Jurusan Teknik Industri: Perpaduan Antara Teknik Dengan Manajemen

Tiara Syabanira Dewantari Jan 13, 2021 • 9 min read


jurusan teknik industri

Artikel ini berisi tentang perkenalan serta prospek kerja jurusan kuliah Teknik Industri

--

Tidak perlu diragukan lagi, jurusan teknik merupakan salah satu jurusan populer yang tidak pernah sepi akan peminat. Bagaimana tidak? selain karena lulusannya memiliki prospek kerja yang cerah di masa depan, jurusan teknik juga menawarkan konsentrasi dalam bidang yang beragam. Ada Arsitektur, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Nuklir, Teknik Perminyakan, Teknik Lingkungan, Teknik Perkapalan, Teknik Kimia, dan tentu saja yang akan kita bahas dalam tulisan ini – Teknik Industri.

Baca juga: 10 Jurusan Bidang Teknik dengan Prospek Kerja yang Menjanjikan

Teknik Industri dikenal sebagai salah satu jurusan teknik yang cenderung lebih ‘sosial’ dari yang lain. Hmm, kok bisa begitu ya? Memangnya, apa sih yang membuat Teknik Industri begitu spesial? Biar gak penasaran, yuk simak artikel di bawah ini!

Dijuluki Sebagai Jurusan Teknik yang ‘Nggak Teknik Banget’

Teknik Industri atau Industrial Engineering merupakan bidang ilmu yang mendalami tentang proses industri melalui kacamata teknik dan manajemen. Tak heran jika Teknik Industri kerap mendapatkan julukan oleh mahasiswanya sebagai jurusan yang ‘nggak teknik banget’. Padahal, jurusan ini merupakan anak dari jurusan Teknik Mesin.

jurusan teknik industriTeknik Industri dijuluki sebagai jurusan yang ‘nggak teknik banget’ (sumber: youtube.com)

Pasalnya, pelajaran yang ada pada jurusan Teknik Industri menekankan pada sisi manajemen dari suatu industri. Sehingga, kamu tidak hanya dituntut untuk memahami seluk-beluk sebuah mesin manufaktur, tetapi kamu juga harus paham tentang sistem manajemen dari sebuah pabrik. Jika kamu memiliki minat terhadap dunia manajemen sekaligus teknik, sudah pasti jurusan ini cocok untuk kamu!

Banyak Mata Kuliah yang Akan Kamu Pelajari

Nah, setelah penjelasan di atas, kamu pasti sudah mendapat gambaran dong tentang apa saja yang akan dipelajari nantinya? Yup! Selain memperkuat ilmu di bidang Fisika, Kimia, Statistika, Kalkulus dan Matematika, kamu juga akan turut belajar ilmu tentang Psikologi Industri, Analisis Biaya, Gambar Teknik, Ekonomi Teknik, Keselamatan dan Kesehatan Lingkungan Kerja, Organisasi dan Manajemen Perusahaan Industri, dan masih banyak lagi.

mata kuliah di jurusan teknik industriMata kuliah yang akan dipelajari sangat beragam (sumber: dlsud.edu.ph)

Mulai dari mata kuliah yang ‘teknik banget’ sampai yang ‘gak teknik-teknik amat’, semua akan kamu pelajari di jurusan Teknik Industri. Tapi tentunya, semua mata kuliah tersebut saling berhubungan antara satu sama lain. Makanya, seorang lulusan Teknik Industri diharapkan dapat menangani serta memandang segala jenis masalah dalam industri melalui kaca mata yang berbeda. 

Baca juga: Sebelum Memilih Jurusan di SBMPTN, Kenalan Dulu dengan Jurusan Teknik Industri

Prospek Kerjanya Sangat Luas dengan Gaji Yang Menggiurkan

Karena ilmu yang dipelajari juga mencakup bidang yang luas, maka prospek kerja yang ditawarkan juga tak kalah luas, dong! Mulai dari industri kecil hingga industri besar, peluang kerja terbuka lebar untukmu. Berikut beberapa contoh pekerjaan bisa jadi masa depan kamu jika memilih jurusan Teknik Industri. Psst, biar makin semangat, sini dibisikin~ Gaji yang dikantongi bisa mencapai Rp.17 juta per bulannya, lho.

1. Engineering Manager

Divisi ini memiliki tugas serta tanggung jawab dalam memastikan dan mengarahkan proyek-proyek penting perusahaan agar berjalan dengan baik hingga tuntas. Makanya, mereka yang bekerja pada divisi ini dituntut untuk memiliki kemampuan problem solving yang baik. Sayangnya posisi ini bukan untuk para fresh graduate. Sebab, dibutuhkan pengalaman bekerja minimal lima tahun di bidang engineering agar bisa menempati divisi engineering manager.

2. Project Manager

Penting bagi seorang project manager untuk memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Sebab, mereka memiliki tanggung jawab untuk merencanakan serta mengatur agar suatu proyek dapat terselesaikan. Project manager juga lah yang perlu memastikan agar suatu proyek dapat selesai tepat waktu. Biasanya, tim yang diarahkan oleh seorang project manager lebih besar dibanding tim milik engineering manager.

3. Quality Controller

Alumni Teknik Industri yang bekerja sebagai quality controller dikenal sebagai Quality Control Engineer. Mereka bertugas untuk memastikan bahwa suatu produk yang dihasilkan telah memenuhi standar yang ditetapkan perusahaan, atau bahkan lebih baik.

4. Product Analyst

Meskipun didominasi oleh alumni Ekonomi, ternyata lulusan Teknik Industri juga memiliki peluang lho untuk menempati divisi ini. Seorang product analyst bertugas untuk mengembangkan strategi marketing yang tepat untuk suatu produk dan membandingkannya dengan tren industri terkini.

5. Health and Safety Officer

Peran dari seorang Health and Safety Officer adalah untuk mencegah segala jenis kecelakaan kerja dan penyakit yang kemungkinan ditimbulkan ketika berada dalam sebuah ruang lingkup kerja. Dalam prospek Teknik Industri, seorang Health and Safety Officer juga berperan untuk melakukan inspeksi reguler, investigasi kecelakaan kerja, hingga memberikan pelatihan keamanan kerja.

prospek kerja teknik industriLulusan Teknik Industri memiliki peluang kerja yang luas (sumber: internship.com)

Karena kepopuleran serta prospek kerjanya yang luas, sudah pasti kamu membutuhkan usaha yang lebih agar mampu bersaing dengan ribuan peminat lainnya. Nah, agar kamu bisa diterima di salah satu Teknik Industri milik PTN ternama di Indonesia, yuk persiapkan diri bersama bimbel Brain Academy Online!

BA online

Referensi:

Jurusan Teknik Industri. campus.quipper.com. [Daring]. Tautan: https://campus.quipper.com/majors/id-teknik-industri- (Diakses: 6 Januari 2021)

Nimda. Mengenal Jurusan Teknik Industri Lebih Dalam. teknik.unpad.ac.id. 31 Januari 2019. [Daring]. Tautan: https://www.teknik.unpas.ac.id/blogs/mengenal-jurusan-teknik-industri-lebih-dalam/ (Diakses: 6 Januari 2021)

Fildza Hasna. Serba-serbi Teknik Industri: Si Jurusan Teknik yang ‘Nggak Teknik Banget’. Rencanamu.id. 23 Februari 2018. [Daring]. Tautan: https://rencanamu.id/post/dunia-kuliah/jurusan-dan-perkuliahan/serba-serbi-teknik-industri-si-jurusan-teknik-yang-nggak-teknik-banget (Diakses: 6 Januari 2021)

Deni Purbowati. 5 Prospek Kerja Teknik Industri dan Kisaran Gajinya Periode 2020/2021. akupintar.id. Oktober 2020. [Daring]. Tautan: https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/5-prospek-kerja-teknik-industri-dan-kisaran-gajinya-per-bulan (Diakses: 6 Januari 2021)

Apa Itu Teknik Industri? ti.unpar.ac.id. [Daring]. Tautan: http://ti.unpar.ac.id/tentang-kami/apa-itu-teknik-industri/ (Diakses: 6 Januari 2021)

Sumber Gambar: 

Teknik Industri dijuluki sebagai jurusan yang ‘nggak teknik banget’. youtube.com. [Daring]. Tautan: https://www.youtube.com/watch?v=kNXMJBQ6oL4&ab_channel=CareerOneStop (Diakses: 6 Januari 2021)

Mata kuliah yang akan dipelajari sangat beragam. dlsud.edu.ph. [Daring]. Tautan: https://www.dlsud.edu.ph/programs/ceat/mengie.htm (Diakses: 6 Januari 2021)

Lulusan Teknik Industri memiliki peluang kerja yang luas. internship.com. [Daring]. Tautan: https://www.internships.com/careers/industrial-engineer (Diakses: 6 Januari 2021)

Profile

Tiara Syabanira Dewantari

Beri Komentar