Latihan Soal UTBK 2021: Pemahaman Bacaan

Salsabila Nanda Apr 19, 2021 • 10 min read


BA_-_(Brainies_Bertanya)_Latsol_UTBK_Pemahaman_Bacaan-01

Sudah mengerjakan soal latihan UTBK TKA? Sekarang saatnya berlatih soal Pemahaman Bacaan. Yuk, semangat!


---

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS-Apr-15-2021-02-49-05-30-AM

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1 sampai 3!

[...]

Indonesia akan mengalami peningkatan pangsa pasar serta penambahan jumlah startup serta berbagai produk dan layanan baru berbasis digital pada 2020, terutama dalam kategori teknologi finansial. Banyak orang berfikir bahwa tren itu pun menyiapkan banyak lapangan pekerjaan tahun depan. Hal itu turut mendongkrak potensi kenaikan gaji para profesional di bidang teknologi dan digital bila pindah bekerja dalam industri yang sama tahun depan. Potensi kenaikannya bahkan hingga 50%.

Survei Michael Page Indonesia Salary Benchmark 2020 menyatat sebanyak 73% responden merasa positif tentang lapangan kerja yang tersedia. Berdasarkan laporan itu, peningkatan gaji saat pindah kerja bervariasi di setiap industri. Untuk mereka yang berpindah ke pekerjaan baru dalam industri yang sama di 2020, kenaikan gaji paling tinggi    hingga 50% ditawarkan oleh industri digital dan teknologi, yang sejalan dengan pertumbuhan kedua sektor itu pada tiga tahun terakhir.

Peningkatan itu disebabkan oleh bertambahnya permintaan akan sejumlah posisi di dalam industri tersebut, seperti di level pimpinan di bidang teknis (engineering), pengembangan usaha digital, penganalisa data, manajer pemasaran, dan manajer produk digital. Selain itu, terdapat tiga bidang yang paling banyak memberikan kesempatan pada pengembangan karier, [...] teknik (engineering), sales, dan marketing. Industri digital dan teknologi selalu mencari kandidat-kandidat yang berpotensi di bidang teknis dan manajer produk. Hal ini yang juga perlu diantisipasi oleh para kandidat.

Memahami dinamika usaha sangatlah penting bagi semua orang yang terlibat di dalam industri. Perlu dicatat oleh para profesional di Indonesia bahwa lanjut Imeiniar soft skills juga sangat penting agar [...] pertimbangan utama dari para pemilik usaha atau pemberi kerja.

Selain melaporkan adanya kenaikan gaji saat pindah kerja di dalam industri digital dan teknologi, Michael Page Indonesia Salary Benchmark 2020 juga melihat adanya kenaikan gaji di sektor lainnya. Profesional di dalam industri bisnis dan layanan keuangan serta dari industri konsumsi dan retail diharapkan adanya kenaikan gaji rata-rata hingga 25%, sementara industri properti dan konstruksi menawarkan kenaikan antara 20-35% lebih tinggi bagi pencari kerja dengan latar belakang pengalaman teknik sipil dan desain, sales di sektor real estate dan commercial estate, serta pemegang sertifikasi PMP (Project Management Professional).

(Sumber: diadaptasi dari https://mediaindonesia.com/)

 

Subtopik : Pemahaman Isi Bacaan

1. Judul yang paling tepat untuk melengkapi bacaan di atas adalah …. 
  1. Peningkatan Pangsa Pasar di Indonesia pada Tahun 2020 
  2. Penambahan Jumlah Lapangan Kerja di Sektor Digital dan Teknologi
  3. Peluang Kenaikan Lapangan Kerja 2020 
  4. Kenaikan Gaji di Sektor Digital dan Teknologi
  5. Potensi Kenaikan Gaji Pemilik Usaha Digital dan Teknologi

 

Jawaban: B 

Pembahasan:

Judul merupakan kepala karangan yang diletakkan pada bagian atas sebuah teks. Judul yang baik adalah judul yang mampu mewakili keseluruhan isi karangan. Secara keseluruhan, teks di atas membahas tentang  peningkatan pangsa pasar serta penambahan jumlah startup yang menyebabkan kenaikan gaji bagi pekerja di sektor digital dan teknologi. Kenaikan gaji yang dialami diakibatkan dari pertumbuhan kedua sektor (digital dan teknologi) itu pada tiga tahun terakhir. Jadi, semua hal yang dibahas dalam teks adalah sebab dan akibat dari kenaikan gaji di sektor digital dan teknologi.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B. 

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS-Apr-15-2021-02-49-05-30-AM

Subtopik : Penalaran Kebahasaan

2. Kata yang salah digunakan pada paragraf pertama adalah …. 

  1. digital 
  2. berfikir 
  3. mendongkrak 
  4. menyiapkan 
  5. profesional 

 

Jawaban: B 

Pembahasan: 

Untuk menemukan kata yang tepat dalam kalimat, diperlukan pemahaman isi bacaan serta penalaran kebahasaan. Dari segi penggunaan kata di dalam paragraf, tidak terdapat kata yang salah. Namun, dari segi penulisan, terdapat satu kata yang salah pada paragraf pertama, yaitu kata berfikir. Kata berfikir merupakan kata tidak baku. Oleh karena itu, kata tersebut perlu diganti dengan kata berpikir yang berarti ‘mempertimbangkan dan memutuskan sesuatu’.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS-Apr-15-2021-02-49-05-30-AM

Subtopik : Penalaran Kebahasaan

3. Kata berimbuhan yang tidak tepat pada paragraf kedua adalah …. 

  1. menyatat 
  2. bervariasi 
  3. peningkatan 
  4. kenaikan 
  5. pertumbuhan 

 

Jawaban: A

Pembahasan: 

Berdasarkan pembentukannya, kata dibagi menjadi dua jenis, yaitu kata dasar dan kata berimbuhan. Kata berimbuhan merupakan kata dasar yang mendapatkan imbuhan, baik di awal, di tengah, di akhir, atau di awal dan di akhir. Kata berimbuhan yang tidak tepat pada paragraf kedua adalah kata menyatat. Kata tersebut berasal dari kata dasar catat sehingga jika ditambahkan imbuhan me-, kata dasar tersebut tidak lesap karena tidak diawali dengan huruf K, T, S, dan P. Jadi, penulisan kata berimbuhan yang tepat dari kata tersebut adalah mencatat.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A. 

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS-Apr-15-2021-02-49-05-30-AM

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 4 dan 5!

[...]

Misi penyelidikan matahari yang dilakukan wahana penjelajah Parker berhasil mengumpulkan sejumlah data penting. Wahana yang dikirim NASA pada Agustus 2018 itu mengumpulkan sejumlah data menggunakan instrumen ilmiah 9mutahir dari jarak 15 juta mil. Apa yang dilakukan NASA dengan wahana penjelajah Parker tercatat sebagai teknologi bikinan manusia yang berada sangat dekat dengan matahari. Kini, ilmuwan mulai 10terilis temuan apa saja yang diperoleh wahana Parker.

Data yang diterbitkan dalam 4 makalah di jurnal Nature mengungkap, bagaimana memahami cara bintang lahir, berevolusi, mati, serta pemahaman mengenai matahari itu sendiri. Ada beberapa temuan dari data yang dihasilkan wahana penjelajah Parker bahwa matahari menghasilkan angin matahari yang terus-menerus membombardir medan magnet Bumi. Terkadang, angin tersebut mengakibatkan gangguan 11kepada sistem satelit dan komunikasi. Hal ini memberi pemahaman yang lebih baik terkait bagaimana angin matahari dihasilkan. Ini juga dapat membantu para peneliti menemukan cara untuk melindungi Bumi dari badai matahari di masa depan.

Pengamatan 12menunjukkan kalau angin matahari berasal dari lubang besar di korona. Namun, bagaimana proses 13pembentukkannya, para ahli pun belum mengetahuinya dan memerlukan studi lebih lanjut. Selain itu, Justin Kasper, peneliti dari University of Michigan mengungkap bahwa angin matahari berputar mengelilingi matahari dengan kecepatan hampir sepuluh kali lebih besar dari yang diperkirakan. Temuan lain yang 14mengejutkan adalah mengenai perilaku aneh medan magnet yang memancar dari matahari. Medan magnet itu tiba-tiba berputar bolak-balik.

(Sumber: diadaptasi dari https://sains.kompas.com/)

 

Subtopik : Pemahaman Isi Bacaan

4. Judul yang tepat untuk bacaan tersebut adalah …. 

  1. Misi NASA Sentuh Matahari 
  2. Misi Penyelidikan Satelit NASA 
  3. Penelitian Unsur Inti Matahari
  4. Wahana Penjelajah Parker 
  5. Instrumen Ilmiah Matahari oleh NASA 

 

Jawaban: A

Pembahasan: 

Judul merupakan kepala karangan yang diletakkan pada bagian atas sebuah teks. Judul yang baik adalah judul yang mampu mewakili keseluruhan isi karangan. Secara keseluruhan, teks di atas membahas tentang misi penyelidikan matahari yang dilakukan oleh NASA. NASA dan wahana penjelajah Parker mempunyai misi untuk penyelidikan matahari dari dekat. Dengan demikian, judul yang sesuai dengan isi pembahasan teks tersebut yaitu “Misi NASA Sentuh Matahari”.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A. 

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS-Apr-15-2021-02-49-05-30-AM

Subtopik : Penalaran Kebahasaan

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 5!

[...]

Sekelompok ilmuwan asal Australia berhasil membuat daging artifisial. Mereka mengklaim material tersebut sebagai daging artifisial yang paling kuat, dengan durabilitas ligamen sampai tulang asli. Bahan dasar yang digunakan untuk daging buatan tersebut adalah hydrogel

Menurut Luke Connal, ahli kimia dari Australian National University, dengan proses kimia yang dimasukkan dalam hydrogel, daging artifisial ini bisa [...] jaringannya sendiri, bahkan jika robek layaknya kulit manusia. Namun, material yang digunakan sangat kuat sehingga bisa membawa barang berat dan bisa berubah bentuk seperti otot manusia pada umumnya. 

Beberapa jenis daging buatan bahkan bisa menahan 18stress secara 19mekanik, bisa diobati diri sendiri, bahkan ada yang bisa mengingat bentuk atau berganti warna. Dengan beberapa kali penelitian, para ilmuwan ini merasa yakin terhadap penemuan mereka. Daging buatan yang mereka ciptakan merupakan hydrogel yang kuat, tahan banting, tahan sakit, bisa mengobati diri sendiri, bisa berubah bentuk, dan mengingatnya setelahnya. Daging buatan tersebut juga diklaim memiliki ukuran yang tipis dan tanpa cela. Ketika dipanaskan atau didinginkan, hydrogel ini akan berubah menjadi bentuk lain, sebelum akhirnya kembali ke bentuk semula ketika ditaruh di temperatur normal. 

Tidak seperti hydrogel lainnya yang butuh 10 menit atau lebih untuk berubah bentuk, daging buatan ini hanya butuh 10 detik. Hal ini karena adanya 20hidrogen dinamis dan imina (karbon-nitrogen), yang bekerja sama untuk beradaptasi terhadap sekitar. 

(Sumber: diadaptasi dari https://sains.kompas.com/)



5. Judul yang tepat untuk bacaan tersebut adalah ….

  1. Daging Buatan Banyak Manfaat 
  2. Penemuan Daging Artifisial yang Kuat 
  3. Perubahan Supercepat Daging Artifisial oleh Ilmuwan 
  4. Wujud dan Fungsi Daging Artifisial 
  5. Jenis-Jenis Daging yang Diteliti oleh Ilmuwan 

 

Jawaban: B 

Pembahasan: 

Judul merupakan kepala karangan yang diletakkan pada bagian atas sebuah teks. Judul yang baik adalah judul yang mampu mewakili keseluruhan isi karangan. Secara keseluruhan, teks di atas membahas tentang sekelompok ilmuwan asal Australia yang berhasil membuat daging artifisial. Daging artifisial tersebut memiliki banyak kelebihan dan yang paling utama adalah memiliki kekebalan atau kuat dalam suatu kondisi.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B. 

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS-Apr-15-2021-02-49-05-30-AM

Butuh ketelitian saat mengerjakan soal Pemahaman Bacaan. Nggak perlu terburu-buru, baca soal dengan seksama dan pilih jawaban yang benar. Kamu pasti bisa dan lolos UTBK 2021!

BA online

Profile

Salsabila Nanda

Beri Komentar