ASEAN: Pengertian, Sejarah, Negara Anggota, dan Tujuan

Logo ASEAN

 

Indonesia merupakan salah satu negara yang berkontribusi dalam pembentukan ASEAN, lho! Agar kamu lebih memahami tentang ASEAN, yuk simak pengertian, sejarah, negara anggota,  dan tujuan dari terbentuknya organisasi ini. 

Tahu nggak sih kalau Indonesia merupakan salah satu negara yang berperan dalam mendirikan ASEAN? Nggak hanya itu, Indonesia juga berkontribusi alam penyelenggaraan Konferensi Asia-Afrika pada tahun 1955, Indonesia juga pernah menjaga perdamaian dunia dengan mengirimkan Kontingen Garuda ketika terjadi konflik di Mesir. 

Wah, keren banget kan kontribusi negara kita ini bagi dunia internasional?

For your information, bulan Agustus ini diperingati sebagai Hari Lahir ASEAN, loh! Nah, kamu udah tahu belum seluk-beluk tentang ASEAN? Yuk, kita bahas, mulai dari pengertian ASEAN dulu, yaa!      

 

Pengertian ASEAN 

ASEAN sebenarnya merupakan singkatan dari  Association of Southeast Asian Nations. 

Kalo diterjemahin kira-kira artinya gini, Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara. Nah, dari namanya kita bisa tahu tuh, kalo basis dari ASEAN adanya di wilayah Asia Tenggara. 

ASEAN ini merupakan organisasi regional yang mewadahi kerja sama dalam bidang ekonomi, politik, maupun budaya negara-negara Asia Tenggara. 

Hal yang menarik dari ASEAN adalah, organisasi ini tidak membeda-bedakan sistem politik maupun ideologi yang dianut oleh para anggotanya. 

Jadi misal negara anggota ASEAN ada yang ideologinya kapitalis, liberalis, sosialis, komunis, atau pancasilais kayak kita gini, semua tetap dirangkul dan dihargai.

Sip, kamu udah tau nih ya pengertian ASEAN dan informasi tipis-tipis seputar ASEAN. 

Bung Karno pernah bilang kalau ‘Jasmerah. Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah.’ Maka dari itu, kita ga boleh lupa juga nih untuk memahami, gimana sih sejarah dari ASEAN?

 

Sejarah Pendirian ASEAN

Sebelum ASEAN terbentuk, beberapa negara di kawasan Asia Tenggara sebenarnya sempat membuat organisasi. 

Misalnya, pada tahun 1961, Malaysia, Thailand, dan Filipina membentuk Association of Southeast Asia.  Kemudian, pada tahun 1963, Malaysia, Filipina dan Indonesia pernah membentuk Maphilindo.

Nah terus, negara-negara tadi menyadari kalau mereka nih punya kesamaan. Mulai dari:

  • 1. letak geografis yang berdekatan,
  • 2. persamaan dasar kebudayaan,
  • 3. persamaan kepentingan untuk menjalin kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, dan budaya,
  • 4. persamaan nasib dalam sejarah negara-negara di Asia Tenggara.

Keempat persamaan ini bisa dibilang merupakan alasan kuat kenapa ASEAN itu harus terbentuk.  

Baca Juga: Isi dan Sejarah Perumusan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Kemudian, pada tanggal 8 Agustus 1967, wakil atau delegasi dari lima negara Asia Tenggara berkumpul di Bangkok, Thailand. Mereka adalah:

  • 1. Adam Malik (Indonesia)
  • 2. Tun Abdul Razak (Malaysia)
  • 3. Narciso Ramos (Filipina)
  • 4. S. Rajaratnam (Singapura)
  • 5. Thanat Khoman (Thailand)

Dapat dikatakan, kelima orang dan negara inilah yang merupakan pendiri dari organisasi ASEAN. 

Secara garis besar, pertemuan tersebut menghasilkan sebuah dokumen yang dikenal sebagai Deklarasi Bangkok atau Bangkok Declaration. 

Nggak tanggung-tanggung, kakak bakalan jabarin juga nih isi Deklarasi Bangkok:

  1. 1. mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan perkembangan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara,
  2. 2. meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional,
  3. 3. meningkatkan kerja sama dan saling membantu untuk kepentingan bersama dalam bidang ekonomi, sosial, teknik, ilmu pengetahuan, dan administrasi,
  4. 4. memelihara kerja sama yang erat di tengah-tengah organisasi regional dan internasional yang ada,
  5. 5. meningkatkan kerja sama untuk memajukan pendidikan, latihan, dan penelitian di kawasan Asia Tenggara. 

​Setelah kita tahu sejarah dari organisasi yang didirikan oleh 5 negara ini, kira-kira ke depannya, apakah ada penambahan negara lain sebagai anggota ASEAN? 

Tentunya ada, dong! Langsung aja nih kita simak negara-negara anggota ASEAN serta tanggal bergabungnya negara tersebut. 

 

Negara Anggota ASEAN

Hingga saat ini, ASEAN memiliki 10 negara anggota. Berdasarkan laman Sekretariat Nasional ASEAN-Indonesia, berikut negara-negara anggota ASEAN dan tanggal bergabungnya: 

  • 1. Indonesia: 8 Agustus 1967

  • 2. Malaysia: 8 Agustus 1967

  • 3. Singapura: 8 Agustus 1967

  • 4. Thailand: 8 Agustus 1967

  • 5.Filipina: 8 Agustus 1967

  • 6. Brunei Darussalam: 8 Januari 1984

  • 7. Vietnam: 28 Juli 1995

  • 8. Laos: 23 Juli 1997

  • 9. Myanmar: 23 Juli 1997

  • 10. Kamboja: 30 April 1999

Tapi kamu pernah ga sih denger nasib Timor Leste yang belum kunjung menjadi anggota ASEAN?

Jadi guys, berdasarkan informasi yang didapatkan dari Tim Komunikasi dan Media Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN 2023, saat ini Timor Leste baru diterima secara prinsip sebagai anggota ke-11 ASEAN pada November 2022 sehingga masih bersifat observer.

Intinya mah Timor Leste masih belum diterima secara resmi sebagai anggota yaa. Kalo dilihat dari statusnya sih, harusnya sebentar lagi.

Setelah bahas anggota, sekarang kita cari tahu yuk, apa sih arti dari lambang ASEAN?

 

Baca Juga: Mengenal Konsep Wilayah, Perwilayahan, dan Tata Ruang

 

Arti dari Lambang ASEAN

Sebagai sebuah organisasi regional, tentunya ASEAN juga memiliki lambang dong yaa. Ini dia nih lambang dari ASEAN:

Lambang ASEAN

Kalo kamu perhatikan, lambang ASEAN digambarkan dengan seikat padi berwarna kuning dengan latar belakang merah, dan dikelilingi lingkaran putih dan biru. Di bawah logo padi, terdapat tulisan ASEAN. Lambang ASEAN memiliki makna stabil, damai, bersatu, dan dinamis. Setiap elemen dan warna dalam lambang tersebut memiliki arti yang mendalam, guys.

Lambang ini ga cuman sekadar lambang ya guys, tapi ada maknanya juga di dalamnya. Berikut adalah makna dari setiap elemen dan warna dalam logo ASEAN.

1. Seikat Padi

Padi melambangkan impian para pendiri ASEAN. Gambar padi ini melambangkan kesejahteraan, kemakmuran, kesuburan, dan kekayaan yang merupakan harapan bagi negara-negara anggota ASEAN. Jika dihitung garisnya, maka terdapat 10 helai padi yang menggambarkan 10 anggota ASEAN dalam kesatuan dan solidaritas.

2. Lingkaran

Lingkaran yang mengelilingi padi, mencerminkan persatuan negara-negara ASEAN sebagai organisasi regional. Lingkaran juga menggambarkan keterhubungan di antara negara-negara anggota.

3. Kuning

Warna kuning menggambarkan kemakmuran.

4. Merah

Warna merah menggambarkan keberanian dan dinamisme.

5. Putih

Warna putih menggambarkan kesucian.

6. Biru

Warna biru menggambarkan perdamaian dan stabilitas.

Oke, ngebahas pengertian udah, ngebahas sejarah udah, info tentang anggota ASEAN udah, arti dan lambang ASEAN juga udah, nah tapi kita belum tau nih, kira-kira apa sih tujuan dari dibentuknya ASEAN?

 

Tujuan ASEAN

Kalau kita cermati, tujuan ASEAN sebenarnya sejalan dengan yang tercantum dalam Deklarasi Bangkok, yaitu untuk menciptakan kawasan Asia Tenggara yang sejahtera, damai, aman, dan stabil. Tapi, jika dirinci lebih detail, tujuan dibentuknya ASEAN adalah sebagai berikut:

  • 1. Mempercepat kemajuan sosial, pertumbuhan ekonomi, serta pengembangan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara.
  • 2. Meningkatkan stabilitas dan perdamaian regional yang dapat direalisasikan dengan jalan saling menghormati keadilan serta taat hukum di dalam hubungan antar negara se-Asia Tenggara
  • 3. Meningkatkan kerja sama yang aktif dan saling membantu dalam bidang ekonomi, sosial, budaya, teknologi dan administrasi.
  • 4. Membina dan menjalin kerja sama yang lebih efektif untuk meningkatkan hasil industri, pertanian, perluasan perdagangan dalam komoditas internasional, perbaikan sarana dan prasarana komunikasi serta transportasi, dan peningkatan taraf hidup rakyat dari masing – masing negara anggota.
  • 5. Melakukan peningkatan pada kualitas ilmu pengetahuan di antara anggota.
  • 6. Saling membantu sarana pelatihan dan penelitian untuk tujuan pendidikan, administrasi, profesional, dan teknik.
  • 7. Menjaga hubungan baik dengan organisasi internasional yang memiliki tujuan dan visi yang sama, serta membuka peluang untuk menjalin hubungan yang lebih dekat.

 

Peta ASEAN

Sebelumnya sudah disebutkan negara-negara yang tergabung sebagai anggota ASEAN. Sekarang, kamu lihat ya peta dari negara-negara ASEAN tersebut di bawah ini.

peta ASEAN

Oke deh, tadi kamu udah baca nih yaa informasi seputar ASEAN mulai dari pengertian ASEAN, sejarah terbentuknya ASEAN, negara anggota ASEAN, sampai tujuan dari ASEAN. Kamu bisa mendapatkan materi lebih dalam tentang ASEAN dengan bergabung di Brain Academy untuk belajar dengan para Master Teacher yang asyik dan gak ngebosenin! 

Brain Academy

Laras Sekar Seruni