100 Ucapan Hari Raya Idulfitri 2024 yang Menyentuh Hati

Ucapan selamat hari raya idulfitri

Idulfitri sudah di depan mata. Yuk, bagikan ucapan hari raya untuk keluarga, kerabat, dan teman kalian!

Menjelang lebaran Idul Fitri 2024, apa saja nih yang sudah kamu siapkan? Baju dan seperangkat alat salat baru kah? Ciee~ hihihi.

Oh iya, biasanya, karena sebentar lagi lebaran, umat Islam pasti saling mengucapkan selamat menyambut hari raya pada satu sama lainnya. Nah, wajib Brainies ketahui dalam syariat Islam sendiri kegiatan saling mengucapkan dan memberikan selamat di hari raya Idul Fitri ataupun Idul Adha itu dianjurkan lho!

Menurut Al-Quran dalam buku Ensiklopedi Adab Islam memberikan ucapan dan saling mengemukakan selamat itu akan memberikan rasa bahagia di jiwa dan merasakan kegembiraan di hari raya.

Walaupun tidak ada ucapan khusus yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu `alaihi Wa Sallam, tetapi kita hendaknya mendoakan sesama umat muslim dan mohon keselamatan atas mereka dengan mengucapkan selamat atas hal yang sudah dikerjakan selama sebulan penuh sebelumnya. 

Ucapan yang biasa diucapkan oleh para sahabat nabi ketika berjumpa dengan satu sama lainnya di hari raya Idul Fitri dan Idul Adha yaitu:

 

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ

Latin: Taqabbalallahu minna wa minkum

 

Artinya: “Semoga Allah menerima amal kami dan amal kalian.” (Kitab Fath al-Bari, jilid II, hal. 517. Sanad riwayat ini baik menurut Al-Hafidz, dan Al-Albani menyebutnya shahih dalam Kitab Tamamul-Minnah [354])

Nah, selain ucapan di atas, kamu bisa pakai kata-kata di bawah ini sebagai ucapan yang bisa kamu berikan kepada keluarga, sahabat, teman, dan kerabat.

 

Baca juga: Penjelasan Lengkap Tentang Hilal yang Jadi Penentu Hari Lebaran

 

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri yang Islami dan Menyentuh Hati

1. Selamat Hari Idul Fitri 1445 Hijriah. Minal ‘aidin wal faidzin, maafkan jika aku punya salah kepadamu. Aku tidak sabar bersilaturahmi langsung denganmu dan keluargamu.

2. Happy Ied Mubarak 1445 H. Semoga di hari yang bahagia ini, kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Aamiin.

3. Selamat Idul Fitri 1445 Hijriah. Saatnya bersihkan hati dan sucikan jiwa dari dosa yang bergelimang. Jadikan momen lebaran ini untuk saling bermaaf-maafan.

4. Happy Eid Mubarak 1445 Hijriah. Taqobalallahu minna wa minkum. Minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin. Dari Rusmini sekeluarga.

5. Selamat lebaran 2024, semoga dengan berakhirnya Ramadhan ini tidak menjadikan kita manusia yang lupa dengan kebaikan dan kembali pada kemaksiatan.

6. Selamat Idul Fitri 1445 H untuk kamu dan keluarga. Semoga kegembiraan hari raya ini berlipat beribu-ribu kali, mohon maaf lahir batin ya.

7. Taqabbalallahu minna wa minkum, selamat Lebaran Idul Fitri 2023, dan selamat hari kemenangan untukmu dan keluarga!

8. Berbuat sebuah khilaf adalah sifat manusia, meminta maaf adalah kewajibannya, dan kembalinya fitrah adalah tujuan. Mohon maaf lahir dan batin dari saya dan keluarga di hari Idul Fitri ini.

9. Marilah kita melunturkan ego dan saling membuka pintu maaf. Taqabbalallahu minna wa minkum, selamat hari raya Idul Fitri.

10. Semoga Allah Subhanahu wa ta’ala memberikan rahmat kepada semua kaum muslim di dunia pada hari Idul Fitri yang damai dan membahagiakan ini. Selamat Lebaran untuk kamu yang merayakan!

11. Walaupun jemari tak sempat berjabat dan raga tak bisa bersua, semoga pintu maaf masih terbuka bila ada kata yang membekas luka. Minal Aidin wal Faizin, selamat Idul Fitri 1445 H.

12. Selamat hari raya Lebaran 2024! Semoga Allah SWT kembali mempertemukan kita di bulan Ramadan berikutnya, dan semoga Allah Subhanahu wa ta’ala juga mencurahkan nikmat dan karunianya di hari kemenangan ini.

13. Bulan Ramadan telah meninggalkan kita, dan momen penuh kebahagiaan dan kemenangan telah hadir di hadapan kita. Selamat hari raya Idul Fitri 1445 H, mohon maaf lahir dan batin.

14. Salah kata pernah terucap, salah sikap pernah terungkap, tetapi kembali fitrah selalu diharap. Selamat hari Lebaran 2024. Mohon maaf lahir dan batin.

15. Selamat Lebaran Idul Fitri 2024! Mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya. Semoga kebahagiaan akan selalu bersamamu setiap harinya.

16. Bulan suci Ramadan telah berlalu, fajar hari kemenangan tampak mewarnai langit, membawa sinar kedamaian dan kesucian. Selamat hari raya Idul Fitri 1445 H. Mohon maaf lahir dan batin.

17. Waktu mengalir deras bagaikan air, Ramadan yang suci akan telah berakhir. Untuk salah dan khilaf yang pernah kubuat, pintu maaf selalu kuharap. Taqabalallahu minna wa minkum.

18. Bila Idul Fitri adalah lentera, izinkan membuka tabirnya dengan maaf agar cahayanya menembus jiwa fitrah dan tiap khilaf. Selamat hari Lebaran 2024!

19. Taqabbalallahu minna wa minkum, selamat hari raya Idul Fitri 1445 H. Semoga kita senantiasa mendapatkan limpahan berkah dan nikmat dari Allah SWT.

20. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H bagi muslim yang merayakannya. Meski bulan suci Ramadan berakhir, semoga kita tetap istiqomah untuk terus berada di jalan Allah, dengan hati yang bersih dan saling memaafkan.

21. Sambutlah hari kemenangan dengan kesabaran, kesucian, dan keikhlasan. Selamat Lebaran 2024, mohon maaf atas segala kesalahan ya!

22. Ramadan akan segera pergi, tapi diri tak bisa suci jika dendam dan sakit hati tak bisa dimaafkan. Taqabbalallahu minna wa minkum, mohon maaf lahir dan batin ya kawan.

23. Mata sering salah menatap, mulut sering salah berucap, hati sering salah prasangka, dengan niat yang tulus dan suci saya ucapkan mohon maaf lahir dan batin. Selamat Lebaran 2024.

24. Untuk hati yang pernah terluka oleh tajamnya lidah. Untuk jiwa yang tersakiti oleh buruknya sikap dan perilaku. Taqabbalallahu minna wa minkum, mohon maaf lahir dan batin.

25. Seiring surya berseri indah dipagi penuh hikmat ini, saya mohon dibukakan pintu maaf apabila ada kata dan tindak yang tidak berkenan di hati. Selamat hari raya Idul Fitri.

26. Hari ini segalanya terasa indah andai semua salah & khilaf dapat terhapus dengan ikhlas. Selamat Lebaran Idul Fitri 1445 H, mohon maaf lahir dan batin.

27. Ada marah yang timbul tanpa disadari. Ada janji yang teringkari. Hanya maaf dari lubuk hati yang dapat aku ucapkan. Selamat Idul Fitri 1445 H. Semoga amal ibadah kita diterima Allah.

28. Taqabalallahu minnaa wa minkum, selamat Idul Fitri 1445 H. Semoga hari yang istimewa ini senantiasa membawa kedamaian, kebahagiaan, serta kemakmuran bagi semua umat Islam di dunia.

29. Tak terasa sudah sebulan kita menjalani puasa Ramadan, kini saatnya kembali ke fitrah kita sebagai manusia. Selamat Lebaran Idul Fitri 2024!

30. Pintu taubat selalu terbuka bagi siapa saja yang datang menjemputnya. Marilah kita semua saling memaafkan. Taqabalallahu minnaa wa minkum, selamat Idul Fitri 1445 H. Mohon maaf lahir dan batin.

31. Selamat Idul Fitri! Semoga Allah menerima segala ibadah kita selama Ramadhan dan memberkahi kita dengan kebahagiaan yang tak terhingga.

32. Taqabbalallahu minna wa minkum. Selamat Idul Fitri, semoga Allah menerima amal ibadah kita dan memberkahi langkah kita selanjutnya.

33. Di hari yang fitri ini, maafkanlah segala khilaf dan kekhilafan. Selamat Idul Fitri, semoga kedamaian senantiasa menyertai kita.

34. Kemenangan sejati adalah saat hati kita merasa damai di hadapan Allah. Selamat Idul Fitri, semoga kita meraih kemenangan itu bersama-sama.

35. Pada hari fitri ini, mari kita bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Allah kepada kita. Selamat Idul Fitri, semoga kita selalu dalam lindungan-Nya.

36. Waktunya untuk bersukacita dan merayakan kemenangan spiritual. Selamat Idul Fitri, semoga Allah selalu memberkahi langkah kita.

37. Di hari yang fitri ini, mari kita saling memaafkan dan mempererat tali silaturahmi. Selamat Idul Fitri, semoga kebaikan selalu mengalir di antara kita.

38. Segenap doa dan harapan terbaik terucap untukmu di hari kemenangan ini. Selamat Idul Fitri, semoga Allah melimpahkan berkah-Nya kepada kita semua.

39. Fitrah Islam mengajarkan cinta, kedamaian, dan kasih sayang. Selamat Idul Fitri, semoga kita senantiasa menjadi pelopor kebaikan di tengah-tengah masyarakat.

40. Pergi ke pasar beli kain, jangan lupa mampir ke toko lain. Minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin.

41. Menanam padi di sawah, di sampingnya ada pohon beringin. Maaf kata kalau ada salah, mohon maaf lahir dan batin.

42. Makan ketupat minumnya es kelapa, paling enak dimakan bersama-sama. Alhamdulillah besok Lebaran sudah tiba, maaf-maaf kalau ada salah kata.

43. Ada tikus makan serabi, dimakan di pagi hari. Meskipun ini musim pandemi, izinkanlah ku ucap selamat Idulfitri!

44. Durian montong enak sekali, tapi jangan dimakan sendiri. Maafkan kalau pernah menyakiti, tak lupa juga selamat Idulftiri.

45. Siang hari makan di kantin, makan nasi ditemani kari. Mohon maaf lahir dan batin, semoga berkah di hari yang fitri.

46. Bikin kue rasa pandan, kuenya dicelupkan ke kopi. Lebaran tanpa bermaaf-maafan, ibarat sayur tanpa terasi.

47. Tukang jahit merajut kain, untuk membuat sebuah busana. Mohon maaf lahir dan batin, untuk saudaraku semua.

48. Dalam kerendahan hati ada, ada ketinggian budi. Dalam kemiskinan harta, ada kekayaan jiwa. Hidup ini terasa indah jika ada kata maaf. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H! Mohon maaf lahir dan batin.

49. Tiada yang seindah ketika hati ini tersucikan tanpa kebencian, terbasuh oleh Ramadan dan keikhlasan hati untuk saling memaafkan. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H. Mohon maaf lahir dan batin.

50. Waktu mengalir deras bagaikan air, Ramadan yang suci akan segera berakhir. Untuk salah dan khilaf yang pernah kubuat, pintu maaf selalu kuharap.

51. Pada hari yang fitri ini, mari kita berbagi kebahagiaan dengan sesama. Selamat Idul Fitri, semoga kebaikan selalu menyertai langkah kita.

52. Di hari yang suci ini, mari kita renungkan betapa besar kasih sayang Allah kepada hamba-Nya. Selamat Idul Fitri, semoga kita senantiasa bersyukur atas segala anugerah-Nya.

53. Waktu yang fitri ini, mari kita perbaiki diri dan memperbaiki hubungan dengan sesama. Selamat Idul Fitri, semoga kita menjadi manusia yang lebih baik dari hari ke hari.

54. Ketulusan hati adalah kunci kemenangan sejati. Selamat Idul Fitri, semoga hati kita senantiasa bersih dari segala kedengkian dan kebencian.

55. Di hari yang penuh berkah ini, mari kita tingkatkan kualitas iman dan taqwa kita. Selamat Idul Fitri, semoga Allah selalu menguatkan hati kita dalam menjalani kehidupan.

56. Keikhlasan adalah sahabat setia di jalan kebaikan. Selamat Idul Fitri, semoga kita senantiasa mampu berbuat baik tanpa mengharapkan balasan.

57. Setiap langkah kebaikan adalah investasi untuk masa depan yang lebih baik. Selamat Idul Fitri, semoga Allah memberkahi usaha kita dalam menjalankan ajaran-Nya.

58. Pada hari fitri ini, mari kita sambut dengan hati yang penuh syukur dan kebahagiaan. Selamat Idul Fitri, semoga keberkahan selalu menghampiri keluarga kita.

59. Ketulusan dalam bertindak adalah bukti cinta kepada Allah. Selamat Idul Fitri, semoga kita senantiasa diberkahi dengan keikhlasan hati.

60. Semoga setiap langkah kita di hari yang fitri ini mendekatkan kita pada ridha Allah. Selamat Idul Fitri, semoga kita senantiasa mendapat petunjuk-Nya dalam setiap langkah.

61. Pada hari yang fitri ini, mari kita isi dengan doa dan kesyukuran. Selamat Idul Fitri, semoga kita selalu dalam lindungan-Nya yang tak terbatas.

62. Di hari yang fitri ini, mari kita nikmati kebersamaan dan kebahagiaan dengan keluarga tercinta. Selamat Idul Fitri, semoga cinta dan kasih sayang selalu menyertai kita.

63. Kemenangan sejati terletak pada keikhlasan hati dalam menjalani ajaran Islam. Selamat Idul Fitri, semoga kita selalu mendapat hidayah dari-Nya.

64. Pada hari yang suci ini, mari kita bersyukur atas segala rahmat dan berkah yang Allah limpahkan. Selamat Idul Fitri, semoga kita senantiasa bersyukur dalam setiap langkah.

65. Waktu yang fitri ini, mari kita renungkan betapa besar kasih sayang Allah kepada hamba-Nya. Selamat Idul Fitri, semoga cinta-Nya senantiasa memenuhi hati kita.

66. Setiap langkah kebaikan adalah bentuk ibadah yang Allah persembahkan kepada-Nya. Selamat Idul Fitri, semoga kita selalu menjadi hamba yang shaleh dan shalehah.

67. Pada hari yang fitri ini, mari kita saling memaafkan dan mempererat tali silaturahmi. Selamat Idul Fitri, semoga persaudaraan kita tetap erat dalam naungan kasih sayang Allah.

68. Ketulusan hati adalah kunci kesucian yang membawa kita pada ridha Allah. Selamat Idul Fitri, semoga kita senantiasa diberkahi dengan keikhlasan yang tulus.

69. Di hari yang penuh berkah ini, mari kita jadikan momen ini sebagai titik awal untuk menjadi lebih baik lagi. Selamat Idul Fitri, semoga setiap langkah kita menuju kebaikan.

70. Pada hari yang fitri ini, mari kita tetap kuat dalam menjalani perjalanan hidup. Selamat Idul Fitri, semoga Allah senantiasa memberikan keberkahan dan kekuatan kepada kita semua.

 

Ucapan Selamat Hari Raya Idulfitri dalam Bahasa Inggris

71. May every blossom in the garden of life bring your Eid with joy and fill your days with the sweet fragrance of happiness. Happy Eid Day!

72. May Allah bless you in all your endeavors and lead you to the path of continued success and prosperity. Eid Mubarak!

73. May Allah bring you joy, happiness, peace and prosperity on this blessed occasion. Wishing you and your family on this happy occasion of Eid! Eid Mubarak!

74. Faith makes all things possible, hope makes all things work, and love makes all things beautiful. May you have all of the three. Eid Mubarak!

75. May the grace of Allah light up your heart, bless you and your family members with warmth, happiness, joy, and peace. Wishing you a blissful Eid.

76. Let this special occasion of Eid adorn your life with the colors of heaven. I wish a wonderful Eid day for you and your family.

77. May this Eid be the beginning of another successful year in your life. Eid Mubarak to you and your lovely family!

78. There’s no greater blessing than that of Allah. There’s no greater happiness than that of attaining pure Bliss. Eid Mubarak to you and your family!

79. May the blessing of Eid envelope you, and the love of Allah be with you. Our wishes are always there for you. Eid Mubarak!

80. May the light of Eid illuminate our hearts and homes. Eid Mubarak! May it bring peace and prosperity to our lives.

81. May Allah accept our prayers and fasting during Ramadan. Eid Mubarak! May this day bring joy and blessings to your heart.

82. Taqabbalallahu minna wa minkum. Eid Mubarak! May Allah accept our deeds and shower His mercy upon us.

83. Let’s be grateful for the blessings bestowed upon us by Allah. Eid Mubarak! May we always remain under His protection.

84. It’s time to rejoice and celebrate our spiritual triumphs. Eid Mubarak! May Allah bless our journey ahead.

85. On this blessed day, let’s forgive and strengthen the bonds of brotherhood. Eid Mubarak! May kindness flow among us.

86. Wishing you the best of prayers and hopes on this day of celebration. Eid Mubarak! May Allah shower His blessings upon us all.

87. Islam teaches us love, peace, and compassion. Eid Mubarak! May we continue to spread goodness in society.

88. Let’s share happiness with others on this joyous occasion. Eid Mubarak! May goodness always accompany our steps.

89. On this sacred day, let’s reflect on Allah’s immense love for His servants. Eid Mubarak! May we always be grateful for His blessings.

90. Let’s strive for self-improvement and better relations with others. Eid Mubarak! May we become better humans each day.

91. Sincerity of heart is the key to true victory. Eid Mubarak! May our hearts be free from envy and hatred.

92. On this blessed day, let’s strengthen our faith and piety. Eid Mubarak! May Allah strengthen our hearts in navigating life’s journey.

93. Sincerity is a faithful companion on the path of goodness. Eid Mubarak! May we always do good without expecting anything in return.

94. Every act of kindness is an investment in a better future. Eid Mubarak! May Allah bless our efforts in following His teachings.

95. On this joyous day, let’s welcome it with gratitude and happiness. Eid Mubarak! May blessings always grace our families.

96. Sincerity in action is a testament of love for Allah. Eid Mubarak! May we always be blessed with sincerity of heart.

97. May every step we take on this blessed day bring us closer to Allah’s pleasure. Eid Mubarak! May we always be guided by His light.

98. On this auspicious day, let’s fill it with prayers and gratitude. Eid Mubarak! May we always be under His infinite protection.

99. Let’s rejoice in Allah’s mercy and forgiveness on this special day. Eid Mubarak! May His blessings be upon us all.

100. May this Eid bring us closer to our loved ones and strengthen our bonds. Eid Mubarak! May unity and harmony reign in our communities.

Itu dia 100 ucapan selamat Idul Fitri 1445 H yang bisa kamu gunakan untuk dibagikan kepada keluarga, sahabat, teman, serta kerabat. Kalau kamu butuh suasana belajar yang tenang selama libur Lebaran, cobain Brain Academy Online yuk! Kamu bisa belajar di rumah bersama Master Teacher terbaik dan fasilitas yang lengkap.

[IDN] CTA Blog Kelas Gratis Brain Academy Online

Nurul Hidayah