Yuk Kenalan dengan 5 Beasiswa Luar Negeri yang Bergengsi di Indonesia

Elisabeth Garnistia Jan 23, 2021 • 13 min read


20012021_Yuk_kenalan_dengan_4_Beasiswa_HEADER_BLOG_Draft1

Artikel ini akan membahas tentang 5 beasiswa bergengsi yang ditawarkan oleh pemerintah luar negeri untuk siswa dan mahasiswa Indonesia

--

Untuk kamu yang sekarang berada di kelas 12 SMA atau mahasiswa semester akhir, pernah gak sih terbayangkan kalau kamu bisa melanjutkan pendidikan kamu di luar negeri?

Kira-kira seperti apa ya rasanya kuliah di tempat yang jauh, belajar bahasa baru, budaya baru, dan berkenalan dengan teman baru berbeda budaya?

Pasti rasanya seru untuk mencoba pengalaman yang belum pernah kamu rasakan sebelumnya. Nah, pada artikel ini akan menampilkan beberapa pilihan beasiswa luar negeri yang bergengsi di Indonesia.

Emang apa bedanya dengan beasiswa-beasiswa luar negeri lainnya? 

Beasiswa-beasiswa ini terkenal dengan banyak peminat di seluruh Indonesia pada setiap pendaftarannya. Bukan hanya itu aja, kebanyakan dari beasiswa bergengsi ini memfasilitasi biaya dari biaya kuliah, akomodasi, hingga biaya hidup sehari-hari juga, lho!

Eits sebelum semakin penasaran, yuk langsung aja kenalan dengan 5 beasiswa luar negeri yang bergengsi di Indonesia.

 

1. Chevening Scholarship


Beasiswa CheveningAlumni Chevening Indonesia (Sumber: Website Chevening)

Beasiswa Chevening adalah beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah United Kingdom (Inggris, Skotlandia, Wales, Irlandia Utara) untuk 160 negara di dunia termasuk Indonesia. Pemerintah UK membuka seluas-luasnya kesempatan untuk belajar di negaranya agar banyak mahasiswa di seluruh dunia dapat merasakan kesempatan belajar di UK.

Beasiswa ini diperuntukan oleh lulusan S1 yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang lebih tinggi yaitu S2 (master degree) yang hanya membutuhkan waktu 1 tahun masa tempuh pendidikan saja. 

Beasiswa Chevening menyediakan tunjangan penuh untuk biaya perkuliahan, tunjangan hidup per bulan, akomodasi, lalu biaya perjalanan pulang-pergi, biaya visa, dan terakhir biaya untuk menghadiri acara Chevening. 

Kamu juga akan bisa mendapatkan peluang untuk magang atau menjadi sukarelawan di negara yang kamu tinggali. 

Persyaratan yang diperlukan untuk mendaftar beasiswa Chevening adalah merupakan warga negara Indonesia, memiliki gelar sarjana dengan predikat upper second class (setara dengan IPK 3.33-3.67), memiliki pengalaman kerja minimal 2.800 jam. 

Kalau kamu memiliki ketertarikan pada beasiswa ini, kamu bisa pergi ke laman resmi chevening.org untuk melihat persyaratan dan data-data yang diperlukan untuk mendaftar beasiswa ini.

2. Mext Scholarship 

Beasiswa MEXT

Beasiswa Mext (Sumber: satdusat.wordpress.com)

Beasiswa ini disediakan oleh pemerintah Jepang bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan S1 maupun S2 di Jepang. Yang lebih asyiknya lagi, kamu tidak perlu lancar berbahasa Jepang untuk mendaftar beasiswa ini, namun memang disarankan untuk bisa berbahasa Jepang minimal dasar. 

Program beasiswa Mext ini menawarkan program beasiswa yang beragam, tergantung pada kebutuhan dan tujuan si pelamar.  Pertama ada Program Research Student khusus diperuntukan bagi lulusan perguruan tinggi yang ingin mengejar pendidikan lanjut di Jepang. Selanjutnya, program Undergraduate, College of Technology and Professional Training College diperuntukan bagi lulusan SMA yang mau melanjutkan kuliah di Jepang, dan terakhir  Program Japanese Study yang diperuntukan bagi mahasiswa yang kuliah di jurusan bahasa Jepang. 

Persyaratan beasiswa Mext bisa bermacam-macam, tergantung pada program beasiswa apa yang dipilih. Kalau kamu tertarik dengan beasiswa Mext ini, kamu bisa langsung melihat laman resmi Mext Scholarship https://www.mext.go.jp/  untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai program yang kamu incar. 

Baca Juga: Kuliah di Korea Selatan dengan Beasiswa KAIST 2020

3. Beasiswa StuNed

Penerima beasiswa StunedPenerima Beasiswa StuNed (Sumber: kalderanews.com)

Beasiswa StuNed adalah beasiswa yang disediakan oleh pemerintah Belanda bagi lulusan sarjana (S1)  Indonesia yang sedang mencari kesempatan untuk kuliah magister (S2) di Belanda. 

Beasiswa StuNed menawarkan tiga program beasiswa yang meliputi program Master, Short Course, dan Tailor-Made Training. Masa studi magister di Belanda juga terhitung cepat, hanya sekitar 12-24 bulan saja kamu sudah bisa menyelesaikan program magister di Belanda. 

Beasiswa ini menawarkan beberapa keuntungan, seperti uang kuliah sebesar Euro 20.000 selama setahun, biaya hidup selama di Belanda, biaya perjalanan (internasional maupun lokal), dan biaya lain-lain sesuai dengan kebutuhan studi. 

Persyaratan beasiswa yang harus kamu penuhi adalah pertama harus memiliki IPK minimal 3,00 dari skala 4,00, selanjutnya harus mempunyai kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni dengan dibuktikan oleh score IELTS minimal 6,0.

Kesempatan beasiswa ini juga terbuka bagi fresh graduate di Indonesia juga lho Yuk daftar!

4. Beasiswa Erasmus Mundus

Beasiswa Erasmus MundusBeasiswa Erasmus Mundus (Sumber: Website opportunitiescorners)

Beasiswa Erasmus Mundus adalah program beasiswa yang diadakan oleh pemerintah negara Uni Eropa. Beasiswa ini diadakan untuk mahasiswa melakukan pelatihan, riset, belajar, atau mengajar di salah satu universitas. 

Beasiswa ini menawarkan beberapa program, pertama program beasiswa pascasarjana S2 atau program Erasmus Mundus Joint Master Degree, kedua program beasiswa PhD atau research fellowship program Marie Sklodowska-Curie Action, dan terakhir yaitu program Scholar yang diperuntukan oleh para peneliti atau akademis yang ingin melakukan tugas penelitian, pengajaran pada mahasiswa program S2 Erasmus Mundus selama 3 bulan.

Keuntungan yang akan kamu dapatkan selama menjalani program beasiswa ini adalah kamu akan mendapatkan sekitar € 24.000 atau €48.000 per mahasiswa/tahun untuk program S2 sesuai dengan lama waktu studi yang ditempuh. 

Lalu untuk program S3 akan mendapatkan tunjangan perjalananan sebesar € 7.500, biaya kuliah tanpa tugas laboratorium sebesar €10.800, atau dengan tugas laboratorium sebesar €21.600 masing-masing untuk 36 bulan. 

Selanjutnya untuk program Scholar akan diberikan dana sebesar €14.800/orang dalam 3 bulan untuk membiayai akomodasi, biaya perjalanan, dan tunjangan bulanan.

Persyaratan untuk mendaftar beasiswa ini tidak terlalu sulit, asal kamu tidak terdaftar sebagai penduduk di negara anggota Uni Eropa, telah menyelesaikan pendidikan tingkat S1, belum pernah berkuliah atau bekerja selama lebih dari 12 bulan di negara Uni Eropa pada 5 tahun terakhir, memiliki pengalaman profesional atau akademik yang sangat baik. 

Kamu bisa melihat persyaratan dan keuntungan beasiswa Erasmus Mundus lebih lanjut dengan membidang Humaniora, Seni, Ilmu Sosial, STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics), dan Kesehatan.buka laman resmi beasiswa Erasmus Mundus https://eacea.ec.europa.eu/.

Baca Juga: 5 Beasiswa di National University of Singapore, Mahasiswa Indonesia Wajib Coba!

5. FulBright Scholarship

Beasiswa Fulbright AmerikaBeasiswa FulBright Amerika (Sumber: indbeasiswa.com)

Siapa sih yang gak tau beasiswa terkenal ini? Beasiswa yang dikelola oleh AMINEF (badan yang mengurusi pertukaran pelajar Amerika-Indonesia) ini menyediakan dua program beasiswa unggulan, diantaranya Fulbright Master’s Degree Program, yaitu program yang dikhususkan untuk S2, dan Fulbright PhD Degree Program, yaitu program yang dikhususkan untuk S3 atau PhD.  

Beasiswa ini menawarkan program beasiswa secara penuh selama 1-2 tahun bagi program master dan tiga tahun bagi program PhD (S3). Fasilitas lainnya yang akan kamu dapatkan dari beasiswa ini meliputi tiket pesawat pulang-pergi, pendanaan biaya hidup, kuliah, dan lain-lain, asuransi kesehatan dan kecelakaan, dan dukungan visa J-1. 

Syarat spesifik untuk pendaftaran beasiswa Fulbright yaitu, kamu harus memiliki ijazah S1 atau S2, minimum mempunyai ipk 3,0 dari 4,0, dan terakhir  kamu harus memiliki TOEFL ITP score minimal 550 untuk program master dan 570 untuk program PhD. Untuk persyaratan pendaftaran lebih lanjut kamu bisa membuka laman resmi www.aminef.or.id. 

Persyaratannya tidak terlalu sulit kan? Yuk didaftar!

Nah setelah membaca beberapa beasiswa luar negeri yang bergengsi  di Indonesia, kira-kira kamu bakal mendaftar beasiswa yang mana, nih? Yuk persiapkan nilai akademik mu sebaik- baik untuk mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri.

Kalau kamu masih ragu dan kurang PD dengan nilaimu, yuk bimbel di Brain Academy Online aja! Brain Academy akan selalu siap membantumu meraih beasiswa bergengsi di Indonesia. 

BA online

 

Referensi: 

Indonesia Chevening Scholarship. Tautan: https://www.chevening.org/scholarship/indonesia/ (daring). (Diakses: 5 Desember 2021). 

Beasiswa Chevening 2021 Kuliah S2 di Inggris FULL Scholarship. Tautan: https://indbeasiswa.com/2020/09/beasiswa-chevening-kuliah-s2-inggris.html (daring). (Diakses: 5 Januari 2021). 

Beasiswa Chevening. Tautan: https://study-uk.britishcouncil.org/id/beasiswa-pendanaan/chevening (daring). (Diakses: 5 Januari 2021). 

Beasiswa Fulbright 2021 untuk Kuliah S2 – S3 di USA FULL Scholarship. Tautan: https://indbeasiswa.com/2020/12/beasiswa-fulbright-s2-s3-amerika.html (daring). (Diakses: 22 Januari 2021). 

Types of Japanese Government (Monbukagakusho) Scholarships. Tautan: https://www.studyinjapan.go.jp/en/planning/scholarship/types/. (daring). (Diakses: 5 Januari 2021). 

Eligibility Requirements. Tautan: https://www.studyinjapan.go.jp/en/planning/scholarship/requirements/ (daring).. (Diakses: 5 Januari 2021). 

BEASISWA MONBUKAGAKUSHO/ MEXT (Beasiswa Pemerintah Jepang). https://www.id.emb-japan.go.jp/sch.html.

StuNed: Membangun Indonesia dengan Sumber Daya Manusia Berdaya Saing Global. https://www.nesoindonesia.or.id/beasiswa/stuned (Daring). (Diakses: 5 Januari 2021). 

Yuk Cari Tahu Tentang StuNed!. 5 Januari 2021. Tautan: https://ehef.id/post/yuk-cari-tahu-tentang-stuned (daring). (Diakses: 5 Januari 2021). 

Erasmus+. 15 Desember 2015. Tautan: https://www.nesoindonesia.or.id/beasiswa/beasiswa-lainnya/erasmus (daring). (Diakses: 5 Januari 2021). 

Fulbright Master's Degree Scholarship. Tautan: https://www.aminef.or.id/grants-for-indonesians/fulbright-programs/scholarship/fulbright-masters-degree-scholarship/ (daring). (Diakses: 22 Januari 2021). 

Mencari Tahu Apa Itu Beasiswa Erasmus Mundus LEADERS. 5 Januari 2021. Tautan: https://ehef.id/post/mencari-tahu-apa-itu-beasiswa-erasmus-mundus-leaders(daring) . (Diakses: 5 Januari 2021)

Beasiswa Erasmus+ untuk Kuliah S2 dan S3 di Berbagai Negara Uni Eropa. 18 Desember 2018. Tautan: https://blog.schoters.com/beasiswa-erasmus/(daring). (Diakses: 5 januari 2021). 

Sumber Gambar: 

Alumni Chevening Indonesia. Tautan: https://www.chevening.org/alumni/ (daring). (Diakses: 5 Januari 2021). 

Penerima Beasiswa Stuned. Tautan: https://www.wartaekonomi.co.id/read228468/nuffic-nesso-sambut-para-penerima-beasiswa-stuned-master-2019 (daring). (Diakses: 5 Januari 2021). 

Beasiswa Mext. Tautan:  https://satdusat.wordpress.com/2019/12/28/pengalaman-seleksi-beasiswa-monbukagakusho-mext-s1-2020/ (daring). (Diakses: 5 Januari 2021). 

Beasiswa Erasmus Mundus. Tautan: https://www.kalderanews.com/2020/01/deadline-beasiswa-stuned-3-maret-2020-simak-bidang-bidang-prioritas-berikut-ini/ (daring). (Diakses: 5 Januari 2021).

Beasiswa FulBright Amerika. Tautan: https://indbeasiswa.com/2017/02/beasiswa-fulbright-kuliah-di-usa.html (daring). (Diakses: 22 Januari 2021). 

Beri Komentar