Belajar Struktur Teks Prosedur Lewat Buku Resep Masakan

Fauzia Astuti Nov 24, 2021 • 6 min read


Braines Bertanya - Teks Prosedur- Pengertian, Struktur, dan Contohnya-01

Teks prosedur tersusun atas metode-metode atau langkah-langkah berurutan, untuk mencapai sebuah tujuan tertentu

--

Selama pandemi, banyak aktivitas yang kamu dilakukan di rumah, kan? Pasti banyak juga nih teman-teman yang lagi eksplorasi masakan atau minuman sendiri. Biasanya, kalau hasilnya enak, pengen banget kan nge-share ke temen-temen yang lain? Tapi, gimana ya caranya supaya bisa bikin buku resep yang enak dibaca dan terstruktur?

download-Nov-22-2021-04-02-28-96-AM(sumber: pxhere.com)

Nah, teks sejenis itu dinamakan teks prosedur. Menurut KBBI online, prosedur adalah tahap kegiatan untuk menyelesaikan suatu aktivitas, dan metode langkah demi langkah secara pasti dalam memecahkan suatu masalah. Jadi, bisa kita simpulkan kalau teks prosedur adalah teks yang berisi cara dan tujuan untuk membuat atau melakukan sesuatu. Teks ini disusun menjadi langkah demi langkah secara berurutan, serta memiliki struktur kalimat yang imperatif atau berupa perintah.

Tujuan penulisan teks ini untuk memberi informasi atau melakukan metode dan langkah secara berurutan dan detail. Selain itu, teks ini juga berfungsi untuk memberi petunjuk cara melakukan sebuah pekerjaan.

 

Ciri-Ciri Teks Prosedur

  • Tersusun dari kalimat perintah atau komando, baik meminta atau melarang. Contoh: “tuangkan”, “jangan”, “masukkan”, dan sebagainya.
  • Lebih banyak menggunakan kata kerja aktif
  • Terdapat urutan kegiatan untuk melakukan sesuatu
  • Menggunakan konjungsi atau kata penghubung untuk menghubungkan setiap tahapan. Contoh: “selanjutnya”, “setelah itu”, “lalu”, “kemudian”, dan lain sebagainya.
  • Menggunakan kata keterangan yang menyatakan rincian waktu, tempat, ukuran, dan sebagainya

 

Struktur Teks Prosedur

  • Tujuan

Berisi tujuan kalian menulis teks prosedur ini. Baik itu untuk memberitahu cara melakukan sesuatu, atau mungkin membuat imbauan. Nah, di bagian ini, harus dijelaskan secara singkat.

  • Material atau bahan

Mungkin bagian ini dikhususkan bagi kamu yang mau tulis teks prosedur yang membutuhkan bahan-bahan atau material, contohnya untuk resep masakan, membuat prakarya, dan sebagainya.

  • Langkah-langkah

Material udah ditulis, sekarang tinggal kamu tuliskan langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan pembaca. Jangan gunakan kalimat bertele-tele dan harus mudah dipahami, ya.

  • Penutup

Penutup ini berisi simpulan ataupun harapan dan manfaat yang akan didapat pembaca.

 

Baca juga: Yuk, Pahami Pengertian Teks Deskripsi Beserta Ciri dan Strukturnya!

 

Tujuannya udah, ciri-cirinya udah, strukturnya juga udah dikasih tahu. Gimana kalau sekarang kita coba buat teks prosedur? Let’s go!

 

Contoh Teks Prosedur

Resep Tahu Fantasi 

(sumber: ainurskitchen.com)

Tujuan:

Kamu bosen makan masakan tahu yang begitu-begitu aja? Kalau nggak digoreng, paling cuma dimasak dengan kecap. Nah, berikut ada variasi masakan tahu mudah yang bisa kamu coba sendiri di rumah.

Bahan:

Tahu cina 500 gr, lumatkan

Daun bawang 1 batang 

Wortel 130 gr, cincang halus

Telur 3 butir

Bawang putih 4 siung, cincang

Kaldu bubuk secukupnya

Garam dan gula secukupnya

Sosis 3 batang, potong sepanjang 2 cm

 

Langkah-langkah:

  1. Campur tahu cina, daun bawang, wortel, bawang putih menjadi satu
  2. Tambahkan 2 butir telur
  3. Bumbui adonan dengan kaldu, garam, dan gula sesuai selera
  4. Panaskan kukusan, lalu cetak adonan ke dalam bentuk bulat, dan beri hiasan sosis di atasnya
  5. Kukus selama 15 menit, dan setelah matang, dinginkan di suhu ruang
  6. Kocok lepas sebutir telur
  7. Panaskan minyak, lalu celupkan tahu fantasi ke kocokan telur, dan goreng sampai berwarna keemasan
  8. Tahu fantasi siap dihidangkan

 

Penutup:

Yummy! Masakan mudah, tapi lezat ini siap dihidangkan di meja makan. Cocok banget deh buat temenin kamu belajar atau streaming drama, hehe. Selamat mencoba!

---------

 

Buat Dalgona Coffee Murah dan Cepat

Resep Cara Membuat Dalgona Coffee selama Work From Home

(sumber: sweetrip.id)

Tujuan

Belakangan ini, Dalgona Coffee kayaknya lagi populer, ya. Minuman yang populer sejak aktor Korea Jung Il-woo memamerkan resep uniknya di TV, seluruh dunia pun berlomba-lomba mengikutinya. Eits, ternyata gampang banget kok cara buatnya. Yuk, intip!

 

Bahan

Kopi hitam instan 2 sendok makan

Gula pasir 2 sendok makan

Susu cair 150 ml

Es batu secukupnya

 

Cara membuat

  1. Masukan kopi, gula, dan 2 sendok air panas ke wadah
  2. Aduk dengan menggunakan blender tangan, atau kocokan telur sampai teksturnya seperti whipped cream
  3. Tuang susu ke gelas, lalu tambahkan es batu
  4. Tuang campuran kopi tersebut ke atas susu, dan Dalgona Coffee siap dinikmati

 

Penutup

Asyiiik seger banget pasti nih! Jangan lupa diaduk dulu ya sebelum meminum Dalgona Coffee buatan kamu. Selamat mencoba!

---------

Gimana? Mudah, kan, membuat teks prosedur. Kalau kamu masih merasa kurang dan punya seribu satu pertanyaan tentang teks prosedur, bisa cobain live teaching Brain Academy Online. Belajarnya asyik, master teacher-nya juga keren parah. Yuk, klik link di bawah ini!

BA offline


Referensi:

Sari, Novita Ade., dan Nuraidah (2020). Cara Mudah Memahami Teks Prosedur. diakses dari https://www.google.co.id/books/edition/CARA_MUDAH_MEMAHAMI_TEKS_PROSEDUR/6vdKEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

 

Profile

Fauzia Astuti

Beri Komentar