Punya Cita-Cita Untuk Jadi Penyiar Radio? Kamu Wajib Asah 4 Skill Ini!

Tiara Syabanira Dewantari Jan 27, 2021 • 6 min read


penyiar radio

Artikel ini membahas tentang skill-skill yang wajib dimiliki oleh seorang penyiar radio

--

Dapat bekerja di bidang broadcasting bisa dikatakan membanggakan dan cukup bergengsi. Meskipun nampaknya kini industri media digital perlahan menyingkirkan industri media konvensional, namun ternyata hal ini tidak berdampak terhadap minat anak muda untuk berkarier di dunia broadcasting.

Tidak hanya bekerja untuk televisi, ternyata prospek kerja di dunia broadcasting sangat luas, lho, teman-teman. Kamu bisa bekerja sebagai video editor, penulis naskah, sutradara musik, pembaca berita, dan yang akan kita bahas dalam artikel ini  – penyiar radio.

skill yang harus dimiliki penyiar radioSkill yang wajib dimiliki penyiar radio (sumber: swaragamatc.com)

Baca juga: Mau Masuk Jurusan Ilmu Komunikasi? Perhatikan 5 Hal Penting Ini

Nah, untuk teman-teman yang memiliki passion di bidang broadcasting – khususnya penyiar radio – ada beberapa skill yang penting untuk kamu asah, nih! Penasaran tidak? Yuk simak artikel ini dengan baik!

1. Mempunyai haya dan karakter vokal yang unik

Keunggulan utama dari radio adalah kemampuannya dalam menyampaikan suatu informasi dan pesan secara rinci hanya dengan mengandalkan audio. Maka dari itu, penting bagi seorang penyiar radio profesional untuk memperhatikan intonasi, artikulasi, serta speed yang mereka gunakan saat berbicara.

Ketika suatu pesan disampaikan dengan pelafalan kalimat yang jelas, intonasi yang pas, serta speed yang tepat, audiens akan lebih mudah dalam memahami dan menyerap informasi yang penyiar coba untuk sampaikan.

punya suara yang khas dengan artikulasi yang pasPenyiar radio harus bisa mengendalikan vokal (sumber: thebalancecareers.com)

Seorang penyiar radio juga biasanya memiliki karakter suara serta gaya penyampaian yang unik dan khas. Suara yang menarik bisa membuat audiens jadi lebih tertarik untuk mendengar apa yang kita ucapkan. Tapi, tidak berarti mereka yang tidak memiliki suara bagus tidak bisa menjadi penyiar lho ya! Yang penting, kamu harus bisa melatih diri agar punya suara yang bulat dan memiliki artikulasi yang jelas.

2. Up-to date dan memiliki wawasan yang luas

Selalu menghadirkan informasi, berita, beserta fakta yang up-to-date kepada audiens adalah salah satu kunci agar program siaran kamu tetap fresh di telinga audiens. Makanya, jika kamu ingin menjadi seorang penyiar radio, kamu wajib untuk selalu mengikuti perkembangan informasi serta tren yang ada di sekitar. Mulai dari berita politik, bencana, selebriti, film, musik – hingga mengetahui slang, bahasa gaul, dan tren fashion yang sedang booming.

wawasan luasHarus selalu up-to-date (sumber: eonline.com)

Selain menjaga siaran tetap fresh, memiliki wawasan yang luas juga mempermudah kamu ketika melakukan wawancara dengan narasumber dan membuat percakapan selama siaran terus mengalir.

3. Mampu berbahasa Inggris

Tidak ada salahnya untuk mengasah kemampuan berbahasa Inggris kamu. Malah, ini sangat dianjurkan. Kenapa?

bisa bahasa inggrisKemampuan bahasa Inggris sangat dibutuhkan oleh seorang penyiar radio (sumber: rawpixel.com)

Karena, saat menjadi penyiar nanti, kamu akan mewawancarai banyak orang – seperti musisi, aktor, aktris, seniman, dan orang terkenal lainnya. Tidak menutup kemungkinan lho kalau suatu hari kamu memiliki kesempatan untuk mewawancarai artis berskala internasional. Wah, kesempatan seperti ini bisa saja hanya datang sekali dalam seumur hidup! Nah, maka dari itu, agar dapat menggali informasi lebih dalam saat wawancara, tentunya memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang oke dapat mempermudah pekerjaan kamu nantinya.

4. Harus pede!

Last but not least, kamu tentunya wajib memiliki rasa percaya diri yang tinggi! Sebab – seperti yang telah kamu baca di atas – seorang penyiar radio yang baik harus bisa mengatur intonasi saat berbicara, memiliki wawasan luas, serta mampu berkomunikasi dengan baik. Nah, demi menghindari ‘gagap’ dan kehilangan fokus ketika menyampaikan informasi, penting bagi kamu untuk bisa mengatur rasa gugup – khususnya saat sedang on air. Hal ini tentunya juga dapat membuat kamu lebih merasa enjoy selama ‘air time’.

punya rasa percaya tinggi yang tinggiPenyiar radio harus memiliki rasa percaya diri yang tinggi (sumber: tenor.com)

Tidak ada yang mudah ya teman-teman! Bahkan untuk bisa menjadi seorang penyiar radio yang handal ‘pun, kamu harus banyak berlatih – khususnya mengasah vokal serta meningkatkan rasa percaya diri. Nah, agar berbagai kemampuan yang kamu miliki dapat terasah dengan baik, yuk daftarkan diri kamu di Brain Academy Online! Selain meningkatkan kualitas belajar, kamu juga berkesempatan untuk mengasah berbagai macam soft skill yang berguna untuk masa depan kamu, lho!

BA online

Referensi:

Arkan Perdana. Karier Broadcasting: 7 Pilihan yang Bisa Kamu Ambil. glints.com.  8 Juni 2020. [Daring]. Tautan: https://glints.com/id/lowongan/karier-broadcasting/#.X__FWJMzaCQ (Diakses: 13 Januari 2021)

Radio Announcer's Skill – Kualifikasi Penyiar Radio. romelta.com. 21 Maret 2013. [Daring]. Tautan: https://romeltea.com/radio-announcers-skill-kualifikasi-penyiar-radio/ (Diakses: 13 Januari 2021)

Tips Menjadi Penyiar Radio Profesional dan Medkomers. s2medkom.fisip.unair.ac.id. [Daring]. Tautan: http://s2medkom.fisip.unair.ac.id/tips-menjadi-penyiar-radio-profesional-dari-medkomers/ (Diakses: 13 Januari 2021)

Wahyu Trihartono. Kalau Pengen Jadi Penyiar Radio, Kamu Juga Perlu Punya 7 Kemampuan Ini. brilio.net. 24 Oktober 2018. [Daring]. Tautan: https://www.brilio.net/creator/ini-7-kemampuan-dasar-yang-wajib-dimiliki-oleh-penyiar-radio-564845.html (Diakses: 13 Januari 2021)

Sumber Gambar:

Skill yang wajib dimiliki penyiar radio. swaragamatc.com. [Daring]. Tautan: https://swaragamatc.com/2018/12/19/tips-dan-trik-jitu-menjadi-seorang-penyiar-radio-yang-kece-abis/ (Diakses: 13 Januari 2021)

Penyiar radio harus bisa mengendalikan vokal. thebalancecareers.com. [Daring]. Tautan: https://www.thebalancecareers.com/how-to-develop-your-voice-for-tv-or-radio-2315406 (Diakses: 13 Januari 2021)

Harus selalu up-to-date. eonline.com. [Daring]. Tautan:https://www.eonline.com/au/news/1086252/why-selena-gomez-needed-to-wait-for-this-exact-moment-to-release-new-music (Diakses: 13 Januari 2021)

Kemampuan bahasa Inggris sangat dibutuhkan oleh seorang penyiar radio. rawpixel.com. [Daring]. Tautan: https://www.rawpixel.com/image/1225473/business-podcast-recording (Diakses: 13 Januari 2021)

Penyiar radio harus memiliki rasa percaya diri yang tinggi. tenor.com. [Daring]. Tautan: https://media1.tenor.com/images/a4ec9fa0807be82b142cdb2b2c2a7dde/tenor.gif?itemid=17544155 (Diakses: 13 Januari 2021)

Beri Komentar