5 Skill Penting yang Perlu Kamu Kuasai Ketika Menjadi Mahasiswa

Ratu Kanaya Thalita Mirza Mei 12, 2021 • 4 min read


skill yang harus dimiliki mahasiswa baru

Ada beberapa skill yang perlu kamu persiapkan sebelum menjadi mahasiswa. Mulai dari kemampuan komunikasi sampai critical thinking. Cari tahu cara melatihnya di sini!

--

Nggak terasa ya, sebentar lagi kamu akan masuk ke dunia perkuliahan dan menjadi mahasiswa baru. Pasti kamu sangat semangat, kan. Walaupun dunia perkuliahan terlihat menarik, namun menjadi mahasiswa nggak mudah dan memakan proses yang cukup panjang. Kamu harus menjalani berbagai macam tes agar bisa masuk ke kampus impian. Setelah dinyatakan lulus, barulah kamu menyandang status sebagai mahasiswa baru.

Sebagai mahasiswa baru, tentunya kamu harus bisa beradaptasi dengan perbedaan dari SMA ke perkuliahan. Walaupun sebenarnya sama-sama menuntut ilmu, tapi keduanya berbeda banget, lho. Di perkuliahan, kamu dituntut untuk menjadi mandiri, bertanggung jawab, dan serba bisa. Apa lagi kalau kamu merantau.

Selain itu, penting banget nih untuk punya beberapa skill yang bisa berguna di perkuliahan. Oleh karena itu, sebelum menjadi mahasiswa baru, penting untuk kamu mengasah 5 skill berikut, agar kamu bisa menjalani perkuliahan dengan lancar. Kira-kira ada skill apa aja ya? Yuk, simak artikel ini sampai habis!

1. Kemampuan berkomunikasi 

Salah satu soft skill yang wajib kamu kuasai adalah komunikasi. Di perkuliahan, kamu akan dituntut untuk aktif bertanya dan menyampaikan pendapat. Kamu juga akan sering melakukan presentasi di depan kelas, lho. Selain itu, kalau kamu punya skill komunikasi, kamu nggak akan susah untuk berkenalan dengan teman baru dan beradaptasi. Maka dari itu, mulai sekarang kamu harus mengasah skill komunikasi kamu. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan di perkuliahan nanti adalah dengan mengikuti organisasi kampus.

 

 2. Manajemen waktu 

Manajemen waktu nggak kalah penting dari kemampuan berkomunikasi. Saat perkuliahan nanti, kamu akan sibuk dengan organisasi maupun tugas kampus. Belum lagi kamu harus bagi waktu untuk refreshing, bermain dengan teman misalnya. Dengan begitu, kamu harus bisa membagi waktu dengan baik. Caranya adalah dengan mengetahui prioritasmu. Misalnya, jika kamu punya tugas yang harus dikumpulkan besok, maka kerjakan itu dulu sebelum mengerjakan kegiatan lainnya yang masih bisa dikerjakan lain hari.


3. Penyelesaian masalah (Problem solving)

Ketika jadi mahasiswa nanti, pasti kamu akan dihadapkan oleh tantangan yang tak terduga. Bisa jadi kamu harus menyelesaikan masalah ini sendiri, tanpa bantuan siapapun. Dengan begitu, kamu harus bisa memecahkan masalah dengan cara yang kreatif dan menentukan solusinya. Kamu bisa mencoba menempatkan dirimu dalam situasi yang nggak biasa ataupun yang nggak nyaman, contohnya bergabung dengan organisasi ataupun menjadi sukarelawan agar kamu terbiasa untuk menyelesaikan suatu masalah. 

 

4. Bekerja sama

Soft skill berikutnya yang harus kamu punya adalah dapat bekerja sama. “Bukannya anak kuliah itu individualis, ngapain harus bisa kerjasama?” Tenang, nyatanya nggak semua anak kuliah itu individualis, kok. Kamu harus pinter-pinter cari temen yang mau dan bisa diajak kerja sama dan pastinya harus satu frekuensi ya, biar sama-sama nyaman.

Baca juga: Yuk, Kenali Ciri-ciri Kamu Pintar Secara Emosional

Karena, di perkuliahan sebagian besar tugas dilakukan secara kelompok. Dengan begitu, kamu harus bisa menerima pemikiran atau saran dari teman sekelompokmu. Skill ini sangat berguna bukan hanya di perkuliahan, tapi juga untuk kamu bekerja nanti. Untuk mengembangkan skill ini, kamu bisa mulai dengan berdiskusi dengan orang sekitar dan mulai menghargai pendapat orang lain. 

 

5. Berpikir kritis

Berpikir kritis baiknya diasah dari kecil, dan memang pada dasarnya semua anak kecil itu berpikiran kritis. Karena kebanyakan anak kecil suka mempertanyakan segala hal. Dikutip dari laman Monash University, berpikir kritis adalah jenis pemikiran yang lebih dalam di mana kita tidak menerima begitu saja tetapi mempertanyakan, menganalisis, dan mengevaluasi apa yang kita baca, dengar, katakan, atau tulis. Salah satu manfaat yang didapat dari berpikir kritis adalah kamu bisa melihat masalah dari berbagai sudut pandang.

Penting juga untuk mahasiswa memiliki skill berpikir kritis. Karena, selama kuliah pasti kamu akan melakukan sesi diskusi dan debat. Contoh mengaplikasikan skill ini pada perkuliahan adalah ketika dosen menjelaskan sesuatu, kamu mempertanyakannya dan nggak telen informasi yang diberikan secara mentah-mentah. 

Maka dari itu, di perkuliahan ada yang namanya skripsi, di mana kamu membuat penelitian berdasarkan pemikiran yang kritis, mengambil kesimpulan berdasarkan data yang valid dan sebagainya. Untuk mengasah skill ini, kamu bisa melatihnya dengan membaca buku. Dengan membaca buku, kamu akan mendapatkan wawasan yang luas dan pandangan baru. 

Gimana Brainies, kira-kira kamu udah punya skill apa aja untuk menjadi bekal saat perkuliahan nanti? Buat kamu yang mau mengasah skill komunikasi yaitu public speaking ataupun leadership yang akan terpakai pada saat kuliah nanti, Brain Academy punya materi tambahannya, nih. Yuk, cobain. Ada trial gratisnya, lho! 

BA online

Beri Komentar