Teka-Teki Kenapa Semut Mengeluarkan Bau Menyengat

Elisabeth Garnistia Mar 13, 2021 • 7 min read


Brainies_Bertanya_-_semut-01

Artikel ini membahas mengenai kehidupan semut dan cara bertahan hidup semut dari serangan musuh.

--

Semut adalah binatang kecil yang sering ditemui di rumah. Perawakan yang sangat kecil tidak akan mengganggu manusia, namun lain lagi masalah jika semut dan koloninya mulai mengerubungi suatu tempat atau makanan. Tentu hal itu sangat mengganggu manusia yang melihatnya, bukan? 

Saat kamu melihat segerombolan semut yang mulai mengerubungi makanan, kamu akan bersiap-siap untuk membasminya. Bisa dengan semprotan air, atau kain lap, tapi kok tiba-tiba jadi bau ya? Baunya kurang enak lagi. 

Kenapa ya semut bisa mengeluarkan bau saat tubuhnya terbelah? 

Kamu penasaran nggak sih, kok bisa ya semut kecil bisa mengeluarkan bau menyengat saat mati? Kalau gitu, yuk, kenalan dengan semut lebih dekat lagi.

Baca Juga: Yuk, Kenali Berbagai Cara Sistem Perkembangbiakan pada Hewan! | Biologi Kelas 9 

Kenalan dengan Semut

tumblr_ntcebxLpdt1rbf5cro2_500

Semut Bersama Koloni (Sumber:nowthisnews.tumblr.com)

Sebelum menjelaskan mengenai semut bisa mengeluarkan bau, kenalan dulu, yuk dengan semut yang sering dijumpai sehari-hari. 

Semut adalah serangga dari anggota suku formicidae, bangsa Hymenoptera yang bersaudara dengan serangga lalat, lebah, dan tawon. Semut biasanya hidup dengan berkoloni, dalam satu koloni terdapat ribuan semut yang menempati beberapa sarang. 

Tapi apa kamu sudah tau, dalam koloni semut terdapat kasta yang membedakan tugas para semut. Pertama, kasta semut ratu, lalu kasta semut pejantan, ketiga kasta semut pekerja.

Tugas dari masing-masing kasta akan berbeda dari kasta yang lain. Paling tinggi terdapat kasta ratu yang bertanggung jawab sebagai pendiri koloni atau betina yang bertelur. Lalu semut laki-laki yang bertugas untuk bereproduksi.

Semut jantan akan mati setelah melakukan reproduksi dengan betina namun meskipun semut jantan mati, sperma mereka akan terus hidup selama bertahun tahun. Lalu kasta yang terakhir adalah kasta pekerja. Tugas dari kasta pekerja adalah merawat ratu, mencari makan, mengawasi konflik di koloni. 

Jadi semut yang sering kita temui di rumah adalah semut pekerja yang melakukan tugasnya untuk mencari makan. Kebanyakan semut pekerja adalah betina. Ketika betina tidak dilahirkan menjadi ratu maka mereka akan otomatis menjadi pekerja.

Meskipun semua semut betina memungkinkan dapat menjadi ratu, namun hal yang membedakan semut ratu dan pekerja ditentukan berdasarkan kadar protein yang lebih tinggi dari semut-semut lain. 

Fakta unik selanjutnya daris semut, ternyata semut juga dapat membawa benda yang beratnya 50 kali lipat dari tubuh semut itu sendiri. Semut biasanya akan bergotong royong bersama teman koloninya untuk membawa barang atau makanan ke sarang mereka. 

Nah, makanya mau seberat apapun benda, semut akan menemukan cara untuk membawanya ke sarang. Sekarang kamu tau dong pentingnya dari kerja sama? 

Baca Juga: Hari Hak Asasi Hewan: Jangan Lakukan 8 Hal Ini di Kebun Binatang

Kenapa Semut Mengeluarkan Bau Menyengat? 

tumblr_nsikigSfsd1rbf5cro2_500

Semut Membawa Makanan Bersama Koloni (Sumber:nowthisnews.tumblr.com)

Beberapa semut terutama semut rumahan memiliki keunikan aroma kimia yang disebut feromon. Feromon adalah senyawa kimia hidrokarbon yang berguna untuk interaksi dalam ekosistem dan memiliki peranan penting dalam sistem komunikasi pada serangga.

Semut menggunakan feromon untuk berkomunikasi antar semut lainnya menggunakan bau yang dikeluarkan. Feromon juga membantu semut untuk menunjukan jalan untuk mencari sumber makan. 

Lalu kenapa sih saat kamu menekan semut, kamu mencium bau aneh dan menyengat dari semut? Jadi ketika semut sedang dalam bahaya, ia akan mensekresi zat feromon, lagi-lagi gunanya untuk memberi tanda bahaya atau terdapat ancaman dari musuh kepada semut lainnya. 

Seolah-olah semut ingin memberitahukan bahwa ia dalam bahaya dan meminta pertolongan kepada temannya untuk melepaskannya dari jeratan musuh melalui bau feromon yang disebar.

Bau dari kebanyakan semut yang sering ditemui berasal dari zat kimia yang termasuk dalam golongan senyawa kimia methyl ketones. Di mana senyawa kimia ini juga dapat diproduksi oleh jamur penicillium yang biasanya terdapat di dalam kelapa yang membusuk.

Dapat dikatakan bahwa bau yang dihasilkan semut seperti bau kelapa yang membusuk.

Sekarang kamu sudah mengetahui kan kenapa semut mengeluarkan bau. Yap, bau pada semut digunakan sebagai bentuk pertahanan diri menghadapi bahaya.  

Siapa sangka, meskipun kecil ternyata semut mempunyai kemampuan yang unik untuk bertahan hidup. Kalau kamu ingin bertanya seputar keunikan binatang, jangan lupa tulis di komen ya! Siapa tau pertanyaan bisa dijawab oleh Brain Academy.

Jangan lupa juga untuk belajar menggunakan Brain Academy Online! Karena BA Online menyediakan akses khusus untuk kamu yang ingin konsultasi seputar pelajaran akademis bersama master teacher unggulan. Yuk gabung, banyak diskon menanti kamu, lho!

BA online

Referensi: 

Can Ants Smell?. Tautan: https://www.orkin.com/ants/can-ants-smell#:~:text=Ants%20communicate%20with%20each%20other,and%20admirable%20ability%20to%20smell. (daring). (Diakses: 3 Februari 2021)

Enam Fakta Menarik dari Semut yang Perlu Anda Ketahui, Apa Sajakah?. 1 Juli 2019. Tautan:https://nationalgeographic.grid.id/read/131771016/enam-fakta-menarik-dari-semut-yang-perlu-anda-ketahui-apa-sajakah?page=all (daring). (Diakses: 3 Februari 2021).

 Gisca, S. 31 Desember 2019. Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengenal Semut dan Rahasianya", Tautan: https://www.kompas.com/skola/read/2019/12/31/200000069/mengenal-semut-dan-rahasianya?page=all (daring). (Diakses: 3 Februari 2021). 

Semut. Tautan: https://id.wikipedia.org/wiki/Semut (daring). (Diakses: 3 Februari 2021). 

Suharyanto. 27 November 2018. Mengenal Feromon pada Semut. Tautan: https://dosenbiologi.com/hewan/mengenal-feromon-pada-semut (daring). (Diakses: 3 Februari 2021). 

Thornton, S. 13 Desember 2015. NC State scientists study the odor of ants. Tautan: https://www.newsobserver.com/news/technology/article48784515.html (daring). (Diakses: 3 Februari 2021). 

Ziks, R. 18 November 2020. Why can some people smell ants? Here’s the answer to TikTok’s latest mystery. Tautan: https://www.popsci.com/story/science/ant-smell-pheromones/ (daring). (Diakses: 3 Januari 2021). 

Sumber Gambar: 

Semut Bersama Koloni. Tautan: https://nowthisnews.tumblr.com/post/127242240193 (daring). (Diakses: 3 Februari 2021)

Semut Membawa Makanan Bersama Koloni. Sumber: https://nowthisnews.tumblr.com/post/127242240193 (daring). (Diakses: 3 Februari 2021). 

Profile

Elisabeth Garnistia

Beri Komentar