4 Tips Penting yang Wajib Kamu Tahu untuk Meraih Beasiswa Impian

Tiara Syabanira Dewantari Jan 4, 2021 • 6 min read


Tips Meraih Beasiswa Impian

Artikel ini berisikan tips-tips untuk kamu yang ingin meraih beasiswa impian

--

Jika dianalogikan, mencari beasiswa bisa dibilang mirip-mirip dengan mencari jodoh. Cocok-cocokan dan memiliki kriteria tersendiri yang harus bisa dipenuhi. Proses seleksinya ‘pun terbilang ketat dan tidak sembarang orang bisa mendapatkan kesempatan tersebut. Meski terkesan ribet, tapi beasiswa dapat memudahkan kawan-kawan yang memiliki mimpi untuk melangkah ke jenjang pendidikan lebih tinggi.

Nah, untuk kamu yang sudah memiliki niat mengikuti suatu program beasiswa pasti bertanya-tanya, hal apa saja sih yang kita perlu lakukan untuk meraih suatu beasiswa? Yuk simak 4 tips di bawah ini!

1. Riset dan Gali Informasi Seputar Beasiswa

Melakukan riset dan menggali informasi merupakan langkah awal dan terpenting untuk mendapatkan beasiswa impian. Ayooo, jangan malas-malas ya untuk mencari informasi seputar beasiswa ya! Apalagi dengan perkembangan teknologi yang kini sudah canggih, mencari informasi seputar beasiswa bukan lagi hal yang sulit dilakukan kok.

Riset beasiswa

Melakukan riset terkait beasiswa (Sumber: tickle.utk.edu)

Selain mencari tahu tentang informasinya, penting juga untuk kamu memahami jenis beasiswa apa yang kamu inginkan. Karena beasiswa juga memiliki jenis serta tujuan yang beragam. Maka dari itu, kamu harus benar-benar rajin dalam mencari informasi dan memahami tentang beasiswa yang menjadi target.

Baca Juga: Yuk Kenalan dengan Macam-Macam Beasiswa Sebelum Memilih

Untuk memulai, kamu bisa mencari informasi langsung melalui Google, atau kamu bisa juga cek beberapa situs yang menyediakan informasi seputar beasiswa seperti Blog Ruangguru, indbeasiswa.com, infobeasiswa.org, sahabatbeasiswa.com, dan masih banyak lainnya. Ada banyak juga lho informasi seputar beasiswa yang beredar di media sosial Twitter dan Instagram. Banyak kok lembaga dan instansi yang menyediakan beasiswa untuk berbagai jenjang pendidikan. Yuk, apa yang barusan aku bilang? Jangan malas!

2. Pahami Kriteria dan Syarat dari Program Beasiswa

Biasanya apa saja sih hal-hal yang menjadi kriteria dan syarat untuk mengikuti suatu program beasiswa? Apakah kita harus memiliki suatu prestasi? Atau kita memiliki nilai rapor dengan angka tertentu? Nah itu hal yang perlu kamu gali lagi! Kriteria dari suatu program beasiswa tentunya akan berbeda-beda, tergantung dari lembaga, instansi, serta jenis dari beasiswa itu sendiri.

kriteria dan syarat

Kriteria dan syarat program beasiswa (Sumber:istockphoto.com)

Contohnya beasiswa penghargaan, beasiswa macam ini biasanya diberikan kepada mereka yang memiliki nilai rata-rata di atas siswa lainnya, atau Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) bagi kamu yang sudah menjadi mahasiswa. Bantuan yang diberikan biasanya berupa dana atau potongan biaya pendidikan.

Contoh lain yaitu beasiswa yang diberikan kepada mereka yang kurang mampu secara ekonomi. Beasiswa yang akan diberikan biasanya dalam bentuk dana atau potongan biaya, yang gunanya untuk meringankan pihak keluarga dari target beasiswa tersebut.

Untuk mengetahui kriteria dan syarat yang dibutuhkan dari program beasiswa, biasanya mereka akan mencantumkan di laman yang mereka sediakan. Namun agar lebih paham, kamu bisa langsung menghubungi pihak penyelenggara untuk menanyakan informasi terkait yang mungkin tidak dicantumkan atau kurang kamu pahami.

3. Konsultasikan dengan Pihak Sekolah/Kampus dan Orang Tua

Bukan cuma dalam hal perjodohan, dalam urusan beasiswa ‘pun kamu membutuhkan restu! Sebelum mengambil suatu beasiswa, ada baiknya kita konsultasikan terlebih dahulu ke staff kampus yang khusus menangani beasiswa, atau ke guru BK bagi kamu yang masih sekolah. Bukan berarti informasi yang kamu terima kurang terpercaya kok, tetapi alangkah baiknya jika kamu tetap mendiskusikan mengenai beasiswa tersebut kepada pihak yang lebih paham. Siapa tau, mereka juga memiliki opsi lebih baik yang bisa kamu ambil.

Sesi konselingMelakukan konsultasi (Sumber: nalandaschool.org)

Begitu pula dengan orang tua, mereka pasti tahu betul apa yang terbaik untuk anaknya. Ketika orang tua kita merestui dan mengizinkan, sudah pasti kamu akan dipermudah untuk mendapatkan beasiswa idamanmu!

4. Siap Tempur!

Sudah tahu beasiswa apa yang kamu inginkan? Sudah dapat restu juga dari orang tua dan pihak sekolah? Cusss hajaaaarr! 

Langkah selanjutnya adalah melakukan persiapan sematang mungkin agar dapat lolos seleksi. Kamu bisa mulai dengan menyiapkan dokumen-dokumen penting yang dibutuhkan, seperti formulir pendaftaran, transkrip nilai atau fotocopy rapor, CV, dan dokumen lainnya. Jangan sampai ada dokumen yang lupa kamu sisipkan, bisa bahaya kalau kamu sampai tersingkirkan karena dokumen yang tidak lengkap!

Ikut tes beasiswa

Siap mengikuti tes beasiswa (Sumber: usnews.com)

Baca Juga: Perhatikan 7 Hal Ini agar Curriculum Vitae (CV) Kamu Lolos Seleksi Program Beasiswa

Selain dokumen yang lengkap, biasanya salah satu persyaratan dalam menerima beasiswa adalah mengikuti tes, baik secara lisan (wawancara) maupun tulisan. Sebelum mengikuti tahapan tersebut, tentu kita perlu untuk mempersiapkan diri dengan sempurna. Baik itu secara mental, jasmani, dan yang terpenting secara akademik. Kamu bisa banget mempersiapkan hal tersebut dengan ikut di layanan bimbel online baik di Ruangguru atau di Brain Academy lho. Ingat, bukan hanya kamu yang menginginkan beasiswa tersebut. Kamu akan bersaing dengan ratusan, bahkan ribuan pemburu beasiswa lainnya. Jadi, ngga ada kata malas untuk belajar dan berjuang ya.

Agar siap mengikuti tes beasiswa, yuk coba ikut kelas bimbel online interaktif milik Brain Academy! Tidak hanya belajar, kamu juga bisa konsultasi secara langsung dengan Master Teachers terkait strategi belajar, pemilihan jurusan, dan topik-topik penunjang belajar lainnya. Psstt, kami juga mengadakan Beasiswa Prestasi Brain Academy Online loh. Yuk Ikutan!

BA online

Referensi:

Sekumpulan Tips Jitu untuk Mendapatkan Beasiswa. rencanamu.id [Daring]. Tautan: https://rencanamu.id/post/panduan-cari-beasiswa/panduan-dasar-beasiswa/sekumpulan-tips-jitu-untuk-mendapatkan-beasiswa-apa-saja (Diakses: 16 Desember 2020)

Semua Hal yang Perlu Kamu Siapkan Sebelum Mendaftar Beasiswa Dalam dan Luar Negeri. rencanamu.id [Daring]. Tautan: https://rencanamu.id/post/persiapan-kuliah/semua-hal-yang-perlu-kamu-siapkan-sebelum-mendaftar-beasiswa-dalam-dan-luar-negeri (Diakses: 16 Desember 2020)

Pengertian dan Jenis Beasiswa. ican-education.com. [Daring]. Tautan: https://www.ican-education.com/berita-event/news/pengertian_dan_jenis_beasiswa (Diakses: 16 Desember 2020)

Wahyu Adityo Prodjo. edukasi.kompas.com. 27 Desember 2019. Tautan: https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/27/21000071/tips-beasiswa-3-cara-mencari-informasi-beasiswa-yang-kamu-banget-?page=all (Diakses: 16 Desember 2020)

Sumber Foto:

Melakukan riset terkait beasiswa. [Daring]. Tautan: https://tickle.utk.edu/ithelp/computers/ (Diakses: 16 Desember 2020)

Kriteria dan syarat program beasiswa. [Daring]. Tautan: https://www.istockphoto.com/photos/terms-and-conditions?phrase=terms%20and%20conditions&sort=mostpopular (Diakses: 16 Desember 2020)

Melakukan konsultasi. [Daring]. Tautan: https://www.nalandaschool.org/importance-of-guidance-and-counselling (Diakses: 16 Desember 2020)

Siap mengikuti tes beasiswa. [Daring]. Tautan: https://www.usnews.com/education/best-colleges/articles/things-incoming-international-students-should-know (Diakses: 16 Desember 2020)

Profile

Tiara Syabanira Dewantari

Beri Komentar