Latihan Soal UTBK 2021: Penalaran Umum

Salsabila Nanda Apr 22, 2021 • 8 min read


BA_-_(Brainies_Bertanya)_Latsol_TPS_Penalaran_Umum-01

Yuhuuuu, Brainies Bertanya balik lagi buat bantu kamu mempersiapkan diri di UTBK gelombang 2! Kali ini materinya TPS Penalaran Umum, dibaca baik-baik ya soalnya~

---

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS-Apr-20-2021-04-14-08-78-AM

TOPIK : PENALARAN UMUM 

SUBTOPIK : PENALARAN ANALITIK 

1. Lima orang pedagang bakso menghitung hasil penjualan dalam satu hari. Pedagang III lebih banyak menjual daripada pedagang II, tetapi tidak melebihi pedagang I. Penjualan pedagang III sama dengan pedagang IV tetapi tidak melebihi pedagang I. Pedagang yang hasil penjualannya paling sedikit adalah ….

  1. pedagang I
  2. pedagang II
  3. pedagang III
  4. pedagang IV
  5. pedagang III dan IV

 

Jawaban: B

Pembahasan: 

Urutan pedagang berdasarkan hasil penjualannya dari yang terkecil ke yang terbesar sebagai berikut: Pedagang I adalah yang terbanyak, sedangkan pedagang III dan IV sama dan yang paling sedikit adalah pedagang II.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS-Apr-20-2021-04-14-08-78-AM

TOPIK : PENALARAN UMUM 

SUBTOPIK : PENALARAN ANALITIK 

2. Didik tidak lebih pintar dari Koko dan Brian. Fajar lebih pintar daripada Koko. Koko lebih pintar daripada Brian. Dan Deka tidak lebih pintar daripada Fajar, tetapi lebih pintar daripada Koko. Di antara mereka yang paling tidak pintar adalah ….

  1. Koko
  2. Fajar
  3. Deka
  4. Brian
  5. Didik

 

Jawaban: E

Pembahasan: 

  • Didik = Koko dan Brian atau Didik < Koko dan Brian
  • Fajar > Koko
  • Koko > Brian
  • Deka = Fajar atau Deka < Fajar
  • Deka > Koko

Berdasarkan poin-poin di atas, dapat dibuat garis lurus yaitu:

Fajar = Deka > Koko > Brian > Didik atau

Fajar > Deka > Koko > Brian > Didik.

Jadi, orang yang paling pintar adalah Fajar.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS-Apr-20-2021-04-14-08-78-AM

TOPIK : PENALARAN UMUM 

SUBTOPIK : PENALARAN ANALITIK 

3. Ada 4 orang turis. Turis A dapat berbicara dalam bahasa Perancis dan Jerman. Turis C dapat berbicara dalam bahasa Inggris, Jepang, dan Cina. Turis B hanya bisa berbicara dalam bahasa Perancis. Turis D dapat berbicara dalam bahasa Indonesia, Jerman dan Perancis. Satu-satunya turis yang harus menggunakan penerjemah adalah ….

  1. turis C
  2. turis A
  3. turis D
  4. turis B
  5. tidak ada

 

Jawaban: A

Pembahasan:

Turis A dapat berbicara dalam bahasa Perancis dan Jerman. Turis B dan C dapat berbicara dalam bahasa Inggris, Jepang, dan Cina. Turis B hanya bisa berbicara dalam bahasa Perancis. Turis D dapat berbicara dalam bahasa Indonesia, Jerman, dan Perancis. Satu-satunya turis yang harus menggunakan penerjemah adalah turis C, karena dia tidak dapat berbahasa Perancis sedangkan turis lainnya dapat berbahasa Perancis.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS-Apr-20-2021-04-14-08-78-AM

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 4 dan 5.

Tim astronom internasional berhasil menemukan kelompok galaksi terjauh yang pernah diketahui saat ini, yaitu EGS77. Kelompok galaksi tersebut terdiri dari tiga galaksi berumur 680 juta tahun. Angka itu kurang dari 5 persen dari umur alam semesta. EGS77 adalah kelompok galaksi pertama yang tertangkap saat membersihkan kabut kosmik.

Pengamatan menunjukkan bahwa kelompok galaksi ini berkontribusi pada "zaman reionisasi". Dalam beberapa ratus juta tahun pertama usia alam semesta, setiap wilayah pembentuk bintang baru diselimuti awan hidrogen netral. Atom-atom hidrogen akan menyerap cahaya dari bintang-bintang ini hingga elektron terlepas dari nukleusnya dengan panjang gelombang tertentu.

Proses ini disebut ionisasi karena menyebabkan hidrogen menjadi ion. Tapi mengingat era ini adalah yang kedua kalinya dalam sejarah alam semesta ketika hidrogen mendapatkan kembali elektronnya yang dicuri, ini dikenal sebagai reionisasi.

"Cahaya intens dari galaksi dapat mengionisasi gas hidrogen di sekitarnya dan membentuk gelembung yang memungkinkan cahaya bintang untuk bepergian bebas. EGS77 telah membentuk gelembung besar yang memungkinkan cahayanya terlihat," tambah Vithal Tilvi, seorang anggota tim peneliti di Arizona State University. Penemuan ini telah dipresentasikan pada pertemuan American Astronomical Society di Honolulu, Hawaii, pada 8 Januari lalu. Para astronom berharap EGS77 bukanlah menjadi penemuan terakhir.

Diadaptasi dari: https://www.suara.com/tekno/2020/01/13/132500/astronomtemukan kelompok-galaksi-terjauh-di-alam-semesta.

TOPIK : PENALARAN UMUM 

SUBTOPIK : KESESUAIAN PERNYATAAN

4. Berdasarkan teks tersebut, pernyataan di bawah ini yang  benar adalah …

  1. Kelompok galaksi berkontribusi pada zaman ionisasi karena menyebabkan ion menjadi hidrogen.
  2. EGS77 merupakan kelompok galaksi yang terdiri dari tiga galaksi yang berumur 680 juta tahun.
  3. Menurut para astronom, EGS77 merupakan penemuan terakhir.
  4. EGS77 telah membentuk gelembung besar yang menjadikan cahayanya sulit terlihat.
  5. Cahaya intens dari galaksi tidak mampu mengionisasi gas hidrogen di sekitarnya.

 

Jawaban: B

Pembahasan: Berdasarkan teks tersebut, pernyataan yang paling mungkin benar terdapat pada   pilihan jawaban B. Pernyataan itu sesuai dengan paragraf 1, kalimat pertama dan kedua. Pernyataan tersebut, yaitu EGS77 merupakan kelompok galaksi yang terdiri dari tiga galaksi berumur 680 juta tahun. 

  • Jawaban A tidak sesuai dengan paragraf. Pernyataan yang tepat adalah pengamatan menunjukkan bahwa kelompok galaksi ini berkontribusi pada "zaman reionisasi". Proses ini disebut ionisasi karena menyebabkan hidrogen menjadi ion.
  • Jawaban C tidak sesuai dengan paragraf. Pernyataan yang tepat adalah para astronom berharap EGS77 bukanlah menjadi penemuan terakhir.
  • Jawaban D tidak sesuai dengan paragraf. Pernyataan yang tepat adalah Vithal Tilvi, seorang anggota tim peneliti di Arizona State University menambahkan bahwa EGS77 telah membentuk gelembung besar yang memungkinkan cahayanya terlihat.
  • Jawaban E tidak sesuai dengan paragraf. Pernyataan yang tepat adalah cahaya intens dari galaksi dapat mengionisasi gas hidrogen di sekitarnya dan membentuk gelembung yang memungkinkan cahaya bintang untuk bepergian bebas.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS-Apr-20-2021-04-14-08-78-AM

TOPIK : PENALARAN UMUM 

SUBTOPIK : KESESUAIAN PERNYATAAN

Berdasarkan paragraf 4, pernyataan di bawah ini yang benar adalah …

  1. Penemuan ini telah dipresentasikan pada pertemuan American Astronomical Society di Honolulu, Hawaii, pada 8 Februari lalu.
  2.  Para peneliti mengharapkan EGS78 bukan menjadi penemuan terakhir.
  3.  Dalam beberapa ribuan tahun pertama usia alam semesta, setiap wilayah pembentuk bintang baru diselimuti awan nitrogen netral
  4.  EGS77 telah membentuk gelembung kecil yang memungkinkan cahayanya terlihat.
  5.  Penemuan EGS77 telah dipresentasikan pada pertemuan American Astronomical Society di Honolulu, Hawaii, pada 8 Januari lalu. 

 

Jawaban: E

Pembahasan: Pernyataan yang sesuai dengan paragraf 4 terdapat pada pilihan jawaban E. Pernyataan tersebut sesuai dengan isi kalimat ketiga. Pernyataan tersebut adalah penemuan EGS77 telah dipresentasikan pada pertemuan American Astronomical Society di Honolulu, Hawaii, pada 8 Januari lalu. 

  • Jawaban A tidak sesuai. Pernyataan lebih tepat adalah penemuan EGS77 telah dipresentasikan pada pertemuan American Astronomical Society di Honolulu, Hawaii, pada 8 Januari lalu.
  • Jawaban B tidak sesuai. Pernyataan yang tepat adalah para astronom berharap EGS77 bukanlah menjadi penemuan terakhir.
  • Jawaban C tidak sesuai karena pernyataan tersebut tidak terdapat pada paragraf 4, melainkan pada paragraf 2.
  • Jawaban D tidak sesuai. Pernyataan yang tepat adalah EGS77 telah membentuk gelembung besar yang memungkinkan cahayanya terlihat. 

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS-Apr-20-2021-04-14-08-78-AM

Kamu tau nggak? Cuma Brain Academy yang punya program bimbel online interaktif, klinik PR, serta kelas pengembangan diri seperti: tips masuk PTN, prospek karir, atau latihan public speaking. Lengkap banget kaaaan? Mau coba sekarang? Klik banner di bawah ini ya!

BA online

Beri Komentar