Bangga! 5 Universitas Dunia ini Menawarkan Jurusan Sastra Indonesia

Elisabeth Garnistia Feb 13, 2021 • 11 min read


 

13022021_5_Universitas_Dunia_ini_Menawarkan_Jurusan_Sastra_Indonesia_HEADER_BLOG_Draft1

Artikel ini membahas daftar universitas dunia yang membuka jurusan bahasa Indonesia. 

---

Siapa yang bangga berbahasa Indonesia? 

Sebagai orang Indonesia kita harus patut berbangga karena ternyata bahasa Indonesia bukan hanya dipelajari di sekolah-sekolah di Indonesia saja. Namun, sedikitnya ada 45 negara yang juga mengajarkan bahasa Indonesia di negaranya. 

Faktanya, sekitar lebih dari 250 juta orang dapat berbahasa Indonesia dan bahasa Indonesia menjadi urutan ke-9 sebagai bahasa yang paling banyak digunakan. 

Wow, keren banget kan bahasa kita? Tidak heran jika orang-orang dari berbagai belahan dunia mulai tertarik untuk mempelajari bahasa Indonesia, sampai-sampai ada beberapa universitas di dunia yang membuka jurusan sastra Indonesia. Peminatnya juga gak kalah bersaing dengan jurusan-jurusan lain, lho!

Kalau kamu mau tau daftar universitas dunia yang membuka jurusan bahasa Indonesia, simak artikel ini sampai habis!

1.Hankuk University of Foreign Studies 

study-abroad-hankuk university for foreign studies

Hankuk University (Sumber: https://asiaexchange.org/)

Hankuk University of Foreign Studies menawarkan 5 program studi bahasa untuk program undergraduate (S1). Dilansir dari laman resmi Hankuk University, salah satu program studi yang ditawarkan oleh Hankuk University (Seoul Campus) ini adalah Oriental Language Program. Program tersebut menawarkan kelas-kelas bahasa seperti Arabic, Vietnamese, Mongolian, hingga Malay-Indonesia. 

Yap, Hankuk University membuka kelas bahasa Indonesia-Malaysia satu-satunya di Korea Selatan. Di sana, para mahasiswa akan mempelajari sejarah, kebudayaan Negara Indonesia dan Malaysia, struktur bahasa Indonesia dan bahasa Malay, hingga kehidupan sosial, politik, dan keagamaan yang dianut oleh masyarakat Indonesia dan Malaysia. 

Hankuk University of Foreign Studies juga telah mendapat predikat best private university di Korea Selatan dan sudah dikenal sebagai universitas yang banyak mencetak CEO dari 100 perusahaan top di Korea.

Jadi makin tergiur kuliah di Korea Selatan, haha.

2. University of Southern Queensland 

Mahasiswa University of Southern Queensland

Mahasiswa University of Southern Queensland (Sumber: https://fortrust.com/)

University of Southern Queensland, berada di Negara Australia, bertempat di Kota Brisbane. Universitas ini juga menawarkan program undergraduate (S1) dan postgraduate (S2) untuk jurusan bahasa Indonesia di fakultas Humanities and Social Sciences

Mahasiswa jurusan bahasa Indonesia, akan mempelajari dari struktur bahasa Indonesia secara bertingkat, sejarah dan perkembangan agama di Indonesia seperti Hindu, dan Islam, hingga kebudayaan yang ada di Indonesia.

University of Southern Queensland juga termasuk universitas top dunia, lho. Universitas ini berhasil menempati ranking 46 menurut QS World University Ranking pada tahun 2021. 

Baca Juga: 4 Kampus yang Membuka Mata Kuliah Kekinian Big Data

3. University of Washington 

University of WashingtonTaman di University of Washington (Sumber: https://demographicperspectives.com/)

Universitas yang dibangun pada tahun 1861 ini, juga menawarkan kelas bahasa Indonesia! Kelas bahasa yang ada di University of Washington dinaungi oleh Departemen of Asian Language and Literature yang menyediakan program belajar untuk undergraduate (S1) dan post-graduate (S2). 

Salah satu program belajar untuk mahasiswa undergraduate adalah Minor in Indonesia. Di sana, mahasiswa akan mempelajari dari struktur bahasa Indonesia secara bertingkat, kebudayaan Indonesia, sastra Indonesia, musik Indonesia, sampai kondisi terkini di Indonesia. 

Tidak hanya itu, mahasiswa yang masuk jurusan bahasa Indonesia di University of Washington juga dapat mempelajari karya-karya sastra dari sastrawan Indonesia seperti Pramoedya Ananta Toer hingga Chairil Anwar. 

Wow menarik kan?

4. Tokyo University of Foreign Studies 

Tokyo University of Foreign Studies

Bangunan Tokyo University of Foreign Studies (Sumber:http://clip-jepang.com/) 

Salah satu universitas tertua di Jepang, berdiri sejak tahun 1857 juga menawarkan kelas Bahasa Indonesia. Yup, Tokyo University of Foreign Studies (TUFS) dikenal sebagai universitas yang banyak mengkaji bahasa asing termasuk bahasa Indonesia. 

Terdapat 7 program studi bahasa asing dalam fakultas Bahasa dan Budaya seperti Program Studi Asia Timur, Program Kajian Rusia dan Eropa Timur, sampai Program Kajian Asia Tenggara yang terdiri dari kelas bahasa Indonesia, bahasa Thailand, bahasa Melayu, dan bahasa dari negara asia tenggara lainnya. 

Di tahun pertama dan kedua, mahasiswa yang masuk kelas bahasa Indonesia akan intensif untuk belajar bahasa Indonesia seperti belajar membaca, menulis, bercakap. Bukan hanya itu saja, mahasiswa juga akan diajarkan mengenai sejarah budaya, dan masyarakat Indonesia juga. 

Di tahun ketiga dan keempat, mahasiswa akan diajarkan untuk memperdalam bidang yang sesuai dengan minatnya dengan memanfaatkan keterampilan bahasa dan pengetahuan yang telah diperoleh di tahun pertama dan kedua kuliah. 

Wah, bahasa Indonesia jadi akan semakin dikenal di Jepang, yha!

Baca Juga:  Yuk, Kenalan 7 dengan 7 Institut Seni Negeri di Indonesia! 

5. Taras Shevchenko National University of Kyiv

Taras-Shevchenko-National-University-of-Kyiv-5

Bangunan Merah Taras Shevchenko National University of Kyiv (Sumber: myflyup.com )

Universitas yang berdiri sejak tahun 1834 di Ukraina ini juga telah membuka kembali kelas bahasa Indonesia pada tahun 2012 lalu. 

Universitas Nasional Taras Shevchenko menawarkan program studi undergraduate (S1) dan post-graduate (S2) untuk kelas bahasa Indonesia dalam naungan Institut Filologi. Nama jurusan bahasa Indonesia di Universitas Kyiv adalah Philology Oriental Languages and Literatures Indonesian.

Dalam kelas bahasa Indonesia, mahasiswa akan diajarkan dari struktur bahasa Indonesia, kajian literatur seperti novel terkenal dari sastrawan Indonesia dan film yang bertemakan sejarah Indonesia. 

Menariknya, pada awal pembukaan kelas bahasa Indonesia pada tahun 2012 kelas bahasa Indonesia telah menarik 100 calon mahasiswa di awal pendaftaran. Sayangnya, universitas Kyiv  menurunkan penerimaan sisw pada kelas bahasa Indonesia, dan sekarang hanya menerima 8 mahasiswa saja.

Nah, setelah membaca daftar universitas yang ikut mempelajari bahasa Indonesia, bukankah kita merasa bangga dengan bahasa ibu sendiri?

Kalau kamu merasa bangga, yuk pelajari bahasa Indonesia dengan benar ya.

Kamu juga bisa mendaftarkan diri kamu ke Brain Academy Online agar kamu dapat belajar bahasa Indonesia dengan tidak membosankan bersama MT Star yang sudah kompeten di bidangnya! 


BA online
Referensi: 

Antusiasme Mahasiswa Ukraina Belajar Bahasa dan Budaya Indonesia (1). (13 November 2018). https://www.jawapos.com/features/13/11/2018/antusiasme-mahasiswa-ukraina-belajar-bahasa-dan-budaya-indonesia-1/ (daring). (Diakses: 29 Desember 2020). 

Bahasa Indonesia. http://www.tufs.ac.jp/admission/navi/education/27languages/languages/indonesian.html (laman resmi TUFS) (daring). (Diakses: 29 Desember 2020). 

Daftar Universitas Luar Negeri yang Punya Jurusan Bahasa Indonesia. (24 Oktober 2018). https://www.hinet.co.id/daftar-universitas-luar-negeri-yang-punya-jurusan-bahasa-indonesia/ (daring). (Diakses: 29 Desember 2020). 

Hadi, A. (21 Maret 2019). Taras Shevchenko National University, UI-nya Ukraina Yang Punya Program Bahasa Indonesia. https://www.antvklik.com/headline/taras-shevchenko-national-university-of-kyiv-universitasterbesar-di-ukraina-jadi-ui-nya-ukraina (daring). (Diakses: 29 Desember 2020). 

Hankuk University of Foreign Studies (Seoul, South Korea).  (13 November 2014). https://asiaexchange.org/blogs/hankuk-university-foreign-studies-seoul-south-korea/ (daring). (Diakses: 29 Desember 2020). 

Indonesian. https://asian.washington.edu/fields/indonesian (Laman resmi University of Washington) (daring). (Diakses: 29 Desember 2020). 

Minor in Indonesian Language & Culture. https://asian.washington.edu/minor-indonesian-language-culture (Laman resmi University of Washington) (daring). (Diakses: 29 Desember 2020). 

Oriental Language: Malay-Indonesia. http://www.hufs.ac.kr/user/hufsenglish/un_1_c_3c.jsp (daring). (Diakses: 29 Desember 2020)

Universitas Kajian Asing Tokyo. https://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Kajian_Asing_Tokyo#Sejarah (daring). (Diakses: 29 Desember 2020)

University Rankings and Student Reviews University of Queensland. https://www.mastersportal.com/rankings-reviews/11393/university-of-queensland.html (daring). (Diakses: 29 Desember 2020). 

Yashi,N. (16 Agustus 2020). 7 Fakta Menarik Tentang Bahasa Indonesia yang Jarang Diketahui. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/08/16/7-fakta-menarik-tentang-bahasa-indonesia-yang-jarang-diketahui (daring). (Diakses: 29 Desember 2020). 

Sumber Gambar: 

Hankuk University. Tautan: https://asiaexchange.org/study-destinations/seoul-south-korea/hankuk-university/ (daring). (Diakses: 29 Desember 2020).

Mahasiswa University of Southern Queensland. Tautan:  https://fortrust.com/institutiondetail/72238 (daring). (Diakses: 29 Desember 2020).

Taman di University of Washington.Tautan: https://demographicperspectives.com/case-study/case-study-university-of-washington-seattle/ (daring). (Diakses: 29 Desember 2020). 

Bangunan Tokyo University of Foreign Studies. Tautan: http://clip-jepang.com/item/tokyo-university-of-foreign-studies/ (daring). (Diakses: 29 Desember 2020). 

Bangunan Merah  Taras Shevchenko National University of Kyiv. Tautan:https://www.myflyup.com/2018/12/taras-shevchenko-national-university-of.html (daring). (Diakses: 29 Desember 2020). 

 

 

 

 

 

 

Profile

Elisabeth Garnistia

Beri Komentar