Bikin Teks Sejarah dengan Ciri-ciri, Contoh, & Struktur Ini, Yuk!

 

Braines Bertanya - Belajar Struktur Teks Sejarah-01

Teks sejarah adalah teks yang menjelaskan fakta kejadian di masa lalu atau asal usul sesuatu, yang berisi rangkaian kejadian dan kronologi. Untuk membuatnya, pahami dulu pengertian teks sejarah, ciri-ciri, struktur, beserta contoh teks sejarah yuk.

Apa sih yang kamu pikirkan ketika mendengar kata “sejarah”? Pelajaran yang ngebosenin? Ckckck, padahal nih ya, sejarah itu mengajarkan kita banyak hal loh, termasuk peristiwa penting yang nggak mungkin terjadi untuk kedua kalinya. Sejarah juga memberitahu kita informasi tentang asal-usul sesuatu atau sebuah peristiwa.

Eh, eh, eh, tapi sebelumnya, kamu tahu nggak sih, apa itu teks sejarah?

Teks yang berisi tulisan sejarah, Kak!

Ya, iya dong… tapi bukan itu maksudnya. Teks sejarah itu merupakan teks yang menjelaskan fakta kejadian di masa lalu, yang tersusun oleh rangkaian kejadian dan kronologi. Nah, teks sejarah ini punya dua bentuk; fiksi dan non-fiksi. Jadi, siapa bilang kalau teks sejarah cuma bisa dipakai oleh penulisan ilmiah?

Kayak contohnya buku “Kupilih Jalan Geriliya” karya E. Rokajat Asura. Nah, itu adalah contoh penerapan teks sejarah dalam bentuk non-fiksi. Kalau kamu mau coba gimana teks sejarah berbentuk fiksi, bisa coba baca tetralogi novel karya Pramoedya Ananta Toer. Sehabis membaca itu, kalian pasti bertanya-tanya, kok bisa ya mereka membuat cerita sejarah jadi semenarik itu? Yuk, kita cari tahu apa aja ciri-ciri dan struktur teks sejarah supaya lebih mudah dipahami dan menarik!

Baca Juga: Belajar Struktur Teks Prosedur Lewat Buku Resep Masakan

Ciri-Ciri Teks Sejarah

  1. Berbentuk kronologis. Artinya, tersusun dari rangkaian atau urutan kejadian yang saling berkesinambungan
  2. Teks berupa menceritakan ulang (recount)
  3. Berisi fakta
  4. Menggunakan konjungsi temporal. Yaitu, kata penghubung yang menunjukkan waktu seperti, “ketika”, “kemudian”, “selanjutnya”, dan sebagainya.

Struktur Teks Sejarah

  • Orientasi

Orientasi merupakan pembuka atau pengantar dari teks sejarah. Ini berisi pengenalan secara umum peristiwa yang akan dijelaskan.

  • Kronologi

Kronologi atau disebut juga rangkaian peristiwa. Kejadiannya harus berurutan dan saling berkesinambungan satu sama lain.

  • Reorientasi

Bagian ini merupakan penutup yang berisi kesimpulan dan opini penulis. Nah, bagian ini pun optional loh. Jadi, Brainies boleh menuliskannya ataupun tidak.

Baca Juga: Sejarah Pembacaan Teks Proklamasi dan Peristiwa di Baliknya

 

Contoh Teks Sejarah

Sejarah Berdirinya Disneyland

 

Orientasi

Kamu pasti sudah tidak asing dengan nama Disney dan Disneyland, kan? Disneyland merupakan taman bermain yang paling terkenal di dunia. Taman yang didirikan oleh Walt Disney ini terdapat di beberapa kota besar di belahan dunia seperti California, Florida, Tokyo, Hongkong, Paris, dan Shanghai.

Kronologi

Sebelumnya, Disney Studio sudah lebih terkenal di tahun 1940-an. Mereka adalah rumah produksi yang memperkenalkan karakter-karakter kartun populer seperti Mickey Mouse dan Snow White. Lantas, karena banyak mendapat surat penggemar yang ingin berkunjung ke studio, Walt Disney pun berinisiatif untuk membangun sebuah taman tempat keluarga berkumpul dan menikmati waktu bersama karakter Disney Studio.

Akhirnya, Walt Disney membeli tanah seluas 160 hektar persegi di daerah Anaheim, California pada tahun 1953. Taman bermain ini pada awalnya ingin dinamakan “Mickey Mouse Park”, lalu diubah lagi menjadi “Disneylandia”, dan berakhir menjadi “Disneyland”. Konstruksi pun selesai pada 1954, dengan menghabiskan biaya lebih dari US$ 17 juta.

Pada 18 Juli 1955, Disneyland dibuka untuk umum untuk pertama kalinya. Saat itu, ada delapan belas atraksi yang dibuka di dalam lima area. Harga tiketnya pun masih tergolong murah, hanya US$ 1.

Disneyland terus berkembang setelah itu. Bahkan di tahun 90-an, mereka mulai membangun hotel dan spa untuk kebutuhan turis di sekitar area taman bermain. Begitu juga wahana yang terus bertambah. Melihat betapa populernya taman bermain itu di California, Disneyland pun mulai dibuka di bagian dunia lainnya. Mulai dari Florida pada tahun 1971, lalu merambah ke tanah Asia dengan dibangunnya Disneyland Tokyo pada tahun 1983. Eropa pun mengikuti pada tahun 1992 di Paris. Serta Disneyland Hongkong pada tahun 2005, dan yang terbaru adalah Disneyland Shanghai di tahun 2016.

Reorientasi

Disney tidak hanya menjaga posisinya dengan terus mengeluarkan film animasi yang bagus, tetapi juga menyediakan pengalaman berharga bagi penggemarnya. Mungkin saja setelah ini, Disney akan mengembangkan sayapnya ke benua lainnya. Dengan begitu, keberadaannya tidak akan pernah mati.

---

Jadi, apa penjelasan di atas membantu kamu buat nyusun teks sejarah? Kalau kamu masih punya seribu satu pertanyaan tentang teks sejarah, atau pelajaran lainnya, yuk ikut bimbel Brain Academy yang super duper seru! Apalagi dengan konsep gabungan les offline dan online. Daftar sekarang!

Paket UTBK Brain Academy

 

Referensi:

Rianto, Tomi. Cara Cepat Menguasai Bahasa Indonesia SMA dan MA Rangkuman Bahasa Indonesia SMA MA SBMPTN. Bumi Aksara. Diakses dari https://www.google.co.id/books/edition/CCM_Cara_Cepat_Menguasai_Bahasa_Indonesi/6MX-DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0 (24 November 2021)

Rahman, Taufiqur. Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan. CV Pilar Nusantara. Diakses dari https://www.google.co.id/books/edition/Teks_dalam_Kajian_Struktur_dan_Kebahasaa/VBWiDwAAQBAJhl=id&gbpv=1&dq=struktur+teks+sejarah&printsec=frontcover (24 November 2021)

Raman. (2020).The History of Disneyland. Diakses dari https://www.adayinlatours.com/blog/the-history-of-disneyland/ (29 November 2021)

History.com Editors. (2009). Disneyland opens. Diakses dari https://www.history.com/this-day-in-history/disneyland-opens (29 November 2021)

Profile

Fauzia Astuti