Tips Atur Waktu Sibukmu dengan 4 Kuadran Aktivitas

Elisabeth Garnistia Jan 30, 2021 • 8 min read


 

28012021_Tips_Atur_Waktu_Sibukmu_dengan_4_Kuadran_Aktivitas_Content_Blog_820x410_Draft1

Artikel ini membahas tentang cara mengatur waktu menggunakan pembagian empat kuadran aktivitas oleh Stephen Covey

---

Siapa yang suka merasa kewalahan dalam mengatur waktu?

Maunya sih ngerjain banyak hal di satu hari itu, nyatanya malah menghabiskan waktu untuk mengerjakan satu hal saja. Atau yang lebih parah, malah gak mengerjakan apa-apa karena waktu habis untuk bermain sosial media, ups.

Sebagai manusia yang sering dituntut untuk bergerak cepat, ada kalanya kita merasa selalu diburu-buru waktu bahkan kadang kita bisa saja stress dengan tuntutan itu. Pengen rasanya menambah waktu dalam 1 hari menjadi 48 jam atau membelah diri kayaknya juga enak sih.

Kadang diri sendiri juga suka mempertanyakan, “gimana sih caranya agar bisa mengatur waktu dengan baik?” “apa sih kunci keberhasilan orang-orang yang punya jadwal super padat tapi masih bisa me time di malam harinya?” 

Nah, di dalam artikel ini akan membahas bagaimana cara mengatur waktu yang efektif dengan menggunakan konsep 4 Kuadran Aktivitas yang dicetuskan oleh Stephen Covey.

Baca Juga: Atur Jadwalmu Secara Efektif dengan 4 Tips Ini

Stephen CoveyStephen Covey Pencetus 4 Kuadran Aktivitas (Sumber:fearlessmotivation.com)

4 Kuadran Aktivitas 

4 Kuadran Aktivitas merupakan cara yang efektif untuk membagi pekerjaan dari yang terpenting sekaligus mendesak hingga tidak penting dan tidak mendesak. Cara 4 kuadran ini pertama kali dicetuskan oleh Stephen Covey pada tahun 1989 dalam bukunya yang berjudul 7 Habits of Highly Effective People, Restoring The Character Ethic. 

Secara  garis besar buku ini membahas mengenai pandangan Stephen Covey tentang bagaimana manusia menjalankan kehidupan yang efektif yang tertuang dalam 7 konsep Habits. Salah satu konsep habit yang akan dibahas dalam artikel ini adalah Habit 3: Put First Things First.  

Habit 3: Put First Things First yang biasa dikenal dengan principles of personal management membahas mengenai bagaimana kita diajak untuk membuat prioritas skala. Pembaca dapat mengelompokan pekerjaan atau aktivitas yang akan dilakukan dari yang paling penting dan mendesak, penting dan tidak mendesak, tidak penting dan mendesak, sampai tidak penting dan tidak mendesak. 

Baca Juga: 5 Tips Manajemen Waktu

Empat Kuadran Stephen Covey

Konsep 4 Kuadran (Sumber: golife.id)

Covey dengan mudah membagi waktu berdasarkan urgensi setiap aktivitas dengan 4 bagian kuadran yang meliputi,

Kuadran I

Siswa sedang Mengerjakan Tugas

Siswa Mengerjakan Tugas (whatmobile.net)

Pada kuadran satu, diisi aktivitas yang sangat mendesak dan penting atau aktivitas yang harus diselesaikan pada waktu yang sangat dekat. Bila aktivitas pada kuadran I tidak dapat dikerjakan sesegera mungkin, kemungkinan akan mendatangkan masalah pada nantinya.

Contohnya, mengerjakan tugas dengan deadline besok jam 7 pagi. 

Kuadran 2

Siswa sedang Belajar e-learning

Siswa sedang belajar e-learning (Sumber: elearningindustry.com)

Pada kuadran dua, berisi aktivitas-aktivitas yang penting namun tidak mendesak dan masih memiliki waktu yang banyak untuk dikerjakan. Fokus dalam kuadran dua menekankan pada pencapaian tujuan panjang. Contohnya, aktivitas olahraga akan membuat badan sehat, atau mengikuti online course yang akan menambah skill.

Orang dengan manajemen pribadi yang baik akan lebih fokus mengerjakan pekerjaan di kuadran II. Kuadran II berhubungan langsung pada aktivitas yang membuat orang tersebut dapat tertuju pada peluang baru atau hal baru yang membuat mereka menjadi lebih maju dan lebih baik. 

Kuadran 3

Siswa Mengobrol saat Mengerjakan Tugas

Siswa Mengobrol saat Mengerjakan Tugas (Sumber: Freepik.com)

Pada kuadran tiga, berisi aktivitas yang mendesak namun tidak penting. Mendesak maksudnya adalah aktivitas yang dapat mendistraksi perhatian namun sebenarnya aktivitas tersebut tidak terlalu penting untuk diselesaikan dengan cepat. 

Contohnya, membalas pesan santai dari teman, mengobrol dengan orang lain.

Kuadran 4 

Perempuan sedang Bermain Handphone

Perempuan sedang Bermain Handphone (Sumber: Freepik.com)

Pada Kuadran empat berisi aktivitas yang tidak penting dan tidak mendesak. Aktivitas pada kuadran 4 cenderung akan menimbulkan kesenangan sesaat dan akan membuang waktu kamu dengan sia-sia jika dilakukan dalam waktu yang lama. 

Contohnya, scrolling Instagram, streaming film, bergosip.

Pembagian waktu yang disarankan pada setiap kuadran yang ditulis dalam jurnal Time Management: Menggunakan Waktu secara Efektif dan Efisien dari Universitas Binus adalah kita dapat mengalokasikan waktu sebanyak 60% pada aktivitas Kuadran II, selanjutnya sebesar 20% dialokasikan pada aktivitas di Kuadran I, dan sisanya sebesar 15% dapat dialokasikan untuk melakukan aktivitas di Kuadran III dan IV. 

Kamu bisa mulai menerapkan konsep 4 Kuadran ini dengan menulis di selembar kertas sesaat memulai hari di pagi hari. Pastikan tidak melewatkan aktivitas yang akan kamu akan lakukan di hari tersebut ya dan jangan lupa untuk tetap konsisten melakukan pekerjaan sesuai dengan skala prioritas dalam 4 Kuadran. 

Dibutuhkan tekad dan disiplin yang kuat untuk melakukan disiplin waktu namun jangan sampai berhenti menerapkan konsep 4 kuadran ini karena dengan manajemen waktu yang baik akan menghasilkan pekerjaan yang baik juga!

Jangan lupa juga untuk belajar bersama Brain Academy Online agar kamu mempunyai waktu belajar yang semakin ter-organisir. 

 

BA online

 

Referensi:

Gea, A. (2014). Time Management: Menggunakan Waktu secara Efektif dan Efisien. Humaniora. Vol. 5(2). https://media.neliti.com/media/publications/167302-ID-time-management-menggunakan-waktu-secara.pdf (daring). (Diakses: 28 Desember 2020).

Hamdan, Y. (2003). Penerapan Konsep “7 Habits of Highly Effective People” dalam Profesi Dosen. Mediator. Vol. 4(1). https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mediator/article/viewFile/830/464 (daring). (Diakses: 28 Desember 2020).

Kartikasari, N. Kuadran Prioritas,Cara Mengatur Waktu Agar Efektif dan Anti Stres. https://www.golife.id/kuadran-prioritas-cara-mengatur-waktu/ (daring). (Diakses: 28 Desember 2020).

Satria, A. Menjadi Proaktif. 1 April 2020. https://ipb.ac.id/page/rectorinsight10 (daring). Diakses: 28 Desember 2020.

Sumber Gambar:

Stephen Covey pencetus 4 kuadran aktivitas. Tautan: https://www.fearlessmotivation.com/2018/07/31/highly-effective-people-stephen-covey/ (daring). (Diakses: 28 Desember 2020).

Konsep 4 Kuadran. Tautan: https://www.golife.id/kuadran-prioritas-cara-mengatur-waktu/ (daring). (Diakses: 28 Desember 2020).

Siswa mengerjakan Tugas. Tautan: https://www.whatmobile.net/Features/article/top-5-apps-which-help-you-with-your-homework (daring). (Diakses: 28 Desember 2020).

Siswa sedang Belajar Melalui e-learning. Tautan: https://elearningindustry.com/7-online-student-verification-platforms-online-course (daring). (Diakses: 28 Desember 2020).

Siswa Mengobrol saat Mengerjakan Tugas. Tautan: <a href='https://www.freepik.com/photos/people'>People photo created by katemangostar - www.freepik.com</a> (daring). (Diakses: 28 Desember 2020).

Perempuan sedang Bermain HP. Tautan: <a href='https://www.freepik.com/photos/people'>People photo created by yanalya - www.freepik.com</a> (daring). (Diakses: 28 Desember 2020).

 

 

Profile

Elisabeth Garnistia

Beri Komentar