10 SMK Terbaik di Indonesia untuk Referensi PPDB

BA - Pojok Kampus - SMK Terbaik di Indonesia

Mau masuk SMK tahun ini? Berikut rekomendasi Sekolah Menengah Kejuruan favorit di Indonesia berdasarkan data LTMPT 2022

Tahun ajaran baru sudah di depan mata. Apakah ada di antara kamu yang berkeinginan melanjutkan studi di SMK? Apa perbedaan SMK dengan SMA biasa? Apa saja jurusan dan mata pelajaran yang ada di SMK? Yuk, kita bahas di artikel ini.

 

Perbedaan SMA dan SMK

Oke, kita mulai dari kepanjangannya dulu ya. SMA adalah singkatan dari Sekolah Menengah Atas yang lebih banyak mengajarkan teori dibandingkan praktek. Umumnya, SMA memiliki 3 kelompok peminatan, yaitu IPA, IPS, dan Bahasa. Para siswa dibekali pengetahuan teoritis agar bisa lolos ke perguruan tinggi.

Sedangkan SMK adalah singkatan dari Sekolah Menengah Kejuruan. Dari namanya saja, kamu pasti tahu kalau SMK diperuntukkan bagi mereka yang ingin bekerja setelah lulus sekolah. Jurusan di SMK lebih spesifik dan bermacam-macam, mulai dari pelayaran, farmasi, tata boga, multimedia, dan lain-lain. Meski begitu, siswa SMK juga bisa melanjutkan kuliah ke D3, D4, atau S1.

Perbedaan yang paling mencolok antara SMK dengan SMA yaitu adanya PKL atau Prakerin. Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan kegiatan pendidikan, pelatihan, dan pembelajaran bagi siswa SMK di industri yang berkaitan dengan kompetensi siswa sesuai bidang yang digelutinya. Contoh: anak SMK Farmasi biasanya melakukan PKL di apotek, klinik, atau rumah sakit. PKL disebut juga sebagai magang.

 

SMK Terbaik di Indonesia

Pengen masuk SMK tapi masih galau menentukan pilihan? Jangan khawatir, baru-baru ini LTMPT merilis data SMK terbaik di Indonesia sebagai acuan kamu untuk mendaftar PPDB 2022. Berikut daftarnya:

Baca juga: 20 Jurusan Favorit di SMK yang Bergaji Tinggi

 

1. SMK SMAK Bogor

Sekolah Menengah Analis Kimia atau yang sering disingkat SMAKBO menempati urutan pertama SMK terbaik di Indonesia. Berdiri sejak tahun 1985, SMK ini berada di bawah naungan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia dan hanya memiliki 1 jurusan yaitu Analis Kimia. SMAK SMAK Bogor mencetak tenaga analis kimia atau operator laboratorium tingkat menengah yang siap pakai selama 4 tahun masa pendidikan.

Alamat: Jalan Binamarga I RT 004 RW 008, Baranangsiang, Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat.

 

2. SMK SMTI Yogyakarta

Selain SMAKBO, Sekolah Menengah Teknologi Industri Yogyakarta juga berada di bawah naungan Kementerian Perindustrian Indonesia. Ada 3 kompetensi keahlian atau jurusan yang bisa kamu pilih, di antaranya: Kimia Analisis, Kimia Industri, dan Teknik Mekatronika. Lama waktu pendidikan di SMTI Yogyakarta ditempuh selama 4 tahun. Alumni SMK SMTI Yogyakarta dapat bekerja di laboratorium atau perusahaan manufaktur di Indonesia serta mancanegara.

Alamat: Jl. Kusumanegara No.3, Semaki, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

 

3. SMK Negeri 2 Depok Sleman

Berdiri sejak tahun 1997. waktu belajar yang ditempuh oleh siswa di SMKN 2 Depok adalah 3 tahun untuk jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB), Kimia Industri (KI), Teknik Bodi Otomotif (TBO), dan Teknik Pengolahan Minyak Gas dan Petrokimia (TPMGP). Sedangkan jurusan Sistem Informatika Jaringan Aplikasi (SIJA), Geologi Pertambangan (GP), Teknik Elektronika Daya dan Komunikasi (TEDK), Teknik Manajemen Perawatan Otomotif (TMPO), Kimia Analisis (KI), Teknik Fabrikasi Logam Manufaktur (TFLM), Teknik Otomasi Industri (TOI), dan Konstruksi Gedung Sanitasi Perawatan (KGSP) ditempuh selama 4 tahun masa pendidikan.

Alamat: Jl. STM Pembangunan, Mrican, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

4. SMK Negeri 1 Wonosari

Menempati posisi keempat, SMK Negeri 1 Wonosari termasuk sekolah menengah kejuruan terbaik di Indonesia. Adapun kompetensi keahlian atau jurusan yang bisa dipilih siswa yaitu Akuntansi dan Lembaga Keuangan, Bisnis Daring dan Pemasaran, Multimedia, Tata Kelola Perkantoran, Tata Busana, serta Tata Kecantikan Kulit dan Rambut. Pas banget nih, buat yang suka pelajaran IPS. Hebatnya lagi, semua jurusan di SMKN 1 Wonosari telah meraih juara di beberapa kompetisi tingkat provinsi dan nasional.

Alamat: Jl. Veteran, Madusari, Wonosari, Kec. Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

 

5. SMK Negeri 1 Temanggung

Suka pelajaran Biologi dan Kimia? Di SMKN 1 Temanggung kamu akan menemukan jurusan Agroindustri, Produksi dan Pengelolaan Perkebunan, serta Kimia Analisis. Berdiri sejak tahun 1969, penyusunan kurikulum di sekolah ini dibantu oleh beberapa perusahaan dan LIPI Yogyakarta, sehingga para siswa memiliki skill yang mumpuni. Bahkan, siswa di SMKN 1 Temanggung bisa langsung bekerja setelah lulus lho!

Alamat: Jl. S. Kadar Maron, Maron, Sidorejo, Kec. Temanggung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

BA - Pojok Kampus - Daftar 10 SMK Terbaik di Indonesia

 

6. SMK Negeri 7 Semarang

Masih di pulau Jawa, SMKN 7 Semarang termasuk SMK terbaik di Indonesia dengan program studi yang cukup beragam, di antaranya: Sistem Informatika Jaringan dan Aplikasi, Teknik Elektronika Daya Komunikasi, Teknik Fabrikasi Logam Manufaktur, Konstruksi Gedung Sanitasi Perawatan, Konstruksi Jalan Irigasi Jembatan, Teknik Mekatronika, Teknik Manajemen Perawatan Otomotif, dan Teknik Tenaga Listrik. Hayo, kamu mau pilih jurusan apa?

Alamat: Jalan Simpang Lima, RT 02 RW 01, Kel. Mugassari, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah.

 

7. SMK Negeri 1 Karanganyar

Selanjutnya, ada SMKN 1 Karanganyar yang berdiri sejak tahun 1963. Sekolah ini mempunyai 6 kompetensi keahlian yaitu: Akuntansi Keuangan, Tata Busana, Manajemen Perkantoran, Bisnis Pemasaran, Usaha Perjalanan Wisata, Teknik Komputer Informatika. Psstt, SMK Karanganyar juga berprestasi di bidang akademik dengan meraih rata-rata nilai UTBK 532. Nggak kalah dengan SMA Negeri!

Alamat: Jl. Monginsidi No.1, Manggeh, Tegalgede, Kec. Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

 

8. SMK Negeri 1 Pengasih

Pengen kerja di bidang hospitality? Di SMKN 1 Pengasih aja! Selain jurusan Perhotelan, sekolah ini juga menyediakan bidang kompetensi lain, seperti: Akuntansi Keuangan, Tata Busana, Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran, Bisnis Pemasaran, dan Multimedia. Nggak cuma itu, beberapa alumni SMKN 1 Pengasih juga berhasil bekerja di kementerian dan lembaga pemerintahan.

Alamat: Jl. Kawijo No.11, Pengasih, Kec. Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

 

9. SMK Negeri 2 Temanggung

Punya passion masak? Pengen jadi wirausaha? Atau suka otak-atik komputer? SMKN 2 Temanggung punya jurusan yang bisa mewujudkan cita-cita kamu nih. Ada Akuntansi Keuangan Lembaga, Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran, Bisnis Daring Pemasaran, Tata Boga,  serta Teknik Komputer dan Jaringan. Kualitas kurikulumnya juga nggak main-main, lho. Yuk, daftar!

Alamat: Jl. Kartini No. 34 B, RT.01 / RW.05, Jampirejo, Margorejo, Jampirejo, Kec. Temanggung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

 

10. SMK Negeri 48 Jakarta

Terakhir, kita bergeser ke ibukota tercinta alias Jakarta. SMKN 48 Jakarta menempati urutan kesepuluh SMK terbaik di Indonesia dengan jurusan Akuntansi Keuangan Lembaga, Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran, Bisnis Daring Pemasaran, Multimedia, dan Produksi Siaran Televisi. SMKN 48 Jakarta menerapkan model pembelajaran Teaching Factory di mana siswa seolah-olah bekerja di perusahaan nyata.

Alamat: Jl. Seruni Raya No.8, RW.14, Klender, Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Jadi, kamu mau masuk SMK mana nih? Apapun pilihannya, bimbelnya tetap di Brain Academy dong! Kamu tahu nggak sih, kalau Brain Academy punya kelas online dan offline yang tersebar di Indonesia. Fasilitasnya lengkap, mulai dari akademik sampai konsultasi dengan psikolog berlisensi. Masih ragu? Tenang, bisa ikut kelas gratis dulu!

[IDN] CTA Blog Kelas Gratis Brain Academy Online

Referensi:

SMK Terbaik di Indonesia [Daring]. Tautan: https://top-1000-sekolah.ltmpt.ac.id/

Prakerin [Daring]. Tautan: https://siva.kemenperin.go.id/front/news/pentingnya-mengetahui-pengertian-prakerin-smk-dan-manfaatnya 

SMTI Yogyakarta [Daring]. Tautan: https://www.smtijogja.sch.id/ 

SMKN 2 Depok Sleman [Daring]. Tautan: https://smkn2depoksleman.sch.id/wp/program-keahlian/

SMKN 1 Wonosari [Daring]. Tautan: https://smkn1wonosari.sch.id/ 

SMKN 1 Temanggung [Daring]. Tautan: https://www.stembatema.sch.id/ 

SMKN 7 Semarang [Daring]. Tautan: https://smkn7semarang.sch.id/profil/

SMKN 1 Karanganyar [ Daring]. Tautan: https://smkn1kra.sch.id/

SMKN 1 Pengasih [Daring]. Tautan: http://v5.smkn1pengasih.sch.id/ 

SMKN 48 Jakarta [Daring]. Tautan: https://smkn48jkt.sch.id/ 

(diakses 26 – 27 Mei 2022)

 

 

Salsabila Nanda