5 Tips Jitu Cara Mempersiapkan UTBK 2021

Elisabeth Garnistia Jan 21, 2021 • 12 min read


20012021_Simak_Cara_Jitu_Mempersiapkan_UTBK_2021_HEADER_BLOG_Draft1

Artikel ini akan membahas strategi belajar yang efektif untuk mempersiapkan UTBK

 

--

Halo, apa kabar semua? Tidak terasa ya waktu bergulir sangat cepat. Perasaan kemarin baru nunggu liburan panjang eh tau-tau udah masuk sekolah lagi.

Di tahun ajaran baru, pasti kamu sudah memiliki beberapa target akademik untuk dicapai tahun 2021 ini kan? Khusus siswa kelas 12, pasti kamu sudah mulai merancang target jurusan kuliah apa yang akan kamu daftarkan nanti.

Namun, setelah kamu menentukan target jurusan kuliah jangan lupa juga untuk mempersiapkan cara belajar yang efektif agar kamu dapat mempersiapkan UTBK 2021 dengan baik.

Kira-kira apa aja ya, cara jitu untuk mempersiapkan UTBK 2021 nanti? 

Yuk dibaca!

1. Persiapkan Mental Kamu


Persiapkan Mental agar Tidak Mudah Menyerah

Persiapkan Mental agar Tidak Mudah Menyerah (Sumber: theaxholmeacademy.com/)

Pernah gak sih kamu benar-benar berpikir untuk mempersiapkan mental sebelum menghadapi ujian? atau kamu malah lebih sering bertanya pada dirimu  “apakah aku benar-benar siap menghadapi ujian ini?“ atau malah kamu berpikir “yang penting mengikuti ujian masalah nilai jelek ya itu urusan nanti”.

Kalau kamu merasa belum siap, yuk mulai perkuat mental kamu dengan mengumpulkan alasan sebanyak mungkin kenapa kamu memulai ini semua. 

Persiapan menuju UTBK sangatlah panjang, kamu harus mengikuti beragam proses pembelajaran, try-out, kegagalan, sampai keberhasilan yang akan kamu raih kelak. 

Pastikan mental kamu sudah siap jika kamu menemukan kegagalan dalam setiap prosesnya ditambah persiapan UTBK akan  menyita banyak waktu bermainmu demi meraih jurusan impian

Persiapkan mental kamu untuk selalu berusaha meskipun kamu menemukan banyak kegagalan dan selalu percaya pasti akan selalu ada cara lain menuju kesuksesan!

2. Latihan Soal UTBK Tahun Sebelumnya


Latihan Soal dapat Mengukur Kemampuan kamu menghadapi UTBK (

Latihan Soal dapat Mengukur Kemampuan kamu menghadapi UTBK (cnnindonesia.com)

Cara kedua mempersiapkan UTBK adalah latihan soal UTBK atau SBMPTN tahun sebelumnya. Dengan latihan soal dari tahun sebelumnya, akan membantu kamu untuk mengenali seberapa besar kesiapan kamu menuju UTBK sesungguhnya. 

Melalui latihan soal UTBK, kamu dapat mengevaluasi kemampuan kamu secara efektif. Kamu juga dapat mengukur kemampuan kamu terhadap materi apa saja yang belum kamu kuasai atau yang sudah kamu kuasai dengan baik

Kamu bisa memulai mengerjakan soal-soal try-out UTBK  atau SBMPTN  yang sudah tersebar di internet. Jangan lupa, Brain Academy Online juga menyediakan berbagai jenis soal UTBK dan SBMPTN dari tahun-tahun sebelumnya ditambah kamu akan dibantu oleh tutor yang akan mengajarimu dengan efektif agar kamu dapat mengerti materi sampai kedasarnya. 

Tips tambahan, kamu bisa berdiskusi bersama dengan teman belajar saat membahas soal UTBK agar kamu semakin terpacu untuk terus belajar!

Baca Juga: Latihan Soal SBMPTN Fisika: Hukum Newton dan Gaya Gesek

3. Membuat Target Belajar


Target Belajar Membantumu dalam Menyusun Jadwal Belajar yang Efektif

Target Belajar Membantumu dalam Menyusun Jadwal Belajar yang Efektif (Sumber: hipwee.com)

Setelah kamu selesai melakukan evaluasi materi, cara jitu selanjutnya adalah dengan membuat target belajar pada setiap minggu. Target belajar ini juga berguna untuk menjadi penghitung mundur sampai hari ujian tiba. 

Pada pembuatan target belajar, kamu bisa mengisi dengan pemetaan materi-materi apa saja yang harus kamu pelajari dahulu sampai materi yang tidak teralu membutuhkan usaha berlebih untuk mempersiapkannya.

.Perlu diingat, dalam membuat target belajar utamakan pada materi yang belum kamu mengerti sama sekali dan materi yang membutuhkan waktu banyak untuk mempersiapkan sehingga kamu masih mempunyai waktu yang cukup untuk mengejar ketertinggalan. 

Misalnya, pada minggu pertama bulan Februari kamu ingin mempelajari materi matematika integral.

Nah di minggu pertama itu, kamu harus belajar materi integral pada jadwal yang telah ditentukan agar pada saat minggu kedua bulan Januari kamu sudah menguasai paling tidak 50% materi dari sebelumnya. 

Kamu bisa memberi selingan belajar dengan materi lain jika kamu cepat bosan dengan satu materi saja. Kamu bisa mengkombinasikan belajar kamu dengan latihan soal yang lebih ringan seperti latihan soal TPA atau mata pelajaran lainnya. 

Jika kamu belum mengerti keseluruhan materi sampai dengan waktu yang sudah ditentukan, kamu bisa langsung mengevaluasi cara belajar kamu. Apakah cara belajar kamu sudah sesuai atau ada hal yang perlu diubah untuk mempercepat penguasaan materi agar kamu bisa tetap berjalan sesuai target yang telah ditentukan. 

Pastikan susun target seefektif mungkin dan jangan sampai menambah banyak materi di satu minggu itu jika kamu tidak mau cepat kelelahan di minggu-minggu berikutnya. 

Tips tambahan: Kamu bisa menjadi sefleksibel mungkin dalam mengatur waktu belajar. Jangan paksakan diri kamu jika merasa terlalu lelah untuk belajar atau bisa juga kamu menetapkan hari dimana kamu melanjutkan belajar dari batas biasanya jika kamu merasa masih semangat untuk belajar. Peka lah terhadap kondisi tubuhmu!

4. Belajar pahami konsep 


fungsi komposisi dalam matematika

Rumus Fungsi Komposisi Matematika (Sumber: istanamengajar.files.wordpress.co)

Siapa di sini yang masih masih belajar dengan cara menghafal? 

Yup, pasti banyak dari kamu yang masih belajar dengan cara menghafal saja. Belajar dengan menghafal sih tidak ada salahnya, namun kamu harus ingat bahwa soal UTBK jauh berbeda dengan soal-soal ujian sekolah lainnya.

Soal UTBK menuntut kamu untuk memahami sebuah konsep dasar dari materi soal. Kamu harus dapat berpikir menggunakan nalar untuk bisa menyelesaikan soal-soal UTBK nanti. 

Terus, bagaimana caranya agar kamu paham materi? Yang harus kamu lakukan adalah berhenti berpikir bahwa semua materi ada untuk dihafal. Coba ubah pemahaman kamu dengan mulai belajar memahami teori dasar dari sebuah materi. 

Misalnya saat belajar matematika, jangan sampai kamu langsung mengerjakan soal matematika campuran jika kamu belum paham dengan konsep dasar materinya. Kamu harus mem-breakdown konsep perhitungan dasar dari matematika seperti aljabar, algoritma, peluang,eksponen,dll. 

Pastikan kamu sudah benar-benar mengerti konsep perhitungan dasar matematika tersebut. Jika konsep dasar matematika sudah di luar kepala, maka kamu akan jauh lebih mudah untuk memecahkan soal yang lebih beragam dan lebih sulit.

Tambahan informasi, jika kamu ingin menguji seberapa jauh pemahaman mengenai materi tertentu, kamu bisa mengerjakan soal yang belum pernah dikerjakan sebelumnya atau kamu juga bisa  mengajari temanmu, lho

5. Try-out


Try-Out Dapat Membantu Evaluasi Belajar

Try-Out Dapat Membantu Evaluasi Belajar (Sumber: lp3i.ac.id)

Try-out merupakan salah satu bentuk evaluasi diri terhadap hasil belajar atau pendalaman materi yang telah kamu lakukan. Jangan sampai kamu hanya terfokus pada pendalaman materi sampai lupa untuk melatih kemampuanmu, ya

Sudah sejauh mana perkembangan kamu dari hasil try-out kemarin? Jangan lupa untuk selalu bandingkan pencapaian hasil try-out kamu yang kemarin dengan hasil try-out kamu yang sekarang. 

Jika kamu merasa tidak terlalu mengalami kesusahan dalam mengerjakan soal seperti try-out sebelumnya, selamat! Kamu telah mengalami kenaikan dalam perkembangan belajar kamu. 

Jangan lupa juga untuk evaluasi materi yang masih kamu anggap susah untuk dipelajari kembali pada saat pendalaman materi. 

Jika kamu kesulitan menemukan tempat bimbel yang menyediakan try-out rutin, tenang saja! Brain Academy Online menyediakan try-out online rutin sebanyak 15x dalam setahun yang akan diadakan di kelas intensif SBMPTN.

Selain itu, kamu juga akan mendapat pembahasan lengkap terkait soal try-out yang telah dikerjakan bersama Master Teacher yag sudah ahli dibidangnya. Menarik  kan?

Baca Juga: Pengumuman UTBK-SBMPTN 2021: Jadwal, Syarat dan Alur Pendaftarannya

Yuk mulai terapkan lima cara jitu untuk mempersiapkan UTBK 2021. Percaya deh setelah kamu menerapkan lima cara di atas kamu akan jauh lebih PD untuk menghadapi ujian yang sesungguhnya nanti. 

Tetap semangat untuk persiapkan diri menuju UTBK dan jangan lupa untuk bergabung ke kelas intensif SBMPTN Brain Academy Online  yang akan membantumu secara intensif sampai kamu meraih PTN impian!

Yuk belajar! 

BA online

Referensi: 

5 Tips Sukses Lolos SBMPTN Tanpa Bimbel. (23 Juni 2020). Tautan: https://pintek.id/blog/lolos-sbmptn/ (daring). (Diakses: 4 Januari 2021). 

4 Tips Membuat Jadwal Belajar SBMPTN yang Efektif. (11 April 2019). Tautan: https://www.teknik.unpas.ac.id/blogs/4-tips-membuat-jadwal-belajar-sbmptn-yang-efektif/ (daring). (Diakses: 4 Januari 2021). 

Sumber Gambar: 

Persiapkan Mental agar Tidak Mudah Menyerah. Tautan: https://www.theaxholmeacademy.com/page/?title=Growth+Mindset&pid=176 (daring). (Diakses: 4 Januari 2021). 

Latihan Soal dapat Mengukur Kemampuan kamu menghadapi UTBK. Tautan: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180410180605-260-289785/cara-belajar-terbaik-secara-ilmiah-untuk-hadapi-ujian (daring). (Diakses: 4 Januari 2021). 

Target Belajar Membantumu dalam Menyusun Jadwal Belajar yang Efektif. Tautan: https://www.hipwee.com/list/ingin-lolos-sbmptn-tapi-waktu-belajar-tinggal-sedikit-ikuti-perintah-ini/ (daring). (Diakses: 4 Januari 2021). 

Rumus Fungsi Matematika matematika. Tautan: istanamengajar.files.wordpress.com (daring). (Diakses: 4 Januari 2021). 

Try-Out Dapat Membantu Evaluasi Belajar. Tautan: https://www.lp3i.ac.id/pentingkah-try-out-ini-dia-5-alasan-kenapa-kamu-harus-coba-try-out/ (daring). (Diakses: 4 Januari 2021). 

Profile

Elisabeth Garnistia

Beri Komentar