Simak Informasi Lengkap Jadwal SNMPTN & UTBK SBMPTN 2021

jadwal snmptn dan utbk-sbmptn brain academyArtikel ini membahas tentang informasi jadwal SNMPTN dan UTBK-SBMPTN 2021

Fix! UN 2021 ditiadakan!

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia (Kemdikbud) telah memutuskan bahwa di tahun 2021, Ujian Nasional (UN) kembali ditiadakan akibat penyebaran virus COVID-19 yang semakin meningkat di Indonesia. Dalam Surat Edaran Mendikbud Nomor 1 Tahun 2021 yang diresmikan oleh Nadiem Anwar Makarim selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, disebutkan bahwa peniadaan UN ini dilakukan demi mengutamakan keselamatan serta kesehatan para peserta didik, pendidik, dan seluruh tenaga kependidikan. Dengan demikian, kini UN dan ujian kesetaraan tidak menjadi syarat kelulusan atau seleksi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Screen Shot 2021-02-08 at 19.10.10UN 2021 resmi ditiadakan (sumber: kompas.com)

Kamu tahu apa artinya ini? Yup! Dengan ditiadakannya UN, itu artinya kamu jadi punya banyak waktu untuk belajar demi persiapan mengikuti ujian masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Tapi sebelumnya, kamu sudah paham belum nih tentang ujian-ujian seleksi masuk PTN di Indonesia? Ada SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN. Kalau kamu masih belum familiar, yuk kita bahas terlebih dahulu sekilas tentang mereka!

Baca juga: Tips Meningkatkan Peluang Lolos SNMPTN ala Kak RipaAJP

SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri)

Merupakan seleksi masuk PTN yang menggunakan akreditasi sekolah serta nilai rapor, prestasi, dan portofolio akademik siswa sebagai penilaian serta bahan pertimbangan. Sedangkan UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) adalah tes masuk ke perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Sejak tahun 2019, UTBK hadir sebagai salah satu syarat utama bagi siswa agar bisa mengikuti SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Karena UTBK dan SBMPTN merupakan seleksi yang saling berkaitan, maka penting bagi kamu untuk terus mengikuti informasi up-to-date tentang UTBK agar tidak ketinggalan juga informasi terkait SBMPTN.

Supaya kamu nggak ketinggalan tentang informasi-informasi terkait ujian seleksi PTN, Tim Brain Academy sudah menyiapkan timeline terkait jadwal SNMPTN dan UTBK-SBMPTN 2021! Jangan lupa catat, save, dan jadikan lockscreen handphone, ya! Lebih bagus lagi kalau kamu juga membagikannya kepada teman-teman seperjuangan!

08022021_JADWAL_UTBK-9_Februari_BLOG_1920x1080_Draft1Infografis jadwal SNMPTN dan UTBK-SBMPTN 2021 (brainacademy.id)

Hmmm… selain mencatat jadwal-jadwal di atas, ada cara lain nih agar kamu terus mengikuti perkembangan informasi seputar ujian masuk PTN. Yup! Tentu saja dengan bergabung dengan Brain Academy Online! Apalagi, Brain Academy Online memiliki Klinik UTBK yang bisa membantu kamu dalam mempersiapkan diri untuk ikut UTBK! Dilengkapi dengan fasilitas serta fitur yang oke banget, Brain Academy Online akan terus memberikan kamu informasi up-to-date seputar persiapan UTBK, materi yang akan keluar, sistem penilaian, tryout menjelang UTBK, hingga strategi dan tips yang bisa membantu kamu selama masa persiapan UTBK!

Waahhh.. keren banget, bukan? Tunggu apa lagi? UTBK tinggal beberapa minggu lagi, lho! Ayo segera daftarkan diri kamu di Brain Academy Online! Nah untuk kamu yang mau berlangganan, mending sekarang, karena ada diskon sampai 80%. Contohnya paket Super Intensif UTBK dari yang harga awalnya 12,960,000, sekarang jadi 2,592,000.

BA online - Brain Academy

Referensi:

Tiyas Septiana. UN 2021 Ditiadakan, Ini yang Jadi Syarat Kelulusan Siswa. kontan.com. 8 Februari 2021. [Daring]. Tautan: https://lifestyle.kontan.co.id/news/un-2021-ditiadakan-ini-yang-jadi-syarat-kelulusan-siswa (Diakses: 8 Februari 2021)

Kemdikbud Tiadakan Ujian Nasional 2021. 4 Februari 2021. [Daring]. Tautan: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/02/kemendikbud-tiadakan-ujian-nasional-2021 (Diakses: 8 Februari 2021)

Sumber gambar:

UN 2021 Resmi Ditiadakan. kompas.com. [Daring]. Tautan:https://nasional.kompas.com/read/2021/02/04/14340001/mendikbud-nadiem-terbitkan-se-peniadaan-un-dan-ujian-kesetaraan-2021 (Diakses: 8 Februari 2021)

Tiara Syabanira Dewantari