Latihan Soal UTBK 2021: Sosiologi

Salsabila Nanda Apr 10, 2021 • 5 min read


Brainies_Bertanya_-_Latsol_UTBK_Sosiologi-02

Hai, Brainies! Sebelum menikmati weekend, kita review lagi beberapa materi Sosiologi yang akan diujikan di UTBK SBMPTN 2021 dulu yuk! Sebentar aja kok, semangat!

---

Separator_Latihan_Soal_sosiologi-Apr-06-2021-12-10-40-50-PM

Topik : Konflik Sosial dan Kekerasan

Sub Topik : Mengenal Konflik Sosial dan Kekerasan

1. Pemprov DKI mengadakan kegiatan lomba Tari Saman Tingkat SMA se-DKI Jakarta. Terjadi konflik antar kelompok ekstrakurikuler yang bertujuan untuk berlomba-lomba menghasilkan prestasi untuk sekolahnya. Pada kasus tersebut dampak konflik berupa...

  1. Konflik destruktif. 
  2. Konflik konstruktif. 
  3. Konflik individual. 
  4. Konflik kelompok. 
  5. Konflik sosial. 

Jawaban: B

Pembahasan: Dalam pandangan konstruktif, sebuah konflik membawa nilai-nilai yang positif dan membangun bagi masing-masing pihak yang berkonflik. Lomba tari saman antar sekolah bertujuan untuk menghasilkan nilai positif berupa prestasi untuk sekolahnya. Jadi, jawabannya adalah B.

Separator_Latihan_Soal_sosiologi-Apr-06-2021-12-10-40-50-PM

Topik : Dampak Perubahan Sosial

Sub Topik : Dampak Negatif Perubahan Sosial

2. Salah satu dampak negatif dari adanya perubahan sosial adalah cultural lag, di bawah ini yang merupakan ilustrasi terjadinya cultural lag adalah ... .

  1. Masyarakat menolak komputerisasi
  2. Munculnya budaya konsumtif
  3. Selfie bencana
  4. Penolakan masyarakat terhadap pergantian dari kompor minyak ke kompor gas
  5. Kesenjangan budaya

Jawaban: E

Pembahasan:

Cultural Lag atau kesenjangan budaya merupakan ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan akibat terjadinya perubahan serta pergeseran kebudayaan. Cultural lag juga dapat terjadi jika terjadinya perbedaan taraf kemajuan antara berbagai daerah dalam suatu kebudayaan.

Separator_Latihan_Soal_sosiologi-Apr-06-2021-12-10-40-50-PM

Topik : Modernisasi

Sub Topik : Pengertian dan Syarat Terjadinya Modernisasi 

3. Modernisasi didefinisikan sebagai upaya yang bertujuan untuk menyamai standar yang dianggap modern baik oleh rakyat banyak maupun oleh elit penguasa, merupakan pengertian modernisasi dalam konsep….

  1. Historis
  2. Relatif
  3. Analisis
  4. Antropologis
  5. Sosial

Jawaban: B

Pembahasan:

Menurut Piotr Sztompka, konsep modernisasi didefinisikan meliputi 3 cara yakni historis, relatif dan analisis:

  1. Historis berarti modernisasi dilihat sebagai gerakan menuju ciri-ciri masyarakat yang dijadikan model.
  2. Relatif berarti upaya yang bertujuan untuk menyamai standar yang dianggap modern baik oleh rakyat banyak maupun oleh elit penguasa.
  3. Analisis berarti melukiskan dimensi masyarakat modern dengan maksud untuk ditanamkan dalam masyarakat tradisional atau masyarakat pra-modern.

Separator_Latihan_Soal_sosiologi-Apr-06-2021-12-10-40-50-PM

Topik : Perbedaan dan Kesetaraan I (Diferensiasi Sosial)

Sub Topik : Mengenal Struktur Sosial 

4. Struktur sosial selalu terkait dengan sistem sosial, di bawah ini yang merupakan karakteristik dari sistem sosial adalah ....

  1. wujud fisik suatu unsur-unsur sosial
  2. terbentuknya tingkatan sosial
  3. bersifat abstrak
  4. adanya lembaga-lembaga sosial
  5. keberadaan sanksi agar norma tetap terpelihara

Jawaban: C

Pembahasan:

Karakteristik sistem sosial yaitu bersifat abstrak; bagian dari sistem pengaturan tata kelakuan dan hubungan dalam masyarakat; dapat berubah dan berkembang menuju struktur yang efektif dan efisien; struktur sosial dapat menjadi landasan dalam proses sosial suatu masyarakat; dan memiliki dimensi vertikal dan horizontal. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Separator_Latihan_Soal_sosiologi-Apr-06-2021-12-10-40-50-PM

Topik : Lembaga Sosial

Sub Topik : Tipe Lembaga Sosial

5. Dani iri kepada Ratih yang menjadi anggota salah satu kelompok kesenian di desanya. Dani yang sangat menyukai seni tidak dapat ikut karena tidak memiliki alat kesenian dan tidak mampu membayar biaya keanggotaan setiap bulannya. Berdasarkan ilustrasi tersebut, kelompok kesenian ini dapat dikategorikan sebagai ....

  1. basic institution
  2. enacted institution
  3. crescive institution
  4. approved institution
  5. subsidiary institution

Jawaban: E

Pembahasan:

Subsidiary institution dianggap kurang penting keberadaannya oleh masyarakat, namun bukan berarti ditolak. Biasanya ukuran yang digunakan untuk menentukan penting atau tidaknya suatu lembaga sosial bergantung pada kondisi dan situasi masyarakat yang bersangkutan. Contohnya kegiatan kesenian dari kelompok kesenian desa. Ratih bisa ikut kelompok kesenian ini karena berasal dari keluarga dengan status ekonomi sejahtera. Berbeda dengan Dani yang tidak mampu untuk membayar biaya keanggotaan dan membeli alat kesenian. Maka itu, kesenian ini dianggap kurang penting karena tergantung pada kemampuan ekonomi masing-masing keluarga. Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Separator_Latihan_Soal_sosiologi-Apr-06-2021-12-10-40-50-PM
Sebentar 'kan? Semakin cepat menjawab soal, tandanya kamu semakin siap menghadapi UTBK yang tinggal beberapa minggu lagi. Kalau masih ada yang ingin ditanyakan, langsung aja cobain bimbel gratis di Brain Academy! Ada diskon hingga 60% juga lho.


BA online

Beri Komentar