihan. Mereka bangun dan bekerja jauh lebih awal dari kita, kedinginan dan kelelahan karena ulah kita yang membuang sampah sembarangan.

Menghargai mereka sama dengan menghargai diri sendiri karena saat kita membuang sampah sembarangan, kita akan menjadi pribadi yang kotor seperti sampah itu sendiri. Mari buang sampah pada tempatnya dan jagalah kebersihan.

 

5. Contoh Teks Persuasi tentang Manfaat Jalan Kaki

Jalan Kaki 30 Menit, Mengurangi Penyakit

Masih banyak yang berasumsi bahwa jalan kaki tidak bermanfaat. Padahal, olahraga yang ringan dan murah ini mengandung sejumlah manfaat baik bagi tubuh kita.

Menurut sebuah studi yang dikutip dari situs Alodokter, berolahraga jalan kaki selama 30 menit ternyata mampu menurunkan risiko penyakit jantung sebanyak 40 persen. Berdasarkan data tersebut, berarti olahraga jalan kaki dapat memicu jantung untuk terus berdenyut lebih kencang, sehingga jantung pun menguat, dan sirkulasi darah pun kian meningkat.

Selain itu, berjalan kaki secara teratur juga dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh. Hal ini dikarenakan berjalan kaki akan menuntut tubuh bergerak secara konstan yang mengakibatkan lemak dan kolesterol pun akan semakin menurun.

Oleh karena itu, biasakanlah berolahraga jalan kaki minimal selama 30 menit. Membiasakan olahraga secara teratur dapat membantu agar tubuh makin sehat dan terhindar dari serangan jantung serta penyakit yang disebabkan oleh kolesterol.

 

Baca juga: 30 Contoh Kalimat Persuasif Beserta Ciri dan Fungsinya

 

6. Contoh Teks Persuasif tentang Kesehatan

Jagalah Kesehatan Tubuh dengan Vit-7

Di masa pandemi seperti sekarang, vitamin sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Vit-7 adalah pilihan yang cocok dikonsumsi setiap hari karena mengandung 7 vitamin yang bisa membantu melindungi tubuhmu!

 

7. Contoh Teks Persuasi tentang Bahaya Konsumsi Gula Berlebih

Konsumsi Gula Berlebih, Meninggalkan Luka yang Pedih

Kebanyakan orang mengkonsumsi makanan dan minuman manis dan memilih mengabaikan minum air putih. Tak sedikit orang mengetahui bahwa mengkonsumsi gula berlebih menimbulkan diabetes dalam tubuh,  Jika mengalami diabetes, banyak masalah kesehatan yang bisa muncul. Seperti kerusakan pada semua bagian sistem kardiovaskular, kerusakan saraf, dan lain-lain.  Maka dari itu, untuk menghindari hal tersebut, konsumsi air putih lebih banyak dibandingkan makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi.

 

8. Contoh Teks Persuasif tentang Memasak di Rumah

Sehat dan Murah? Memasaklah di Rumah!

Pola hidup masyarakat di perkotaan saat ini banyak yang kurang diperhatikan. Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya rutinitas dan pekerjaan yang padat membuat gaya hidup masyarakat kota yang cenderung memiliki kebiasaan membeli makan makanan di luar rumah.

Kebiasaan masyarakat kota yang lebih memilih jajan atau membeli lauk pauk di luar, daripada memasak sendiri dianggap lebih praktis. Sayangnya, sedikit orang yang menyadari kebiasaan membeli makanan di luar tidak bisa menjamin kehigienisan makanan.

Padahal, ada banyak kelebihan memasak masakan sendiri di rumah. Bumbu dan kebersihan makanan jadi lebih terjamin, dari segi kualitas bahan makanannya pun juga lebih berkualitas. Selain itu, memasak makanan sendiri bisa menghemat pengeluaran.

Tentunya, mengubah pola hidup dengan memasak makanan sendiri tidaklah mudah. Namun, jika dibiasakan sedikit demi sedikit, itu akan membuat diri kita jadi lebih disiplin juga. Kita bisa mulai dengan membuat agenda harian, mencatat daftar belanjaan lauk-pauk selama beberapa hari, dan mempersiapkannya dalam wadah untuk di simpan dalam kulkas. Jadi, dapat menghemat waktu di kala padatnya rutinitas sehari-hari.

 

9. Contoh Teks Persuasi tentang Virus pada Kucing

Waspada Virus Distemper pada Kucing Kesayangan

Banyak orang yang memelihara kucing, tetapi tidak banyak yang tahu cara menangani kucing yang sedang sakit. Ada banyak penyakit pada kucing, selain karena masalah scabies, ada juga virus-virus yang mematikan. Salah satu virus mematikan pada kucing adalah virus demam distemper.

Gejala demam distemper ditandai dengan kejang otot, sesak nafas, mulut menganga, dan mengeluarkan liur. Secara tiba-tiba, kucing pun mengalami anoreksia, dimana mereka tidak mau makan ataupun minum.

Virus distemper sebenarnya dapat disembuhkan, jika langsung ditangani dan dibawa ke dokter hewan. Apabila tidak memungkinkan dibawa ke dokter, bisa juga disembuhkan sendiri dengan memberikan antibiotik.

Oleh karena itu, agar kucing tidak mengalami virus mematikan ini, kucing dapat divaksin dan selalu menjaga kebersihan kandang.

 

10. Contoh Teks Persuasif tentang Tanaman

Miliki Tanaman, Miliki Hidup yang Nyaman

Jumlah populasi di dunia semakin meningkat tajam. Hal tersebut berdampak pada semakin berkurangnya luas hutan akibat pembuatan tempat tinggal. Alhasil, saat ini, bumi menjadi lebih panas dan kandungan CO2 di udara semakin meningkat drastis.

Hal ini tidak baik untuk bumi karena dapat menyebabkan pemanasan global serta mencairnya es di kutub. Semua orang sebetulnya dapat membantu untuk mengurangi dampak ini dengan menanam paling tidak lima tanaman per orang.

Pasti akan ada pertanyaan, “Bagaimana kalau tidak memiliki lahan?” Jawabannya adalah menanam dengan menggunakan pot, misalnya menanam sayur-sayuran. Jadi, kamu mendapatkan dua manfaat sekaligus dalam sekali tanam.

Selain sayur-sayuran, kamu juga bisa menanam kaktus. Tanaman satu ini dapat pula dijadikan dekorasi rumah dalam ukuran yang kecil.

Tularkan kebiasaan baik ini pada teman-temanmu! Semakin banyak orang yang bergabung untuk menerapkan kebiasaan ini, maka hasilnya akan semakin baik dalam mengurangi pemanasan global di bumi!

 

Baca juga: 100 Contoh Kalimat Aktif dan Pasif serta Cara Membuatnya

 

11. Contoh Teks Persuasi tentang Pentingnya Sarapan

Pentingnya Sarapan Sebelum Memulai Kegiatan

Tidak adanya asupan di awal hari membuat tubuh tidak memiliki energi untuk beraktivitas. Hal ini dikuatkan oleh penelitian dari International Journal of Gastronomy and Food bahwa konsumsi sarapan dengan makanan bergizi seimbang akan dapat memberikan energi di pagi hari.

Tidak hanya itu, tidak sarapan juga menjadi penyebab tubuh mudah lelah dan pikiran sulit berkonsentrasi. Menunda sarapan terus menerus saat bekerja tidak akan menghasilkan output yang maksimal. Terlebih untuk pelajar, tanpa sarapan akan membuat sulitnya menerima pelajaran di sekolah. Selain itu, sarapan juga dapat menjaga berat badan ideal. Hasil penelitian dari National Weight Control Registry menyebutkan bahwa berat badan dapat turun hingga 15 kg per tahun jika rutin melakukan sarapan.

Oleh sebab itu, makan pagi wajib hukumnya untuk setiap orang. Pekerja kantoran, pekerja rumahan, hingga para pelajar. Makan makanan yang bergizi, seperti oat atau bubur gandum, buah, dan sayuran dapat menjadi pilihan untuk sarapan pagi. Tidak perlu juga makanan yang terlalu berat. Adapun porsi juga tidak perlu terlalu banyak.

Poin yang paling penting adalah tubuh terisi energi dan cukup kenyang di perut. Sarapan itulah yang akan membuat setiap orang akan memiliki bensin agar tubuh kuat dan sehat untuk beraktivitas. Selain itu pikiran akan lebih fokus dalam mengerjakan segala kegiatan.

 

12. Contoh Teks Persuasif tentang Bahaya Merokok

Belum Terlambat untuk Berhenti Merokok

Budaya merokok sungguh kental di Indonesia, meskipun sudah disediakan bilik khusus rokok di beberapa titik, tidak menutup kemungkinan akan ada saja orang yang masih merokok di sembarang tempat. Padahal, rokok yang berisi cacahan daun tembakau kering ini memiliki banyak bahan kimia, seperti nikotin, tar, dan masih banyak lagi.

Katanya, rokok dapat membuat lebih konsentrasi dan meningkatkan mood agar menjadi lebih baik. Tapi, itu semua hanya semu belaka. Faktanya, RSUP Dr. Sardjito kerap mengingatkan bahaya merokok yang dapat menyebabkan penyakit paru obstruktif kronis, bronkitis, hingga kanker paru akibat adanya efek karsinogenik. Rokok juga dapat menjadi candu yang menyebabkan pengguna sulit untuk berhenti.

Tak hanya untuk perokok aktif, perokok pasif pun dapat terkena dampak dari asap rokok yang ditimbulkan. Badan Kesehatan Dunia atau WHO menyebutkan bahwa terdapat kasus kematian dari perokok pasif sebanyak 890 ribu dari jumlah kematian 7 juta perokok aktif di setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan meskipun asap rokok sudah menghilang, sebanyak 4.000 zat berbahayanya masih berterbangan di udara dan dapat menjadi pemicu kanker.

Tapi jangan khawatir, tidak ada kata terlambat untuk melakukan perubahan yang lebih baik. Kita mendapat tubuh yang baik, sehat, dan sempurna ketika lahir, maka dari itu minimalisir segala hal yang dapat merugikan tubuh dan juga orang lain.

Menjaga kesehatan semaksimal mungkin salah satunya adalah dengan tidak merokok. Jangan sampai varian penyakit datang hanya gara-gara rokok.

Sayangi diri sendiri, keluarga, dan orang di sekitar Anda dengan tidak merokok. Mari berhenti merokok!

 

13. Contoh Teks Persuasi tentang Gamelan

Gamelan, Warisan Kebanggaan Bangsa Indonesia

Sebagai generasi muda kita memiliki berbagai warisan budaya, salah satunya adalah gamelan. Gamelan dalam bahasa Jawa berasal dari kata “gamel” yang berarti menabuh atau memukul. Kata ini diikuti akhiran -an yang menjadikannya sebagai kata benda.

Secara sederhana, gamelan dimaknai sebagai alat musik yang cara memainkannya dengan dipukul. Menurut mitologi Jawa, gamelan diciptakan oleh Sang Hyang Guru pada Era Saka.

Dulu, banyak orang menganggap dialah yang menjadi penguasa seluruh Tanah Jawa. Kebanyakan kesan pertama kawula muda ketika mendengar kata gamelan adalah barang yang tua. Mereka menganggap gamelan adalah suatu hal yang kuno.

Sebaliknya, alat musik pentatonis yang terdiri dari kendang, bonang, demung, saron, dan gong ini sangat modern bila dilihat dari kegunaan dan manfaatnya. Gamelan dapat melatih kepekaan dan rasa solidaritas.

Seperti yang telah dialami komunitas gamelan di Godean, rasa solidaritas para anggotanya sangat tinggi. Setiap tahun pada bulan ramadhan mereka membagikan takjil kepada pengendara motor di perempatan jalan. Mereka menganggap peduli sesama adalah hal yang sangat penting.

Untuk mencapai solidaritas semacam itu maka mulailah dengan mencintai gamelan. Tidak ada salahnya belajar gamelan. Selain untuk melestarikan kebudayaan, menabuh gamelan menimbulkan rasa kesenangan tersendiri.

Rasa senang ketika dapat menguasai notasi dan dapat bekerja sama dengan sesama penabuh dalam menciptakan suara pukulan yang harmonis. Bermain gamelan juga membuat kita peka satu sama lain. Ketika salah seorang kesusahan bermain, otomatis pemain lain akan mengarahkan. Hal itu terjadi karena gamelan adalah musik yang dapat terdengar indah ketika para pemain dengan serempak memukul alat musik sesuai dengan notasi.

Banggalah menjadi warga negara Indonesia yang memiliki warisan budaya seperti gamelan. Melalui gamelan kita dapat bermain dan belajar. Belajar menghargai dan menjaga warisan budaya sudah menjadi kewajiban kita. Begitu juga belajar untuk menumbuhkan rasa solidaritas dan kepekaan. Oleh karena itu pelajarilah gamelan sejak dini.

 

14. Contoh Teks Persuasif tentang Kebersihan

Menjaga Kebersihan: Kunci Utama Hidup Nyaman

Kita semua tahu betapa pentingnya kebersihan bagi kesehatan dan kenyamanan hidup. Tapi, ternyata masih banyak dari kita yang belum memahami betapa besar pengaruh kebersihan terhadap hidup kita.

Menjaga kebersihan lingkungan selain membuat hidup kita lebih sehat juga membuat kita lebih disiplin. Selalu menjaga kebersihan akan membuat kita terbiasa untuk menerapkan kerapian.

Selain itu, menjaga lingkungan yang bersih juga membantu meminimalisir terjadinya bencana seperti banjir.

Maka dari itu, marilah kita bersama-sama memulai gerakan kebersihan lingkungan. Mulailah dengan memastikan bahwa lingkungan rumah dan sekitarmu selalu bersih. Buanglah sampah pada tempatnya, jangan membuang sampah sembarangan, dan jangan lupa untuk membersihkan lingkungan setelah melakukan aktivitas.

Langkah-langkah kecil seperti ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan kenyamanan hidup kita. Ajak juga teman dan keluargamu untuk turut berpartisipasi dalam gerakan kebersihan ini. Bersama-sama, kita dapat membuat lingkungan kita menjadi lebih bersih, sehat, dan nyaman untuk ditinggali. Mari kita lakukan sekarang juga!

 

15. Contoh Teks Persuasi tentang Keluarga

Keluarga adalah Rumah Pertama Kita

Keluarga adalah salah satu hal terpenting dalam hidup kita. Mereka selalu ada untuk memberikan dukungan dan kasih sayang pada saat kita membutuhkannya.

Namun, seringkali kita lupa untuk memberikan perhatian dan memperkuat ikatan dengan keluarga kita. Saat kita terlena dengan kesenangan bersama teman-teman, kadang kita jadi mengesampingkan keluarga. Padahal, di saat kita berada di titik paling rendah dalam hidup, keluargalah yang pertama kali akan ada untuk kita. Mungkin hal ini tidak dialami oleh semua orang, tapi, idealnya seperti itu.

Mari kita mulai memperkuat ikatan keluarga dengan meluangkan waktu bersama mereka setiap hari. Buatlah tradisi baru seperti makan malam bersama setiap minggu atau berlibur bersama setiap tahun. Jangan lupa untuk selalu menunjukkan rasa sayang dan perhatian pada setiap anggota keluarga.

Dengan melakukan hal-hal kecil seperti ini, kita dapat memperkuat ikatan keluarga dan membuat mereka merasa dicintai dan diterima. Ini akan membantu membangun rasa kebahagiaan dan kedamaian dalam diri setiap anggota keluarga. Jangan ragu untuk memulai sekarang juga!

 

[IDN] CTA Blog Kelas Gratis Brain Academy Online

 

16. Contoh Teks Persuasif tentang Budaya Gotong Royong

Mari Berbondong-bondong Budayakan Gotong Royong

Gotong royong berarti bekerja sama dan membantu satu sama lain. Dengan cara ini, kita bisa mencapai tujuan yang lebih besar dan membuat lingkungan lebih baik serta mempererat hubungan dengan teman dan keluarga.

Selain itu, gotong royong sudah menjadi ciri khas bangsa Indonesia sejak dulu. Pasalnya, dari zaman dahulu hingga saat ini, bangsa Indonesia masih menerapkan budaya kolektif, bukan individual.

Ayo mulai terlibat dalam budaya gotong royong. Ajaklah teman dan keluarga untuk bergabung dalam aktivitas seperti membersihkan lingkungan atau membantu tetangga.

Dengan bekerja sama, kita bisa membuat lingkungan lebih baik dan mempererat hubungan dengan teman dan keluarga. Jangan ragu untuk mulai sekarang, dan rasakan kebahagiaan dan kepuasan melalui aktivitas gotong royong bersama.

 

17. Contoh Teks Persuasi tentang Sahabat

Sahabat adalah Keluarga Kedua

Selain keluarga, sahabat adalah orang-orang yang seharusnya kita jaga. Kita bisa temukan teman yang selalu ada untuk kita baik saat senang maupun saat sedih, mendapatkan dukungan dan kebahagiaan, serta membuat kenangan yang indah yang tak terlupakan.

Tidak mudah untuk menemukan persahabatan, tetapi setelah kita menemukannya, kita harus jaga dengan baik. Berbagi cerita, membantu satu sama lain, dan selalu ada untuk satu sama lain dapat membuat persahabatan kita semakin kuat.

Jangan takut untuk memulai persahabatan baru. Kadang-kadang kita harus berani mengambil resiko untuk menemukan teman baru yang akan menjadi bagian hidup kita selamanya. Jangan takut untuk menjadi diri sendiri dan terbuka pada orang lain.

Maka dari itu, jangan sia-siakan kesempatan untuk membangun persahabatan yang kuat dan abadi. Jadilah teman yang baik bagi orang lain dan nikmati persahabatan yang indah dan tulus selama kita bisa.

 

18. Contoh Teks Persuasif tentang Menabung

Menabung agar Masa Depan Penuh Untung

Mempersiapkan masa depan dengan matang dari sekarang adalah langkah yang tepat. Salah satunya adalah dengan menabung. Dengan menabung, kita dapat memastikan bahwa kita memiliki dana yang cukup untuk kebutuhan hidup kita di masa yang akan datang. Apakah itu untuk membeli rumah, membiayai studi, atau mempersiapkan dana pensiun, menabung akan membantu kita mencapai tujuan keuangan kita.

Menabung tidak harus menjadi hal yang sulit. Mulailah dengan membuka rekening tabungan dan menyisihkan sedikit uang setiap bulan. Atau, mulailah dengan mencatat pengeluaran harian kita dan mencari cara untuk menghemat uang. Setelah beberapa waktu, kita akan melihat bahwa uang kita sudah menumpuk dan kita dapat mengalokasikan uang tersebut untuk tujuan menabung kita.

Jangan tunda menabung dan mulailah sekarang juga. Tak peduli berapa besar uang yang kita tabung setiap bulan, setiap sedikit uang yang kita tabung akan membantu kita mencapai tujuan keuangan kita di masa depan. Nikmati proses menabung dan lihatlah bagaimana uang kita tumbuh dari waktu ke waktu.

Oleh karena itu, jangan menunda masa depan kita. Mulailah menabung sekarang juga dan nikmati kebahagiaan yang didapat dari memiliki dana yang cukup untuk masa depan kita.

 

19. Contoh Teks Persuasi tentang Pendidikan

Belajar Sepanjang Hayat

Pendidikan tidak hanya memberikan kita pengetahuan dan keterampilan, namun juga membantu kita menjadi pribadi yang lebih baik dan sukses. Melalui pendidikan, kita dapat mempelajari hal-hal baru, memperluas wawasan, dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis.

Pendidikan juga membantu kita mempersiapkan diri untuk masa depan. Melalui pendidikan, kita dapat mempersiapkan diri untuk pekerjaan yang baik, memahami dunia yang ada di sekitar kita, dan mempersiapkan diri untuk memecahkan masalah yang akan kita hadapi nantinya.

Jangan takut untuk terus belajar. Terkadang kita merasa nyaman dengan pengetahuan yang kita miliki, namun tidak ada salahnya untuk terus memperluas wawasan dan mempelajari hal-hal baru. Belajarlah untuk hidup dan terus belajar sepanjang hidup.

Jangan biarkan kesempatan untuk memperoleh pendidikan yang baik terlewatkan. Pendidikan adalah hal terpenting yang dapat kita miliki dan akan membantu kita menjadi pribadi yang lebih baik dan sukses. Jadilah orang yang selalu ingin belajar dan terus tumbuh.

 

20. Contoh Teks Persuasif tentang Menjaga Kesehatan

Kurangi Konsumsi Gula, Kurangi Resiko Penyakit

Pentingnya mengurangi asupan gula dapat dilihat dalam kesehatan kita. Gula memang memberikan energi cepat, tapi juga menyediakan kalori tidak sehat yang bisa menimbulkan masalah kesehatan seperti kegemukan, diabetes, dan masalah jantung.

Menekan konsumsi gula mungkin terdengar sulit, namun berkomitmen untuk melakukannya akan memberikan dampak besar bagi kesehatan kita. Caranya mudah, mulai dari membaca label makanan dan minuman, mengurangi makanan dan minuman manis, dan mencari alternatif sehat seperti buah-buahan dan madu alami.

Jangan takut untuk memulai perubahan ini. Setelah beberapa saat, kita akan merasakan perbedaan positif dalam kesehatan dan energi kita.

Segera mulai mengurangi konsumsi gula dan rasakan perbedaannya sendiri.

Oke deh, itu dia pembahasan tentang pengertian teks persuasi, jenis-jenis teks persuasif hingga contohnya. Semoga semua pembahasan di atas bermanfaat sekaligus menambah wawasan buatmu ya. Kalau ada pertanyaan, yuk tanya ke Master Teacher di Brain Academy via online atau datang langsung ke cabang terdekat!

Pssstt, ada kelas gratis khusus buat kamu, lho!

[IDN] CTA Blog Kelas Gratis Brain Academy Online

Nurul Hidayah