Bimbel Offline vs Online, Pilih Yang Mana Ya?

Bimbel Online dan Offline BA

Artikel ini membahas tentang perbedaan antara bimbel offline dengan bimbel online

---

Mengikuti kelas bimbingan belajar atau bimbel merupakan cara agar siswa memahami pelajaran lebih baik. Selain itu, kamu akan memperoleh manfaat lain, seperti tryout, konsultasi PR, dan kumpulan soal ujian. Sebelum memilih bimbel, ada beberapa poin penting yang wajib kamu pertimbangkan. Buat kamu yang masih bimbang, coba deh simak perbedaan antara bimbel offline dengan online di bawah ini!

Kelebihan Bimbel Brain Academy Online

1. Tidak Harus Datang ke Lokasi

Yup, keunggulan utama dari mengikuti bimbel online adalah kamu tidak harus datang ke tempatnya langsung! Ketika mempertimbangkan soal lokasi, pasti juga kamu akan memikirkan soal transportasi. Ketika memikirkan soal transportasi, perkara ongkos juga pasti ikut terpikirkan. 

Terima kasih kepada pesatnya perkembangan teknologi, kini kamu tidak perlu lagi repot memikirkan soal hal-hal di atas! Dengan mengikuti bimbel online, kamu bisa mengikuti kelas kapanpun dan dimanapun melalui perangkat gadget yang kamu miliki. Proses pembelajarannya juga tidak jauh berbeda kok dengan offline, hanya termediasi saja!

Teman-teman, apakah kalian sudah tahu kalau kini Brain Academy hadir dalam bentuk online? Bagi kamu yang rumahnya jauh dari lokasi cabang Brain Academy, bisa banget lho bergabung dengan Brain Academy Online

Baca juga: 7 Keunggulan Bimbel Online Untuk Anak

2. Bisa Menonton Ulang Video Pelajaran

Masih kurang paham dengan materi? Atau kurang fokus saat tutor menjelaskan? Tenang, kamu bisa kok menonton siaran ulangnya! Apa lagi di Brain Academy Online, kami menyediakan fitur ‘riwayat live’ yang mengizinkan kamu untuk mengakses video kelas live teaching dari sesi sebelumnya.

menonton siaran ulang video mengajar

Siswa dapat menonton siaran ulang dari kelas bimbel online (sumber: michiganvirtual.org)

3. Praktis, Fleksibel dan Irit

Keuntungan lain yang dirasakan berkat perkembangan teknologi yakni memudahkan kita dalam melakukan komunikasi dua arah. Layaknya melakukan bimbel tatap muka, kamu juga bisa berdiskusi secara langsung dengan tutor. Tidak hanya kelas interaktif, Brain Academy Online memiliki fitur ‘Klinik PR’ dan ‘Konseling’, di mana kamu bisa melakukan konsultasi 1-on-1 dengan Star MT terkait topik-topik pembelajaran.

Kelebihan Bimbel Brain Academy Offline

1. Sesi Belajar Dilakukan Secara Tatap Muka dan Terjadwal

Proses bimbel offline sudah pasti dilakukan secara intensif dan tatap muka dengan tutor, sehingga mengharuskan kamu untuk hadir di ruang belajar. Bimbel yang dilakukan secara tatap muka tentunya memudahkan kamu untuk bertanya ketika tidak paham tentang topik tertentu. Selain itu, bimbel offline memiliki jadwal belajar yang fix, sehingga melatih kedisiplinan kamu untuk hadir on time.

Berbeda dengan bimbel offline konvensional lainnya, Brain Academy turut memanfaatkan teknologi selama proses belajar mengajar. Brain Academy menyajikan berbagai materi pelajaran dalam bentuk animasi interaktif yang dapat membantu proses pembelajaran.

Baca Juga: Bimbingan Belajar Abad 21 dengan Brain Academy

2. Berdiskusi Secara Langsung Dengan Tutor

Tidak semua orang memiliki daya serap yang sama, maka dari itu, diskusi  langsung dengan tutor menjadi solusinya. Cara ini memudahkan kamu untuk lebih paham tentang suatu materi yang menurut kamu kurang jelas atau sulit. Melalui diskusi 1-on-1 langsung, kamu bisa meminta tolong kepada tutor untuk menjelaskannya secara perlahan hingga kamu paham.

melakukan konsultasi dengan tutorSiswa dapat melakukan diskusi 1-on-1 dengan tutor (sumber: practices.learningaccelerator.org)

3. Mengatasi Kebosanan

Keuntungan selanjutnya yaitu bertemu dengan teman-teman baru! Selain  meningkatkan kemampuan bersosial, hal ini dapat menghilangkan rasa jenuh dan lelah setelah bersekolah. Kamu bisa bertukar cerita, makan siang bersama, atau survei kampus dengan mereka. Udah kebayang 'kan gimana serunya? Nah, buat kamu yang masih malu-malu, mengikuti bimbel offline bisa melatih kepercayaan diri untuk bertemu orang banyak lho.

4. Lebih Konsentrasi

WhatsApp Image 2021-06-22 at 10.10.35 AM (1)

Meskipun praktis, siswa bisa saja mengalami kendala saat mengikuti bimbel online. Seperti sinyal WiFi yang lemah atau suasana rumah yang berisik. Jika kamu memilih bimbel offline, kondisi tadi tak akan kamu temui. Kegiatan belajar pun jadi lebih fokus. Ruang kelas Brain Academy Offline dibuat senyaman mungkin dengan fasilitas modern yang mendukung proses pembelajaran siswa. Tentunya dengan protokol kesehatan yang aman ya.

---

Mau bimbel online atau offline, semuanya memiliki kelebihan tersendiri. Nah, kalau kamu kangen suasana belajar di kelas, ini saat yang tepat buat nyobain Brain Academy by Ruangguru. Didukung oleh fasilitas modern, modul lengkap, dan STAR Master Teacher berpengalaman pastinya bikin suasana belajar makin asyik dan cepat paham. Yuk, ajak yang lain ikutan!

BA offline

Referensi:

Rezvan Prayoga. Brain Academy: Ketika Bimbel Offline dan Online jadi satu. goodnewsfromindonesia.id. 19 Juli 2019. [Daring]. Tautan: https://www.goodnewsfromindonesia.id/2019/07/19/brain-academy-ketika-bimbel-offline-dan-online-jadi-satu (Diakses: 18 Desember 2020)

Sumber Gambar:

Siswa dapat menonton siaran ulang dari kelas bimbel online. [Daring]. Tautan: https://michiganvirtual.org/blog/research-study-do-orientation-modules-contribute-to-student-success-in-the-online-classroom/ (Diakses; 18 Desember 2020)

Artikel ini telah diperbarui pada 13 November 2021.

 

Profile

Tiara Syabanira Dewantari

Freelance writer at Brain Academy. My life consist of kucing, koyo, and K-pop.