Fakta Menarik dibalik Kota Hantu Chernobyl

Braines Bertanya - Fakta Menarik dibalik Kota Hantu Chernobyl-01

Hmm..Chernobyl disebut kota hantu, apakah karena pusat hantu letaknya di sana? Langsung simak aja penjelasan dan semua faktanya disini!

---

Brainies, udah mau akhir tahun aja nih, artinya dikit lagi liburan, aseekkk!

Dulu sebelum pandemi, pasti kamu udah pada sibuk nyusun rencana buat jalan-jalan ke luar kota atau luar negeri kan?

Pas banget, aku mau nanya nih, kalian udah pernah liburan atau berkunjung ke negara Ukraina belum? 

Hmm… kayaknya banyak yang belum pernah nih! wkwkwk

Sebenarnya, liburan ke negara Ukraina pasti menyenangkan, kayak liburan ke negara lainnya. Tapi, ada yang beda nih di Ukraina. Kamu bisa berkunjung ke salah satu kota di Ukraina yang bikin sensasi liburan makin memorable, gitu.

Nah, kota yang dimaksud yaitu Kota Chernobyl. Tau nggak, kota ini dijuluki sebagai kota hantu loh. 

“Wah kenapa tuh disebut kota hantu?” 

Oke, kita bahas dari awal ya, biar makin jelas.

Chernobyl itu berada di dekat pemukiman Kota Pripyat. Di Chernobyl sendiri, ada empat reaktor Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir dengan tenaga sampai 1000 megawatt. Nah, di tanggal 26 April 1986, seperti biasa teknisi melakukan pemeriksaan rutin. Tapi, sayang banget guys, teknisi itu ceroboh. Dia melakukan eksperimen yang buruk dan malah mengabaikan keamanan. Alhasil, reaktor jadi nggak stabil dan muncul bola api besar yang kemudian meledak.

Bencana Chernobyl

Cuplikan Dokumenter Bencana Chernobyl (Sumber: sky.es)

Nah, akibat ledakan ini, puing-puing radioaktif atau radiasi yang beracun bocor, lalu tertiup angin dan menyebar ke daerah di sekitar Chernobyl. Penduduk Chernobyl dan pemukiman di dekatnya, diungsikan. Tapi radiasi nuklir terlanjur menyebar, dan banyak penduduk yang nggak selamat, guys! Salah satu faktor terbesar bagi pekerja di reaktor dan penduduk yang meninggal adalah karena penyakit radiasi akut. 

Ohya, kamu harus tau nih, radiasi yang tersebar adalah di Chernobylini, dan itu ternyata jauh lebih banyak kalo dibanding dengan bom atom Hiroshima dan Nagasaki di Jepang.

Fakta Radiasi Nuklir

Kebayang kan, betapa mengerikan dan berbahayanya lokasi itu. Manusia juga nggak bakal bisa bertahan hidup. Makanya, banyak penduduk daerah setempat yang pindah. Walaupun udah 35 tahun berlalu, tapi nggak ada lagi manusia yang mau kembali menghuni tempat itu. 

Bangunan sekolah, kantor, tempat bermain, terlantar gitu aja sampai detik ini. Itulah alasan Chernobyl di sekitar Kota Pripyat disebut sebagai kota hantu. Ya, serem juga sih ya!

Keadaan Chernobyl Sekarang ini

Keadaan Chernobyl Sekarang Ini (Sumber Youtube: Herr Toni)

Fyi, bencana Chernobyl ini pernah diangkat menjadi sebuah film yang berjudul “Chernobyl” tahun 2019. 

Banner Film Chernobyl

Film Chernobyl (Sumber Gambar: imdb.com)

Setelah film ini rilis, banyak orang tertarik berwisata mengunjungi lokasi Chernobyl. Sebelumnya di tahun 2019 memang pemerintah Ukraina udah meresmikan Chernobyl sebagai tempat wisata. Tapi tetap aja, harus ada pengawasan dari tour leader dan resiko yang dihadapi cukup tinggi walau tingkat radiasi udah turun. 

Wih, pasti memorable dan seru banget tuh!

Anyways, aku punya fakta menarik lainnya buat kamu nih. Setelah bencana Chernobyl terjadi, manusia dan hewan yang selamat semuanya pindah ke kota lain yang aman. 

“Terus, tumbuhan disana gimana tuh?”

Ya...pastinya nggak berpindah, serem juga sih kalo tanaman dan pohon-pohon di sana lari-lari, wkwkwk!

Tumbuhan dan pohon setelah bencanaTumbuhan/Pohon Mati Setelah Kejadian di Chernobyl (Sumber: imgur.com)

Oke, tapi pastinya berpengaruh buruk juga untuk tumbuhan. Contohnya, banyak yang menjadi kerdil, terkena tumor tanaman, bahkan beberapa diantaranya mati, itu semua akibat radiasi. Eits, tapi banyak juga loh tumbuhan yang tetap bisa bertahan hidup, menyesuaikan diri di tempat paling radioaktif itu, keren ya!

Siapa yang kepo sama keadaan Chernobyl sekarang?

Menariknya ya guys, sekarang ini wilayah Chernobyl jadi surga untuk hewan liar kayak serigala, rusa, babi, anjing rakun, lynx, dan lainnya. Itu karena nggak ada manusia berhuni dan Chernobyl dipenuhi tumbuhan liar serta pohon besar. Jadi, sumber makanan untuk hewan melimpah. Ohya, dampak radiasi yang masih tertinggal di sana pasti bisa aja membuat hewan jadi abnormal dalam fisiknya. Tapi, Serhiy Haschak seorang petugas yang yang sudah bertahun-tahun melakukan observasi mengenai radiasi yang masih tertinggal dan dampak setelahnya, mengatakan kalau belum pernah melihat hewan mutan atau hewan yang cacat gitu fisiknya.

---

Gimana, Brainies? Menarik banget ya kota Chernobyl ini. Siapa nih yang pengen jalan-jalan kesana?! Aku mah pengen bangetttt!

Makanya mulai dari sekarang harus persiapkan diri, belajar yang rajin. Supaya kalo nanti kamu ranking bisa minta hadiah jalan-jalan ke Chernobyl deh heheheh. Eits, pas banget nih, kalo belajar mending di Brain Academy Online aja. Belajar seru, anti bosen bareng sama Star Master Teacher yang asik. Tunggu apalagi, langganan sekarang yah dan sampai jumpa juga di Chernobyl!

BA offline

Referensi:

Chernobyl [Daring] Tautan: https://world-nuclear.org/information-library/safety-and-security/safety-of-plants/chernobyl-accident.aspx (diakses tanggal 23 November 2021)

Chernobyl Resmi Jadi Tempat Wisata [Daring]. Tautan: https://www.suara.com/lifestyle/2019/07/13/210000/chernobyl-resmi-jadi-tempat-wisata-ukraina-gelontorkan-miliaran-dolar (diakses tanggal 23 November 2021)

Chernobyl Disaster [Daring]. Tautan: https://www.britannica.com/event/Chernobyl-disaster (diakses tanggal 23 November 2021)

Melihat Dampak Radiasi Chernobyl. Tautan : https://www.youtube.com/watch?v=pJcX8NbfPiM&t=42s 

Profile

Kak Efira MT Saintek

Beri Komentar