Syarat dan Ketentuan Layanan Brain Academy Online

Syarat dan Ketentuan Layanan Brain Academy Online

Syarat dan ketentuan layanan Brain Academy Online ini berlaku efektif sejak 14 November 2022.

Kami berterima kasih atas kepercayaan Anda terhadap fitur Layanan Brain Academy Online dalam Aplikasi Ruangguru. Mohon luangkan waktu Anda untuk membaca keseluruhan Syarat dan Ketentuan Layanan Brain Academy Online by Ruangguru (“Syarat dan Ketentuan Layanan Brain Academy Online”) ini.

 

Syarat dan Ketentuan Layanan Brain Academy Online ini merupakan satu kesatuan dan bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan Aplikasi Ruangguru (“Syarat dan Ketentuan Aplikasi Ruangguru”) dan Kebijakan Privasi (“Kebijakan Privasi”). Dengan menggunakan Layanan Brain Academy Online, Anda akan dianggap telah membaca, memahami dan menyetujui Syarat dan Ketentuan Layanan Brain Academy Online ini. Oleh karenanya, jika Anda tidak menyetujui bagian apapun dari Syarat dan Ketentuan Layanan Brain Academy ini, mohon agar tidak melanjutkan penggunaan Layanan Brain Academy Online.

 

  • ISTILAH UMUM

Kecuali didefinisikan secara khusus di bawah ini dan pada bagian lain dari Syarat dan Ketentuan Layanan Brain Academy Online ini, istilah-istilah dalam huruf kapital yang digunakan dalam Syarat dan Ketentuan Layanan Brain Academy Online ini harus ditafsirkan sesuai dengan istilah yang ada di dalam Syarat dan Ketentuan Aplikasi Ruangguru.

“Layanan Brain Academy Online” adalah sebuah layanan kursus dan bimbingan belajar yang dilakukan secara daring bagi Siswa di jenjang pendidikan sekolah dasar (SD) di jenjang kelas 3 sampai 6, sekolah menengah pertama (SMP), dan sekolah menengah atas (SMA) serta untuk mempersiapkan Siswa menghadapi Ujian Masuk Perguruan Tinggi.

Siswa” adalah Pengguna yang memiliki peran sebagai Siswa dalam Layanan Brain Academy Online.

Star Master Teacher” adalah individu dengan kualifikasi pengajar yang disediakan oleh Kami atau afiliasi Kami untuk berperan sebagai tenaga pendidik khusus untuk kelas Live Teaching dalam Layanan Brain Academy Online.

Live Teaching” adalah sesi pembelajaran khusus bersama dengan Star Master Teacher yang dapat diakses oleh Pengguna dan/atau Siswa Layanan Brain Academy Online melalui aplikasi Ruangguru berkaitan dengan paket pembelajaran atas nama  Pengguna dan/atau Siswa terkait.

Guru” atau “Master Teacher” adalah individu dengan kualifikasi pengajar selain Star Master Teacher yang disediakan oleh Kami atau afiliasi Kami untuk berperan sebagai tenaga pendidik dalam Layanan Brain Academy Online.

Student Advisor” adalah individu yang disediakan oleh Kami atau afiliasi Kami untuk berperan sebagai tenaga pendamping Siswa perihal teknis pembelajaran dan penggunaan fasilitas dalam Layanan Brain Academy Online.

Konselor” adalah individu yang disediakan oleh Kami atau afiliasi Kami dengan kualifikasi khusus dan berperan memberikan layanan bimbingan dan konseling kepada Siswa dalam Layanan Brain Academy Online.

Perguruan Tinggi Negeri” yang selanjutnya disingkat “PTN” adalah Perguruan Tinggi yang didirikan dan/atau diselenggarakan oleh Pemerintah.

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi” yang selanjutnya disingkat “SNBP” adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang ditentukan berdasarkan hasil prestasi akademik dan/atau nonakademik.

Ujian Tertulis Berbasis Komputer/Seleksi Nasional Berdasarkan Tes” yang selanjutnya disingkat “UTBK/SNBT” adalah tes masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang diselenggarakan oleh Kementerian terkait melalui Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) yang bekerja sama dengan PTN  dan merupakan syarat utama serta menjadi penentu dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

Ujian Mandiri PTN” adalah tes masuk ke PTN yang diselenggarakan secara mandiri oleh PTN yang bersangkutan.

Tryout UTBK/SNBT 2023” adalah latihan soal tes skolastik yang berisi tes untuk mengukur potensi kognitif, penalaran matematika, literasi dalam bahasa Indonesia, dan literasi dalam bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh Ruangguru.

“Kelas Elite” adalah kelas yang hanya bisa diakses oleh Pengguna Layanan Brain Academy Online paket Elite sebagai tambahan fasilitas belajar di luar Live Teaching.  

 

  • KETENTUAN LAYANAN

 

1. Ketentuan Cicilan

Pengguna atau Siswa yang transaksinya memenuhi syarat yang berlaku pada Layanan Brain Academy Online dapat membayar paket pembelajaran dengan metode cicilan. Pilihan tenor tersedia dalam 2 (dua) kali, 3 (tiga) kali, dan 4 (empat) kali pembayaran, dengan ketentuan sebagai berikut:

 

A. Lunas (1x pembayaran)

  1. Biaya total adalah biaya sebelum dikurangi diskon.
  2. Biaya yang perlu dibayarkan lunas adalah biaya setelah dikurangi diskon.
  3. Setelah melunasi pembayaran, Pengguna dapat menggunakan Layanan Brain Academy Online sampai masa berlaku Layanan Brain Academy Online yang dibeli oleh Pengguna berakhir.

 

B. Cicilan 2x (dua kali) pembayaran

 

  1. Biaya total adalah biaya sebelum dikurangi diskon.
  2. Rasio biaya pembayaran pertama adalah sebesar 60% (enam puluh persen) dari biaya total setelah dikurangi diskon.
  3. Rasio cicilan kedua yang harus dibayarkan adalah sebesar biaya total setelah dikurangi diskon dan dikurangi biaya pembayaran pertama.
  4. Tanggal jatuh tempo untuk pembayaran termin kedua adalah 60 (enam puluh) hari setelah biaya pembayaran termin pertama dibayarkan.
  5. Setelah melunasi pembayaran pertama, Pengguna dapat menggunakan Layanan Paket Brain Academy Online sampai masa berlaku Layanan Brain Academy Online yang dibeli oleh Pengguna berakhir.

 

C. Cicilan 3x (tiga kali) pembayaran

 

  1. Biaya total adalah biaya sebelum dikurangi diskon. 
  2. Rasio biaya pembayaran pertama adalah sebesar 60% (enam puluh lima persen) dari biaya total setelah dikurangi diskon.
  3. Rasio cicilan kedua yang harus dibayarkan adalah sebesar 20% (dua puluh persen) dari biaya total setelah dikurangi diskon.
  4. Rasio cicilan ketiga yang harus dibayarkan adalah sebesar 20% (dua puluh persen) dari biaya total setelah dikurangi diskon.
  5. Tanggal jatuh tempo untuk pembayaran termin kedua adalah 60 (enam puluh) hari setelah pembayaran cicilan pertama dibayarkan.
  6. Tanggal jatuh tempo untuk pembayaran termin ketiga adalah 30 (tiga puluh) hari setelah pembayaran cicilan kedua dibayarkan.
  7. Setelah melunasi pembayaran pertama, Pengguna dapat menggunakan Layanan Paket Brain Academy Online sampai masa berlaku Layanan Brain Academy Online yang dibeli oleh Pengguna berakhir.

 

D. Cicilan 4x (empat kali) pembayaran

 

  1. Biaya total adalah biaya sebelum dikurangi diskon.
  2. Rasio biaya pembayaran pertama adalah sebesar 50% (lima puluh persen) dari biaya total setelah dikurangi diskon.
  3. Rasio cicilan kedua yang harus dibayarkan adalah sebesar 20% (dua puluh persen) dari biaya total setelah dikurangi diskon.
  4. Rasio cicilan ketiga yang harus dibayarkan adalah sebesar 20% (dua puluh persen) dari biaya total setelah dikurangi diskon.
  5. Rasio cicilan keempat yang harus dibayarkan adalah sebesar 10% (sepuluh persen) dari biaya total setelah dikurangi diskon.
  6. Tanggal jatuh tempo untuk pembayaran termin kedua, ketiga, dan keempat adalah 30 (tiga puluh) hari setelah biaya pembayaran termin sebelumnya dibayarkan.
  7. Khusus untuk pembelian paket multi-year dengan tenor 4 (empat) kali pembayaran, tanggal jatuh tempo untuk pembayaran termin kedua dan ketiga adalah 60 (enam puluh) hari setelah biaya pembayaran termin sebelumnya dibayarkan, sedangkan termin keempat adalah 30 (tiga puluh) hari setelah biaya pembayaran termin sebelumnya dibayarkan.
  8. Setelah melunasi pembayaran pertama, Pengguna dapat menggunakan Layanan Paket Brain Academy Online sampai masa berlaku Layanan Brain Academy Online yang dibeli oleh Pengguna berakhir.

    Pengguna yang memilih opsi pembayaran dengan metode cicilan, akan menerima pemberitahuan tagihan pembayaran. Pemberitahuan tagihan disampaikan melalui jalur komunikasi yang terdaftar dalam database Layanan Brain Academy Online, seperti WhatsApp, surat elektronik, maupun layanan pesan pendek, serta pop-up di aplikasi Ruangguru.

    Pengguna yang tidak memenuhi kewajiban pembayaran setelah melewati tanggal jatuh tempo yang ditentukan akan berakibat sebagai berikut:

 

  1. Fasilitas belajar akan menjadi tidak aktif pada tanggal jatuh tempo pembayaran cicilan, sehingga Pengguna tidak bisa mengikuti aktivitas pembelajaran pada Layanan Brain Academy Online sampai kewajiban cicilan Pengguna tersebut dipenuhi.
  2. Fasilitas Layanan Ruangbelajar pada Aplikasi Ruangguru akan menjadi tidak aktif pada tanggal jatuh tempo cicilan, sehingga Pengguna tidak bisa menggunakan fitur berbayar pada Layanan Ruangbelajar hingga kewajiban pembayaran cicilan Pengguna dipenuhi.

 

2. Ketentuan Pengembalian Dana

Pengguna memiliki hak atas pengembalian dana apabila:

 

  1. Mengalami kerugian yang disebabkan oleh kesalahan dalam sistem milik Ruangguru dan/atau Layanan Brain Academy Online, yang menyebabkan error dalam transaksi pembayaran;
  2. Salah memasukkan nominal pembayaran ketika melakukan transfer pembayaran, yang mana setelahnya Pelanggan melakukan pemberitahuan terlebih dahulu melalui Whatsapp Ruangguru +6281578200000 atau +6281575890000.

    Kami tidak memiliki kewajiban untuk mengembalikan dana yang telah dibayarkan oleh Pengguna apabila permohonan pengembalian dana dilakukan berdasarkan alasan ketidakcocokan sistem pengajaran dan/atau alasan lain selain alasan yang kami sebutkan di atas.

    Sehubungan dengan hal di atas, Pengguna telah mengetahui dan menyepakati hal-hal sebagai berikut:

  1. Dengan melakukan transaksi pembayaran, Pengguna dianggap telah menyetujui dan memahami segala metode Layanan Brain Academy Online dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Termasuk dalam hal ini juga peran Guru, pengajar, maupun fasilitator di dalam lingkup pembelajaran Layanan Brain Academy Online.
  2. Untuk menghindari faktor ketidakcocokan antara Pengguna dengan metode belajar mengajar Layanan Brain Academy Online, calon Pengguna dapat memanfaatkan program free trial class yang disediakan oleh Layanan Brain Academy Online.

    Pengembalian dana sebagaimana dimaksud di atas dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut:

 

  1. Permohonan pengembalian dana oleh Pengguna diproses selambat-lambatnya dalam 20 (dua puluh) hari kerja sejak permohonan pengembalian dana berikut dengan seluruh bukti-bukti yang dibutuhkan telah diterima secara lengkap oleh Kami.
  2. Permohonan pengembalian dana dilakukan dengan turut menyertakan bukti-bukti yang diperlukan atas alasan permohonan pengembalian dana melalui Whatsapp Ruangguru, seperti nomor rekening, hasil pindai dan/atau fotokopi buku tabungan, surat keterangan kesehatan, surat kematian, dan sebagainya.
  3. Pengembalian dana kepada Pengguna hanya dapat dikirim oleh Kami melalui rekening atau transfer bank.

    Ketentuan Pengembalian Dana ini tidak berlaku pada pengembalian dana pada Paket Brain Academy Online Elite UTBK/SNBT Bergaransi, Paket Brain Academy Online Elite UTBK/SNBT dan Ujian Mandiri Bergaransi, Paket Brain Academy Online Elite Kedokteran Bergaransi, dan Paket Brain Academy Online Elite SMA + UTBK/SNBT Bergaransi sebagaimana diatur dalam bagian B angka 5, 6, dan 7 Syarat dan Ketentuan Layanan Brain Academy Online ini.

 

3. Ketentuan Klinik PR 

 

  1. Klinik PR merupakan tambahan sesi belajar yang disediakan oleh Layanan Brain Academy Online, di mana Siswa dapat bertanya sehubungan dengan PR/materi yang tidak dimengerti dengan eksklusif secara online (via Google Meet) bersama Master Teacher Layanan Brain Academy Online.
  2. Klinik PR terjadwal mingguan (Pengguna dan/atau Siswa  tidak bisa melakukan permohonan hari/jam secara mendadak).
  3. Siswa bisa menggunakan layanan Klinik PR selama tersedia slot Klinik PR dengan Master Teacher melalui pilihan booking slot di aplikasi Ruangguru.
  4. Siswa wajib menyesuaikan dengan slot yang diadakan per minggu. Siswa bisa melihat jadwal per minggu untuk menentukan pilihan jadwal Klinik PRnya.
  5. Slot Klinik PR yang tersedia selalu dipublikasikan ke Siswa setiap minggu dan bisa diakses di aplikasi, sehingga Siswa bisa menentukan pilihan jadwal Klinik PR sesuai kebutuhannya berdasarkan informasi tersebut.

    Aturan book Klinik PR mengikuti jadwal berikut ini:

 

  1. Gelombang 1: Dari Sabtu jam 13.00 WIB sampai Selasa jam 15.59 WIB  (pemilihan jadwal klinik hanya bisa dilakukan 2 (dua) kali).
  2. Gelombang 2: Dari Selasa jam 16.00 WIB sampai Sabtu 12.59 WIB (pemilihan jadwal klinik bisa dilakukan lebih dari 1 (satu) kali bebas asal slot tidak penuh).

 

4. Ketentuan Pengiriman Modul 

 

  1. Siswa yang berhak untuk mendapatkan modul digital dari Layanan Brain Academy Online adalah semua Siswa yang sudah terdaftar mengikuti bimbingan belajar di Layanan Brain Academy Online dan telah menyelesaikan kewajiban pembayaran biaya bimbingan, baik lunas maupun cicilan pertama.
  2. Siswa yang berhak untuk mendapatkan modul cetak dari Layanan Brain Academy Online adalah Siswa yang sudah terdaftar mengikuti bimbingan belajar di Layanan Paket Brain Academy Online Elite dan telah menyelesaikan kewajiban pembayaran biaya bimbingan, baik lunas maupun cicilan pertama.
  3. Modul cetak akan dikirimkan langsung ke alamat domisili Siswa menggunakan jasa pengiriman.
  4. Modul dapat diterima Siswa paling lambat pada 30 (tiga puluh) hari kerja setelah pembayaran dilakukan oleh Siswa yang bersangkutan dan akan dihubungi oleh Student Advisor serta mendapat push notification melalui aplikasi untuk konfirmasi alamat.
  5. Apabila modul yang diterima oleh siswa mengalami kerusakan maka Siswa dapat mengkonfirmasi ke Student Advisor Layanan Brain Academy Online dengan mengirimkan bukti kerusakan modul sehingga modul baru dapat dikirimkan atau diberikan ke Siswa yang bersangkutan.

 

5. Ketentuan Garansi Paket Brain Academy Online Elite UTBK/SNBT Bergaransi & Paket Brain Academy Online Elite SMA + UTBK/SNBT Bergaransi

Paket Brain Academy Online Elite UTBK/SNBT Bergaransi & Paket Brain Academy Online Elite SMA + UTBK/SNBT Bergaransi adalah paket layanan bimbingan belajar yang khusus diadakan untuk mempersiapkan Siswa dalam menghadapi UTBK dan selanjutnya digunakan untuk mendaftarkan diri dalam SNBT yang diadakan pada tahun 2023. Paket Brain Academy Online Elite UTBK/SNBT & Paket Brain Academy Online Elite SMA + UTBK/SNBT Bergaransi menyediakan layanan Live Teaching, Kelas Elite, fasilitas tryout dan bimbingan/konsultasi secara langsung dengan Konselor guna membantu menentukan pilihan jurusan dan PTN pada UTBK/SNBT yang diadakan pada tahun 2023. 

Pengguna memiliki hak atas garansi pengembalian dana Paket Brain Academy Online Elite UTBK/SNBT Bergaransi atau Paket Brain Academy Online Elite SMA + UTBK/SNBT Bergaransi apabila:

 

  • Siswa tidak lolos UTBK/SNBT 2023 atas seluruh Jurusan/Program Studi dan PTN yang dipilih Siswa pada UTBK/SNBT 2023;
  • Siswa wajib melakukan konsultasi pilihan jurusan dan PTN dengan Konselor yang disediakan dalam Paket Brain Academy Online Elite UTBK/SNBT Bergaransi atau Paket Brain Academy Online Elite SMA + UTBK/SNBT Bergaransi, di mana:
    1. Siswa wajib mengikuti tes minat bakat maksimal 1 (satu) bulan setelah siswa berlangganan dan setelahnya wajib melakukan konsultasi terkait hasil tes tersebut dengan tim Konselor Brain Academy Online;
    2. Siswa dianjurkan mengikuti rasionalisasi SNBP yang dapat diakses melalui Aplikasi Ruangguru;

 

  • Siswa wajib memberikan konfirmasi mengenai rencana semua pilihan jurusan dan PTN  pada UTBK/SNBT 2023 kepada Student Advisor dengan mempertimbangkan hasil tes minat bakat dan konsultasi dengan Konselor sebagaimana sesuai dengan poin b 1) di atas;
  • Siswa telah mengikuti semua Tryout UTBK/SNBT 2023 yang diadakan di Ruangguru setelah berlangganan dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:
    1. Siswa telah mengerjakan Tryout UTBK/SNBT 2023 dengan terlebih dahulu memasukkan pilihan utama jurusan/program studi dan PTN sesuai dengan pilihan jurusan/program studi dan PTN yang sudah dikonfirmasi ke Student Advisor sebelumnya sebagaimana sesuai dengan poin c di atas.
    2. Apabila Siswa ingin mengganti salah satu atau semua pilihan jurusan/program studi dan PTN, maka Siswa wajib:

      a) Melakukan konsultasi dengan Konselor kembali terkait pergantian jurusan/program studi tersebut dengan mempertimbangkan hasil tes minat bakat dan seluruh hasil tryout yang sudah dikerjakan sebelumnya;

      b)  Melakukan konfirmasi ke Student Advisor kembali selambat-lambatnya maksimal sebelum 3 (tiga) tryout terakhir yang diselenggarakan oleh Ruangguru  dalam rangka persiapan UTBK/SNBT 2023.

 

  • Siswa telah melakukan konfirmasi ke Student Advisor kembali maksimal pada hari terakhir pendaftaran dan/atau pemilihan jurusan/program studi UTBK/SNBT 2023 sesuai jadwal yang ditentukan oleh BP3 terkait seluruh jurusan/program studi dan PTN yang dipilih Siswa pada periode UTBK/SNBT 2023 tersebut dengan turut menyertakan bukti pemilihan dan/atau pendaftaran terkait;

dan

 

  • Hasil rasionalisasi nilai untuk minimum 2 (dua) dari 3 (tiga)  tryout terakhir yang diselenggarakan oleh  Ruangguru dalam rangka persiapan  UTBK/SNBT 2023 wajib melebihi nilai penerimaan terendah dari tahun-tahun sebelumnya pada jurusan/program studi dan PTN yang dipilih dan  tertera pada laporan perkembangan tryout UTBK/SNBT Siswa (“Hasil Rasionalisasi Nilai Tryout UTBK/SNBT 2023”).

    Besarnya hak Pengguna atas garansi pengembalian dana tersebut di atas diatur dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

 

  1. Besaran maksimal jaminan garansi dari Paket Brain Academy Online Elite UTBK/SNBT Bergaransi atau Paket Brain Academy Online Elite SMA + UTBK/SNBT Bergaransi ini masing-masing adalah Rp5.000.000 (lima juta rupiah);
  2. Pengguna berhak atas pengembalian dana sesuai besaran jaminan garansi apabila memenuhi persentase rata-rata kehadiran Live Teaching dan Kelas Elite per bulan serta Hasil Rasionalisasi Nilai Tryout UTBK/SNBT 2023  sesuai tabel berikut:

 

% Refund dari jaminan garansi

Rata-rata % Kehadiran Live Teaching & Kelas Elite/ bulan selama berlangganan

Hasil Rasionalisasi Nilai Tryout UTBK/SNBT 2023 

100%

min. 95%

Rata-rata nilai tryout dari masing-masing minimum 3 (tiga) tryout terakhir melebihi nilai penerimaan terendah di tahun-tahun sebelumnya pada jurusan/program studi dan PTN yang dipilih 

75%

min. 85%

Rata-rata nilai tryout dari masing-masing minimum 3 (tiga) tryout terakhir melebihi nilai penerimaan terendah di tahun-tahun sebelumnya pada jurusan/program studi dan PTN yang dipilih

50%

min. 75%

Rata-rata nilai tryout dari masing-masing minimum  3 (tiga) tryout terakhir melebihi nilai penerimaan terendah di tahun-tahun sebelumnya pada jurusan/program studi dan PTN yang dipilih

25%

min. 70%

Rata-rata nilai tryout dari masing-masing minimum 3 (tiga) tryout terakhir melebihi nilai penerimaan terendah di tahun-tahun sebelumnya pada jurusan/program studi dan PTN yang dipilih

75%

min. 95%

Rata-rata nilai tryout dari masing-masing minimum 2 (dua) dari 3 (tiga) tryout terakhir melebihi nilai penerimaan terendah di tahun-tahun sebelumnya pada jurusan/program studi dan PTN yang dipilih

50%

min. 85%

Rata-rata nilai tryout dari masing-masing minimum 2 (dua) dari 3 (tiga) tryout terakhir melebihi nilai penerimaan terendah di tahun-tahun sebelumnya pada jurusan/program studi dan PTN yang dipilih

25%

min. 75%

Rata-rata nilai tryout dari masing-masing minimum 2 (dua) dari 3 (tiga) tryout terakhir melebihi nilai penerimaan terendah di tahun-tahun sebelumnya pada jurusan/program studi dan PTN yang dipilih

 

Pengembalian dana atas Paket Brain Academy Online Elite UTBK/SNBT Bergaransi atau Paket Brain Academy Online Elite SMA + UTBK/SNBT Bergaransi akan diproses dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut :

 

  1. Pengguna menginformasikan maksud untuk mengajukan permohonan pengembalian dana ke Student Advisor melalui Whatsapp;
  2. Student Advisor kemudian akan mengirimkan melalui Whatsapp kepada Pengguna terkait:
    1. Formulir Permohonan;
    2. Daftar persyaratan permohonan meliputi termasuk namun tidak terbatas pada:
    • Bukti bahwa Siswa Pengguna Paket Brain Academy Online Elite UTBK/SNBT Bergaransi atau Paket Brain Academy Online Elite SMA + UTBK/SNBT Bergaransi tidak lulus UTBK/SNBT Tahun 2023 pada semua pilihan Jurusan dan PTN atas nama Siswa Pengguna tersebut, berupa Sertifikat Hasil UTBK/SNBT 2023 yang dikeluarkan oleh BP3 atau instansi yang berwenang;
    • Email/HP Siswa yang digunakan dan terdaftar dalam Paket Brain Academy Online Elite UTBK/SNBT Bergaransi atau Paket Brain Academy Online Elite SMA + UTBK/SNBT Bergaransi;
    • Bukti pembayaran Paket Brain Academy Online Elite UTBK/SNBT Bergaransi atau Paket Brain Academy Online Elite SMA + UTBK/SNBT Bergaransi;
    • Informasi rekening Pengguna terkait pengiriman Pengembalian Dana. Dalam hal ini rekening Pengguna tersebut harus merupakan rekening yang digunakan Pengguna dalam pembayaran Paket Brain Academy Online Elite UTBK/SNBT Bergaransi atau Paket Brain Academy Online Elite SMA + UTBK/SNBT Bergaransi atas nama Siswa yang bersangkutan. 

   c. Link Google Form untuk diisi oleh Pengguna dan untuk mengunggah persyaratan tersebut di atas;

 

  1. Kami, melalui Tim Brain Academy Online, akan melakukan verifikasi pemenuhan syarat dan ketentuan pengembalian dana atas permohonan tersebut paling lambat 14 (empat belas) hari kerja terhitung sejak tanggal penerimaan permohonan tersebut.
  2. Apabila permohonan telah Kami verifikasi sudah memenuhi syarat dan ketentuan terkait, pengembalian dana akan diproses dalam paling lambat 14 (empat belas) hari kerja sejak hasil verifikasi disampaikan kepada Pengguna.
  3. Pengembalian dana kepada Pengguna hanya dapat dikirim oleh Kami melalui rekening atau transfer bank.

    Untuk menghindari keragu-raguan, Kami tidak memiliki kewajiban untuk menjamin dan memberikan pengembalian dana Pengguna apabila Pengguna tidak dapat memenuhi seluruh syarat dan ketentuan tersebut di atas. 

 

6. Ketentuan Garansi Paket Brain Academy Online Elite UTBK/SNBT dan Ujian Mandiri PTN Bergaransi

 

Paket Brain Academy Online Elite UTBK/SNBT dan Ujian Mandiri PTN Bergaransi adalah paket layanan bimbingan belajar yang khusus diadakan untuk mempersiapkan  Siswa dalam menghadapi UTBK/SNBT dan Ujian Mandiri PTN yang diadakan pada tahun 2023. Paket Brain Academy Online Elite UTBK/SNBT dan Ujian Mandiri PTN Bergaransi menyediakan layanan Live Teaching, Kelas Elite, fasilitas tryout dan bimbingan/konsultasi secara langsung dengan Konselor guna membantu menentukan pilihan jurusan dan PTN pada UTBK/SNBT dan Ujian Mandiri PTN yang diadakan pada tahun 2023. 

 

Pengguna memiliki hak atas garansi pengembalian dana Paket Brain Academy Online Elite UTBK/SNBT dan Ujian Mandiri PTN Bergaransi apabila:

 

  • Siswa tidak lolos:
    1. UTBK/SNBT 2023; dan
    2. Keseluruhan Gelombang Ujian Mandiri PTN yang diadakan pada tahun 2023;
      atas seluruh Jurusan/Program Studi dan PTN yang dipilih Siswa pada UTBK/SNBT dan Ujian Mandiri PTN 2023;

 

  • Siswa wajib melakukan konsultasi pilihan jurusan dan PTN dengan Konselor yang disediakan dalam Paket Brain Academy Online Elite UTBK/SNBT dan Ujian Mandiri PTN Bergaransi, di mana:
    1. Siswa wajib mengikuti tes minat bakat maksimal 1 (satu) bulan setelah siswa berlangganan, dan setelahnya wajib melakukan konsultasi terkait hasil tes tersebut dengan tim Konselor Brain Academy Online;
    2. Siswa dianjurkan mengikuti rasionalisasi SNBP yang dapat diakses melalui Aplikasi Ruangguru; 

 

  • Siswa wajib memberikan konfirmasi mengenai rencana semua pilihan jurusan dan PTN pada UTBK/SNBT dan Ujian Mandiri PTN 2023 kepada Student Advisor dengan mempertimbangkan hasil tes minat bakat dan konsultasi dengan Konselor sebagaimana sesuai dengan poin b 1) di atas;

 

  • Siswa telah mengikuti semua Tryout UTBK/SNBT 2023 yang diadakan di Ruangguru setelah berlangganan dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:
    1. Siswa telah mengerjakan Tryout UTBK/SNBT 2023 dengan terlebih dahulu memasukkan pilihan utama jurusan/program studi dan PTN sesuai dengan pilihan jurusan/program studi dan PTN yang sudah dikonfirmasi ke Student Advisor sebelumnya sebagaimana sesuai dengan poin c di atas;
    2. Apabila Siswa ingin mengganti salah satu atau semua pilihan jurusan/program studi dan PTN, maka Siswa wajib:
      1. Melakukan konsultasi dengan Konselor kembali terkait pergantian jurusan/program studi tersebut dengan mempertimbangkan hasil tes minat bakat dan seluruh hasil tryout yang sudah dikerjakan sebelumnya;
      2. Melakukan konfirmasi ke Student Advisor kembali selambat-lambatnya maksimal sebelum 3 (tiga) tryout terakhir  yang diselenggarakan oleh Ruangguru dalam rangka persiapan UTBK/SNBT dan Ujian Mandiri PTN 2023.

 

  • Siswa telah melakukan konfirmasi ke Student Advisor kembali terkait:
    1. seluruh jurusan/program studi dan PTN yang dipilih Siswa pada periode UTBK/SNBT 2023, maksimal pada hari terakhir pendaftaran dan/atau pemilihan jurusan/program studi UTBK/SNBT 2023 sesuai jadwal yang ditentukan oleh BP3 atau instansi yang berwenang; dan
    2. seluruh jurusan/program studi dan PTN yang dipilih Siswa pada periode Ujian Mandiri PTN 2023, maksimal pada hari terakhir periode pendaftaran Ujian Mandiri PTN sesuai jadwal yang ditentukan oleh PTN penyelenggara Ujian Mandiri.

      dengan turut menyertakan masing-masing bukti pemilihan dan/atau pendaftaran terkait;

dan

 

  • Siswa wajib memenuhi ketentuan Hasil Rasionalisasi Nilai Tryout UTBK/SNBT 2023.

    Besarnya hak Pengguna atas garansi pengembalian dana tersebut di atas diatur dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

 

  1. Besaran maksimal jaminan garansi dari Paket Brain Academy Online Elite UTBK/SNBT dan Ujian Mandiri PTN Bergaransi ini adalah Rp6.000.000 (enam juta rupiah);
  2. Pengguna berhak atas pengembalian dana sesuai besaran jaminan garansi apabila memenuhi persentase rata-rata Live Teaching dan Kelas Elite per bulan serta Hasil Rasionalisasi Nilai Tryout UTBK/SNBT 2023 sesuai tabel berikut:

 

% Refund dari jaminan garansi

Rata-rata % Kehadiran Live Teaching & Kelas Elite/ bulan selama berlangganan

Hasil Rasionalisasi Nilai Tryout UTBK/SNBT 2023 

100%

min. 95%

Rata-rata nilai tryout dari masing-masing minimum 3 (tiga) tryout terakhir melebihi nilai penerimaan terendah di tahun-tahun sebelumnya pada jurusan/program studi dan PTN yang dipilih 

75%

min. 85%

Rata-rata nilai tryout dari masing-masing minimum 3 (tiga) tryout terakhir melebihi nilai penerimaan terendah di tahun-tahun sebelumnya pada jurusan/program studi dan PTN yang dipilih 

50%

min. 75%

Rata-rata nilai tryout dari masing-masing minimum 3 (tiga) tryout terakhir melebihi nilai penerimaan terendah di tahun-tahun sebelumnya pada jurusan/program studi dan PTN yang dipilih 

25%

min. 70%

Rata-rata nilai tryout dari masing-masing minimum 3 (tiga) tryout terakhir melebihi nilai penerimaan terendah di tahun-tahun sebelumnya pada jurusan/program studi dan PTN yang dipilih 

75%

min. 95%

Rata-rata nilai tryout dari masing-masing minimum 2 (dua) 3 (tiga) tryout terakhir melebihi nilai penerimaan terendah di tahun-tahun sebelumnya pada jurusan/program studi dan PTN yang dipilih

50%

min. 85%

Rata-rata nilai tryout dari masing-masing minimum 2 dari 3 (tiga) tryout terakhir melebihi nilai penerimaan terendah di tahun-tahun sebelumnya pada jurusan/program studi dan PTN yang dipilih

25%

min. 75%

Rata-rata nilai tryout dari masing-masing minimum 2 dari 3 (tiga) tryout terakhir melebihi nilai penerimaan terendah di tahun-tahun sebelumnya pada jurusan/program studi dan PTN yang dipilih

 

Pengembalian dana Paket Brain Academy Online Elite UTBK/SNBT dan Ujian Mandiri PTN Bergaransi diproses dengan ketentuan sebagai berikut :

 

  1. Pengguna menginformasikan maksud untuk mengajukan permohonan pengembalian dana ke Student Advisor melalui Whatsapp;
  2. Student Advisor kemudian akan mengirimkan melalui Whatsapp kepada Pengguna terkait:
    1. Formulir Permohonan;
    2. Daftar persyaratan permohonan meliputi termasuk namun tidak terbatas pada:
      • Bukti bahwa Siswa Pengguna Paket Brain Academy Online Elite UTBK/SNBT dan Ujian Mandiri PTN Bergaransi tidak lulus UTBK dan Ujian Mandiri PTN Tahun 2023 pada semua pilihan Jurusan dan PTN atas nama Siswa Pengguna tersebut yang sebelumnya sudah dikonfirmasi ke Student Advisor, meliputi:
        1. Sertifikat Hasil UTBK/SNBT 2023 yang dikeluarkan oleh BP3 atau instansi yang berwenang ;
        2. Surat hasil Ujian Mandiri PTN yang dikeluarkan oleh PTN terkait. Apabila atas setiap gelombang pengadaan Ujian Mandiri, PTN yang bersangkutan mengeluarkan Surat Keterangan Hasil yang berbeda-beda, maka Siswa wajib melampirkan semua Surat Keterangan Hasil atas tiap-tiap gelombang;
      • Email/HP Siswa yang digunakan dan terdaftar dalam Paket Brain Academy Online Elite UTBK/SNBT dan Ujian Mandiri PTN Bergaransi;
      • Bukti pembayaran Paket Brain Academy Online Elite UTBK dan Ujian Mandiri PTN Bergaransi;
      • Informasi rekening Pengguna terkait pengiriman Pengembalian Dana. Dalam hal ini rekening Pengguna tersebut harus merupakan rekening yang digunakan Pengguna dalam pembayaran Paket Brain Academy Online Elite UTBK dan Ujian Mandiri PTN Bergaransi atas nama Siswa yang bersangkutan. 
  • Link Google Form untuk diisi oleh Pengguna dan untuk mengunggah persyaratan tersebut di atas;

 

  • Kami, melalui Tim Brain Academy Online, akan melakukan verifikasi pemenuhan syarat dan ketentuan pengembalian dana atas permohonan tersebut paling lambat 14 (empat belas) hari kerja terhitung sejak tanggal penerimaan permohonan tersebut.

 

  • Apabila permohonan telah Kami verifikasi sudah memenuhi syarat dan ketentuan terkait, pengembalian dana akan diproses dalam paling lambat 14 (empat belas) hari kerja sejak hasil verifikasi disampaikan kepada Pengguna.

 

  • Pengembalian dana kepada Pengguna hanya dapat dikirim oleh Kami melalui rekening atau transfer bank.

    Untuk menghindari keragu-raguan, Kami tidak memiliki kewajiban untuk menjamin dan memberikan pengembalian dana Pengguna apabila Pengguna tidak dapat memenuhi seluruh syarat dan ketentuan tersebut di atas. 

 

7. Ketentuan Garansi Paket Brain Academy Online Elite Kedokteran Bergaransi

 

Paket Brain Academy Online Elite Kedokteran Bergaransi adalah paket layanan bimbingan belajar yang khusus diadakan untuk mempersiapkan Siswa dalam menghadapi UTBK/SNBT dan Ujian Mandiri PTN dengan pilihan jurusan kedokteran yang diadakan pada tahun 2023. Paket Brain Academy Online Elite Kedokteran Bergaransi menyediakan layanan Live Teaching, Kelas Elite, fasilitas tryout dan bimbingan/konsultasi secara langsung dengan Konselor guna membantu Siswa dalam menentukan pilihan jurusan kedokteran pada UTBK/SNBT dan Ujian Mandiri PTN. 

Pengguna memiliki hak atas garansi pengembalian dana Paket Brain Academy Online Elite Kedokteran Bergaransi apabila:

 

  • Siswa harus memilih jurusan kedokteran pada salah satu pilihan jurusan di setiap UTBK/SNBT dan Ujian Mandiri PTN  2023 dan tidak lolos:
    1. UTBK/SNBT 2023; dan
    2. Keseluruhan Gelombang Ujian Mandiri PTN yang diadakan pada tahun 2023;
      atas seluruh Jurusan/Program Studi kedokteran yang dipilih Siswa pada UTBK/SNBT dan Ujian Mandiri 2023;

 

  • Siswa wajib melakukan konsultasi pilihan PTN dengan Konselor yang disediakan dalam Paket Brain Academy Online Elite Kedokteran Bergaransi, di mana:
    1. Siswa wajib mengikuti tes minat bakat maksimal 1 (satu) bulan setelah siswa berlangganan, dan setelahnya wajib melakukan konsultasi terkait hasil tes tersebut dengan tim Konselor Brain Academy Online;
    2. Siswa dianjurkan mengikuti rasionalisasi SNBP yang dapat diakses melalui Aplikasi Ruangguru;

 

  • Siswa wajib memberikan  konfirmasi mengenai rencana pilihan PTN untuk jurusan kedokteran pada UTBK/SNBT dan Ujian Mandiri 2023 kepada Student Advisor dengan mempertimbangkan hasil tes minat bakat dan konsultasi dengan Konselor sebagaimana sesuai dengan poin b 1) di atas;

 

  • Siswa telah mengikuti semua Tryout UTBK/SNBT 2023 yang diadakan di Ruangguru setelah berlangganan dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:
    1. Siswa telah mengerjakan Tryout UTBK/SNBT 2023 dengan terlebih dahulu memasukkan pilihan jurusan kedokteran beserta  PTN yang sesuai dengan pilihan PTN yang sudah dikonfirmasi ke Student Advisor sebelumnya sebagaimana sesuai dengan point c di atas.
    2. Apabila Siswa ingin mengganti salah satu atau semua pilihan jurusan/program studi beserta  PTN, maka Siswa wajib:
      1. Melakukan konsultasi dengan Konselor kembali terkait pergantian jurusan/program studi tersebut dengan mempertimbangkan hasil tes minat bakat dan seluruh hasil tryout yang sudah dikerjakan sebelumnya;
      2. Melakukan konfirmasi ke Student Advisor kembali selambat-lambatnya maksimal sebelum 3 (tiga) tryout terakhir yang diselenggarakan oleh Ruangguru dalam rangka persiapan UTBK/SNBT dan Ujian Mandiri PTN 2023.

 

  • Siswa telah melakukan konfirmasi ke Student Advisor kembali terkait:
    1. PTN yang dipilih Siswa pada periode UTBK/SNBT 2023 maksimal pada hari terakhir pendaftaran dan/atau pemilihan jurusan/program studi dan PTN sesuai jadwal yang ditentukan oleh BP3 atau instansi yang berwenang
    2. PTN yang dipilih Siswa pada periode Ujian Mandiri 2023 maksimal pada hari terakhir periode pendaftaran Ujian Mandiri  sesuai jadwal yang ditentukan oleh PTN penyelenggara Ujian Mandiri;
      dengan turut menyertakan masing-masing bukti pemilihan dan/atau pendaftaran terkait.

 

dan

 

  • Siswa wajib memenuhi ketentuan Hasil Rasionalisasi Nilai Tryout UTBK/SNBT 2023.

    Besarnya hak Pengguna atas garansi pengembalian dana tersebut di atas diatur dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

 

  1. Besaran maksimal jaminan garansi dari Paket Brain Academy Online Elite Kedokteran Bergaransi ini adalah Rp 6.000.000 (enam juta rupiah).
  2. Pengguna berhak atas pengembalian dana sesuai besaran jaminan garansi apabila memenuhi persentase rata-rata Live Teaching dan Kelas Elite per bulan dan Hasil Rasionalisasi Nilai Tryout UTBK/SNBT 2023 sesuai tabel berikut:

 

% Refund dari jaminan garansi

Rata-rata % Kehadiran Live Teaching & Kelas Elite/ bulan selama berlangganan

Hasil Rasionalisasi Nilai Tryout UTBK/SNBT 2023

100%

min. 95%

Rata-rata nilai tryout dari masing-masing minimum 3 (tiga) tryout terakhir melebihi nilai penerimaan terendah di tahun-tahun sebelumnya pada jurusan/program studi kedokteran dan PTN yang dipilih 

75%

min. 85%

Rata-rata nilai tryout dari masing-masing minimum 3 (tiga) tryout terakhir melebihi nilai penerimaan terendah di tahun-tahun sebelumnya pada jurusan/program studi kedokteran dan PTN yang dipilih

50%

min. 75%

Rata-rata nilai tryout dari masing-masing minimum 3 (tiga) tryout terakhir melebihi nilai penerimaan terendah di tahun-tahun sebelumnya pada jurusan/program studi kedokteran dan PTN yang dipilih 

25%

min. 70%

Rata-rata nilai tryout dari masing-masing minimum 3 (tiga) tryout terakhir melebihi nilai penerimaan terendah di tahun-tahun sebelumnya pada jurusan/program studi kedokteran dan PTN yang dipilih 

75%

min. 95%

Rata-rata nilai tryout dari masing-masing minimum 2 (dua) dari 3 (tiga) tryout terakhir melebihi nilai penerimaan terendah di tahun-tahun sebelumnya pada jurusan/program studi kedokteran dan PTN yang dipilih

50%

min. 85%

Rata-rata nilai tryout dari masing-masing minimum 2 (dua) dari 3 (tiga) tryout terakhir melebihi nilai penerimaan terendah di tahun-tahun sebelumnya pada jurusan/program studi kedokteran dan PTN yang dipilih

25%

min. 75%

Rata-rata nilai tryout dari masing-masing minimum 2 (dua) dari 3 (tiga) tryout terakhir melebihi nilai penerimaan terendah di tahun-tahun sebelumnya pada jurusan/program studi kedokteran dan PTN yang dipilih

 

Pengembalian dana Paket Brain Academy Online Elite Kedokteran Bergaransi diproses dengan ketentuan sebagai berikut :

 

  1. Pengguna menginformasikan maksud untuk mengajukan permohonan pengembalian dana ke Student Advisor melalui Whatsapp;
  2. Student Advisor kemudian akan mengirimkan melalui Whatsapp kepada Pengguna terkait:
  • Formulir Permohonan;
  • Daftar persyaratan permohonan meliputi termasuk namun tidak terbatas pada:
      • Bukti bahwa Siswa Pengguna Paket Brain Academy Online Elite Kedokteran Bergaransi tidak lulus UTBK/SNBT dan Ujian Mandiri 2023 pada semua pilihan jurusan/program studi kedokteran di PTN atas nama Siswa Pengguna tersebut yang sebelumnya sudah dikonfirmasi ke Student Advisor, meliputi:
        1. Sertifikat Hasil UTBK/SNBT 2023 yang dikeluarkan oleh BP3 atau instansi berwenang;
        2. Surat hasil Ujian Mandiri yang dikeluarkan oleh PTN terkait. Apabila atas setiap gelombang pengadaan Ujian Mandiri, PTN yang bersangkutan mengeluarkan Surat Keterangan Hasil yang berbeda-beda, maka Siswa wajib melampirkan semua Surat Keterangan Hasil atas tiap-tiap gelombang.
      • Email/HP Siswa yang digunakan dan terdaftar dalam Paket Brain Academy Online Elite Kedokteran Bergaransi;
      • Bukti pembayaran Paket Brain Academy Online Elite Kedokteran Bergaransi;
      • Informasi rekening Pengguna terkait pengiriman Pengembalian Dana. Dalam hal ini rekening Pengguna tersebut harus merupakan rekening yang digunakan Pengguna dalam pembayaran Paket Brain Academy Online Elite Kedokteran Bergaransi atas nama Siswa yang bersangkutan. 
  • Link Google Form untuk diisi oleh Pengguna dan untuk mengunggah persyaratan tersebut di atas;

 

c. Kami, melalui Tim Brain Academy Online, akan melakukan verifikasi pemenuhan syarat dan ketentuan pengembalian dana atas permohonan tersebut dalam paling lambat 14 (empat belas) hari kerja terhitung sejak tanggal penerimaan  permohonan tersebut.

 

d. Apabila permohonan telah Kami verifikasi sudah memenuhi syarat dan ketentuan terkait, pengembalian dana akan diproses dalam paling lambat 14 (empat belas) hari kerja sejak hasil verifikasi disampaikan kepada Pengguna.

 

e. Pengembalian dana kepada Pengguna hanya dapat dikirim oleh Kami melalui rekening atau transfer bank.

Untuk menghindari keragu-raguan, Kami tidak memiliki kewajiban untuk menjamin dan memberikan pengembalian dana Pengguna apabila Pengguna tidak dapat memenuhi seluruh syarat dan ketentuan tersebut di atas. 

 

  • Ketentuan Lainnya

 

  1. Ketentuan lain dalam Syarat dan Ketentuan Aplikasi Ruangguru dan Kebijakan Privasi yang tidak diubah oleh Syarat dan Ketentuan Layanan Brain Academy Online ini akan tetap berlaku sepanjang tidak bertentangan dan/atau diatur secara khusus oleh Syarat dan Ketentuan Layanan Brain Academy Online ini.
  2. Dalam hal terdapat pertentangan antara ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan Aplikasi Ruangguru dan Kebijakan Privasi dengan ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan Layanan Brain Academy Online ini, maka yang berlaku adalah Syarat dan Ketentuan Layanan Brain Academy Online ini.
  3. Apabila terdapat kendala/keluhan pada saat mengakses Aplikasi Ruangguru, Anda dapat melaporkannya ke [email protected] atau WhatsApp ke nomor 0815-7820-0000.

 

Saya dan/atau orang tua, wali atau pengampu saya (sebagaimana relevan) telah membaca Syarat dan Ketentuan Layanan Brain Academy Online ini dan mengerti isi dan konsekuensinya dan dengan ini menerima setiap hak, kewajiban, dan peraturan yang diatur di dalamnya.

[IDN] CTA Blog Kelas Gratis Brain Academy Online

Brain Academy