Mengulik Serba-Serbi Kehidupan Mahasiswa Singapura

Elisabeth Garnistia Mar 6, 2021 • 11 min read


HEADER_SINGAPUR-10

Artikel ini membahas tentang kehidupan mahasiswa di Singapura, dari kehidupan bermasyarakat, biaya hidup, hingga pekerjaan untuk mahasiswa.

--

Siapa sih yang gak mau kuliah di Singapura? Kotanya kecil, banyak wisata kuliner yang enak, ditambah universitas terbaik di dunia bertaburan di sana.

Sebelum dilanjutkan mimpi kuliah di Singapura, apa kamu pernah bertanya “Seperti apa sih kehidupan masyarakat Singapura? Apa kehidupan di Singapura bakal cocok dengan mahasiswa Indonesia?”

Kalau kamu punya pertanyaan ini di benak kamu, kebetulan! Artikel ini akan memberi penjelasan singkat mengenai kehidupan mahasiswa di Singapura

Baca Juga: Unik! Ini 5 Kampus Khusus Perempuan di Korea Selatan

Kehidupan Masyarakat Singapura

Kehidupan Masyarakat Singapura 
Kehidupan Masyarakat Singapura (Sumber: Trailsofindochina.com)

Masyarakat di Singapura sangatlah beragam suku, budaya, hingga agama. Mayoritas etnis dari masyarakat Singapura adalah etnis Tionghoa yang menduduki hampir di seluruh wilayah Singapura, selanjutnya diikuti oleh etnis Melayu, etnis India, dan etnis lainnya.

Keberagaman etnis, budaya, dan agama masyarakat Singapura tidak membuat mereka merasa terpecah. Masyarakat Singapura hidup secara rukun bersama dalam melakukan kegiatan sehari-hari mereka seperti bekerja dan beribadah.

Jangan kaget bila kamu menemukan rumah ibadah seperti kuil, sinagog, dan masjid dibangun berdampingan satu sama lain.

Maka dari itu juga, kamu tidak akan mengalami culture shock jika kuliah di Singapura, karena kamu akan menemukan banyak mahasiswa pendatang dari luar negeri, termasuk dari Indonesia berkumpul di Singapura.

Singapura juga memiliki bahasa yang khas yaitu bahasa Singlish dalam percakapan sehari-hari mereka. bahasa Singlish adalah perpaduan kata-kata dari bahasa Inggris, bahasa Cantonese, bahasa Teochew, bahasa Melayu, dan bahasa Tamil.

Ya, bisa jadi kamu menemukan kata-kata yang hampir mirip dengan kata-kata pada bahasa Indonesia haha.

Biaya Hidup dan Kuliah di Singapura

Biaya kuliah di Singapura

Biaya Hidup di Singapura (Sumber: Expatliving.sg)

Untuk biaya kuliah di Singapura tergantung pada jenjang pendidikan yang didaftarkan. Untuk biaya kuliah jenjang diploma umumnya berkisar antara SGD 12.000- SGD 25.000 atau setara dengan 119-247 juta rupiah per tahun.

Untuk biaya kuliah jenjang sarjana (S1) umumnya berkisar antara SGD 20.000-SGD60.000 atau setara dengan 198juta-593juta rupiah per tahun. Terakhir, biaya kuliah untuk jenjang pascasarjana (S2) umumnya berkisar antara SGD30.000- SGD70.000 atau setara dengan 269juta-692juta rupiah per tahun.

Biaya hidup untuk mahasiswa di Singapura, tergolong tidak terlalu mahal dibanding negara-negara maju lainnya. Untuk menyewa tempat tinggal di Singapura seperti HDB (Flat Housing Development Board) yaitu flat yang dibangun oleh pemerintah Singapura, kamu harus mengeluarkan biaya sebesar SGD2200-SGD3000 atau setara dengan 20juta-30juta rupiah.

Atau jika ingin biaya yang lebih murah, kamu dapat menyewa 1 kamar di salah satu apartemen orang lain (paying guest). Kamu hanya memerlukan biaya sekitar 5-19 juta rupiah saja.

Selanjutnya untuk biaya makan sehari-hari, paling tidak kamu harus mengeluarkan biaya sekitar 2juta-6juta rupiah per bulan. Namun biaya ini bukan biaya yang pasti mengingat gaya hidup dan kebutuhan setiap mahasiswa yang berbeda-beda.

Baca Juga: 9 Kebiasaan Unik Sekolah di Negara Jepang

Universitas Terbaik di Singapura

Universitas Terbaik di Singapura

Kehidupan Mahasiswa di Universitas Singapura (Sumber: .ibyb.org)

Sebagai negara maju, Singapura mempunyai banyak universitas-universitas terbaik di negaranya.

1. Nanyang Technological University (NTU)

Universitas yang masuk urutan ke 11 terbaik di dunia ini menawarkan jurusan-jurusan bidang utama seperti jurusan keperawatan, jurusan bisnis, jurusan sains, jurusan ilmu sosial, jurusan kedokteran.

Namun NTU memang sudah terkenal dengan jurusan Ilmu Komputer yang merupakan salah satu terbaik di dunia.

NTU juga mengembangkan beberapa perusahaan, sekolah medis dengan bekerja sama dengan universitas internasional untuk menjamin lulusan NTU langsung mempunyai kesempatan bekerja setelah lulus kuliah.

2. Singapore Management University (SMU)

Universitas ini terkenal dengan 6 program studi terbaik seperti ekonomi, hukum, akuntansi, ilmu sosial, bisnis, hingga manajemen sistem informasi.

Universitas ini terkenal dengan pengajaran yang mengedepankan aspek kolaboratif, dan lebih mengedepankan riset dan penelitian sebagai basis pembelajarannya.

3.National University of Singapore (NUS)

Universitas yang masuk ke dalam urutan ke 11 sebagai universitas terbaik di dunia ini memiliki 16 fakultas yang terdiri dari ilmu hukum, ilmu kedokteran, ilmu sosial, ilmu bisnis, ilmu kedokteran sampai ilmu kedokteran gigi.

Salah satu program unggulan National University of Singapore adalah program MBA NUS yang terkenal di kalangan mahasiswa dan telah menjadi jurusan incaran bagi para mahasiswa yang mau melanjutkan pendidikan di jenjang pascasarjana.

National University of Singapore juga memiliki fasilitas penunjang yang gak kalah dengan universitas di Eropa, salah satunya adalah perpustakaan dengan koleksi lebih dari 1,5 juta judul buku.

Beberapa alumni NUS yang terkenal diantaranya adalah mantan Perdana Menteri Malaysia yaitu Tun Abdul Razak, mantan Perdana Menteri Singapura Lee Kuan Yew.

Kerja di Singapura

Bekerja di Singapura

Bekerja Part Time di Singapura (Sumber: lifepal.co.id)

Kelebihan berkuliah di Singapura adalah kamu juga bisa mengambil pekerjaan sambilan untuk menambah uang jajan kamu!

Sesuai dengan peraturan Immigration and Checkpoints Authority (ICA), mahasiswa internasional boleh diizinkan untuk bekerja selama berkuliah. Waktu yang ditentukan untuk bekerja adalah selama 16 jam per minggu.

Sistem gaji di Singapura dihitung per jam. Range biaya per jam bisa menyentuh angka kurang lebih SGD7-SGD12, lho! Kebanyakan mahasiswa internasional mengambil part time sebagai pelayan resto/kafe.

Menarik banget kan?

Nah, gimana nih setelah kamu membaca serba-serbi kehidupan mahasiswa di Singapura. Apa kamu jadi semakin yakin untuk kuliah di Singapura?

Yuk mulai persiapkan dirimu untuk berkuliah di luar negeri bersama Brain Academy Online yang akan menunjang belajar kamu hingga meraih jurusan impian!

BA online

Referensi:

5 Alasan Mahasiswa Internasional Memilih untuk Kuliah di Singapura. 8 November 2018. Tautan: https://www.hotcourses.co.id/study-abroad-info/destination-guides/5-alasan-mahasiswa-internasional-memilih-untuk-kuliah-di-singapur/ (daring). (Diakses: 8 Januari 2021).

10 Universitas Terbaik di Singapura. 14 Februari 2017. Tautan: https://www.hotcourses.co.id/study-in-singapore/university-applications/10-universitas-terbaik-di-singapura/ (daring). (Diakses: 8 Januari 2021).

BEKERJA PART-TIME DI SINGAPURA. 9 Juli 2015. Tautan: https://www.hotcourses.co.id/study-in-singapore/destination-guides/bekerja-part-time-di-singapura/ (daring). (Diakses: 8 Januari 2021).

Gaya Hidup di Singapura. 2 Mei 2018. Tautan: https://www.easyuni.co.id/advice/gaya-hidup-di-singapura-433/ (daring). (Diakses: 8 Januari 2021).

Kuliah di Singapura. Tautan: https://www.easyuni.co.id/singapore/#:~:text=Pengeluaran%20terbesar%20bagi%20mahasiswa%20di%20negara%20tersebut%20tentunya%20adalah%20biaya%20kuliah.&text=Sehingga%20secara%20keseluruhan%2C%20biaya%20hidup,mahasiswa%20selama%20tinggal%20di%20Singapura. (daring). (Diakses: 8 Januari 2021).

Biaya Kuliah di Singapura 2020. 27 Februari 2020. Tautan: https://suneducationgroup.com/news-id/biaya-kuliah-di-singapura-2020/ (daring). (Diakses: 8 Januari 2021).

Biaya Hidup di Singapura untuk Mahasiswa 2020. 11 Mei 2020. Tautan: https://suneducationgroup.com/news-id/biaya-hidup-di-singapura-untuk-mahasiswa/ (daring). (Diakses: 8 Januari 2021).

Harususilo, E. (11 Juli 2019). 3 Universitas Terbaik Singapura, Kuliah di Silicon Valey Baru Asia. Tautan: https://edukasi.kompas.com/read/2019/07/11/17543741/3-universitas-terbaik-singapura-kuliah-di-silicon-valey-baru-asia (daring). (Diakses: 8 Januari 2021).

Sumber Gambar:

Kehidupan Masyarakat Singapura. Tautan: https://www.ibyb.org/news/university-focus-national-university-of-singapore-2 (daring). (Diakses: 8 Januari 2021).

Hidup di Singapura. Tautan: https://expatliving.sg/expats-in-singapore-a-singaporeans-opinon/ (daring). (Diakses: 8 Januari 2021).

Kehidupan Mahasiswa di Universitas Singapura. Tautan: https://www.trailsofindochina.com/itinerary/family-adventure-in-the-lion-city/ (daring). (Diakses: 8 Januari 2021).

Bekerja Part Time di Singapura. Tautan: https://lifepal.co.id/media/mahasiswa-kamu-bisa-dapat-gaji-rp-3-juta-dari-6-kerja-part-time-ini-lho/ (daring). (Diakses: 16 Januari 2021).

 

 

Profile

Elisabeth Garnistia

Beri Komentar