Seleksi Mandiri UNAIR: Jadwal, Syarat, Daya Tampung, serta Materi Ujian

Salsabila Nanda Mei 20, 2021 • 7 min read


BA_-_(Pojok_Kampus)_SM_UNAIR_2021_1-04

Artikel ini memberikan informasi seputar pendaftaran mahasiswa baru di Universitas Airlangga tahun 2021.

---

Dilansir dari laman QS World University Ranking, Universitas Airlangga (UNAIR) berhasil menduduki peringkat 4 dari 10 kampus terbaik di Indonesia. Peringkat ini diperoleh berdasarkan penilaian kualitas akademik, alumni, serta kelas internasional di kampus tersebut. Keren banget! Siapa yang mau masuk UNAIR?

Baca Juga: Daftar Mandiri UNJ Lewat Jalur Prestasi Yuk!

“Aku aku aku!”

Buat kamu yang belum lolos di SNMPTN atau masih dagdigdug nungguin pengumuman SBMPTN, nggak ada salahnya untuk mempersiapkan diri di seleksi mandiri UNAIR. Nah, apa saja sih yang harus dipersiapkan sebelum mendaftar ujian mandiri UNAIR? Here we go!

Jadwal Pendaftaran Seleksi Mandiri UNAIR 

Tanggal

Kegiatan

10 Mei - 20 Juni 2021

Pendaftaran Online 

10 Mei - 22 Juni 2021

Pembayaran ujian

Mulai 26 Juni 2021

Ujian 

3 Juli 2021

Pengumuman hasil seleksi

 

Daya Tampung dan Keketatan Seleksi Mandiri UNAIR

“Kalau daftar Farmasi, saingannya berapa orang ya?”

“Susah nggak sih masuk Psikologi UNAIR?”

Sebelum mendaftar, kamu wajib tahu daya tampung dan keketatan dari setiap program studi yang dituju. Hal ini bertujuan agar kamu mengetahui gambaran jumlah pesaing yang memiliki pilihan sama denganmu.

Baca Juga: Mengenal Passing Grade, Kuota, dan Keketatan Jurusan

Daya Tampung dan Keketatan Prodi Saintek Universitas Airlangga

Daya Tampung dan Keketatan Prodi Soshum Universitas Airlangga

Syarat dan Materi Ujian Mandiri UNAIR

Setelah mengetahui daya tampung dan keketatan dari setiap prodi, kini saatnya mempersiapkan berkas serta mendalami materi yang akan diujikan di seleksi mandiri UNAIR. Bagi kamu yang memilih tes campuran, soal yang diberikan otomatis lebih banyak dan beragam. Nih aku kasih tau bocorannya!

Persyaratan Umum

Persyaratan Khusus

  1. Ijazah bagi lulusan tahun 2019 dan 2020.

  2. Surat Keterangan Kelas XII dari Sekolah bagi lulusan tahun 2021 sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah.

  3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.

  1. Tidak buta warna total (untuk prodi Kedokteran Gigi, Kedokteran Hewan, Biologi, Fisika, Teknik Biomedis, Teknik Lingkungan, Teknik Industri, Teknik Robotika,  Teknologi Industri Perikanan, Sistem Informasi, Kesehatan Masyarakat, Gizi, Akuakultur, dan Rekayasa Nanoteknologi).

  2. Tidak buta warna total dan parsial (untuk prodi Kedokteran, Kimia, Farmasi, dan Teknik Elektro).

  3. Hanya menerima lulusan SMA/MA IPA (untuk prodi Kedokteran  & Kedokteran Gigi).

  4. Khusus perempuan (untuk prodi Kebidanan)

 

Materi Ujian Mandiri Universitas Airlangga

Alur Pendaftaran Seleksi Mandiri UNAIR

Sebelum mendaftar, kamu harus punya akun dulu guys. Caranya gampang kok, buka laman https://pendaftaran.unair.ac.id/auth/registrasi kemudian isi data diri berupa nama, nomor hp, email, dan password. Kalau udah, kamu akan menerima email verifikasi seperti yang tertera di bawah ini:

Email Verifikasi Akun Pendaftaran UNAIR Mandiri

Setelah verifikasi akun berhasil, baru deh, kamu bisa mengisi formulir pendaftaran. Ikuti langkah-langkah di bawah ini ya:

1. Buka web pendaftaran Universitas Airlangga: http://pendaftaran.unair.ac.id

2. Login menggunakan akun registrasi dengan email & password yang sudah didaftarkan sebelumnya.

3. Pilih jenjang seleksi penerimaan, kemudian klik daftar.

menu seleksi penerimaan unair

 

menu seleksi penerimaan unair

4. Pilih jurusan yang kamu tuju (Saintek, Soshum, Campuran). Beda jurusan, beda pula jenis formulirnya. Jangan sampai salah pilih ya.

 

menu pilihan formulir pendaftaran unair

5. Isi formulir berupa data diri, orang tua, asal sekolah, serta pilihan program studi yang diinginkan. Ingat, pilihan prodi nggak bisa diubah setelah kamu meng-klik menu Simpan. 

menu formulir data diri dan jurusan seleksi penerimaan unair 4

 

6. Setelah mengisi formulir pendaftaran, maka langkah selanjutnya adalah upload berkas persyaratan. Klik menu Pendaftaran -> Upload Berkas. Jika semua berkas telah diunggah, klik tombol ‘Submit’ untuk verifikasi. 

7. Hasil verifikasi berkas akan diinformasikan melalui email dan sms ke nomor yang tertera pada saat pengisian form.

8. Melakukan pembayaran ke bank Mandiri melalui teller, ATM atau mobile banking. Jumlah dan kode pembayaran dapat dilihat di menu Verifikasi -> Kode Voucher.

9. Usai melakukan pembayaran, kamu akan menerima pin yang bisa digunakan untuk mencetak kartu ujian di menu Verifikasi -> Cetak Kartu

Seleksi mandiri UNAIR terbuka untuk lulusan 2019, 2020, serta 2021 yang memiliki ijazah dari Satuan Pendidikan. Karena ujiannya masih sebulan lagi, kamu punya banyak waktu buat mempersiapkan diri. Ada STAR Master Teacher yang siap nemenin kamu belajar sampai ngerti! Coba kelas gratisnya yuk, hanya di Brain Academy online.

BA online

Referensi:

Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru UNAIR [Daring]. Tautan: 

http://www.ppmb.unair.ac.id/id/page1/keketatan-sarjana?tabmenu=front-tab-menu-pendaftaran-sarjana&menu=&label= (diakses 18-19 Mei 2021)

Profile

Salsabila Nanda

Anak broadcasting yang cita-citanya mau jadi PR, tapi malah jadi content writer. Siang kerja, malam nonton teen drama. Terima kasih sudah baca tulisanku!

Beri Komentar